7 Contoh Mas Kawin atau Mahar yang Cocok untuk Pernikahan Kamu

Contoh mas kawin
Yuk share tulisan ini :

Usia 20 – 30 tahun adalah usia yang menurut kebanyakan orang paling cocok untuk menikah. Sebelum menikah, kamu perlu memikirkan mas kawin  atau mahar apa yang paling tepat untuk pernikahanmu. Namun banyak juga yang merasa bingung menentukan mas kawin. Jika kamu bingung, kamu bisa melihat contoh mas kawin yang ada di artikel ini.



Apa saja Mas Kawin Untuk Pernikahan ?

Pernikahan merupakan suatu pencapaian khusus di dalam hidup manusia yang dapat disandingkan dengan kelahiran dan kematian. Momen khusus ini tentunya harus direncanakan secara matang untuk dapat menjadi berkesan di dalam hidup kamu.

Berikut beberapa contoh mas kawin  atau mahar sederhana dan unik yang dapat kamu gunakan untuk pernikahan nanti.

Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat

Contoh mas kawin yang pertama yaitu seperangkat alat sholat. Mayoritas masyarakat di Indonesia adalah muslim. Maka mas kawin seperangkat alat sholat adalah hal yang sangat lumrah.

Meskipun tidak dijadikan mas kawin, biasanya seperangkat alat sholat lebih sering dijadikan hantaran atau seserahan. Maka dari itu seperangkat alat sholat pasti ada pada setiap pernikahan muslim di Indonesia.

Mahar seperangkat alat sholat biasanya terdiri dari :

  • Alqur’an 
  • Mukena 
  • Sajadah
  • dan Tasbih 

Selengkapnya pelajari melalui artike berikut : Ini Dia Isi Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat dan Filosofinya

Mas Kawin Berupa Uang

Uang adalah salah satu mas kawin yang paling sering ditemukan jika kamu mengunjungi salah satu acara pernikahan. Selain simpel, mas kawin yang satu ini juga relatif murah dan mudah untuk dibuat.

Nilai mata uang juga tidak selalu menjadi patokan karena kebanyakan orang biasanya menilai dari keindahannya saja, jadi mas kawin yang satu ini tidak harus selalu menggunakan pecahan Rp100.000,00 atau Rp50.000,00 ataupun mata uang asing lain.

1. Membuat Dekorasi dari Uang

contoh mas kawin
Sumber : hipwee.com

Untuk mendapatkan kesan estetis, kamu perlu memikirkan desain seperti hewan, bangunan maupun hal lain yang berkesan. Jika kamu tidak ada waktu untuk memikirkannya, kamu dapat menyewa jasa pembuatan mas kawin yang satu ini untuk harga yang relatif murah.

Uang koin yang seringkali kamu masukkan ke celengan ayam juga dapat menjadi salah satu bahan untuk membuat mas kawin ini. Beberapa orang juga menggunakan uang kertas dan uang koin dalam satu mas kawin yang sama.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu kamu tidak boleh merobek ataupun merusak bentuk fisik uang, kertas ataupun koin. Jika kamu melakukan hal itu, kami akan didenda dan mungkin masuk penjara karena aturan hukum melarang hal tersebut.

2. Jumlah Uang Sesuai dengan Tanggal Pernikahan

contoh mas kawin
Sumber : shopee.co.id

Nilai mata uang dalam mas kawin ini juga dapat menjadi pedoman kamu. Kamu dapat mencocokkan nilai uang dengan tanggal pernikahanmu, tanggal jadian ataupun tanggal lain yang penting di hidup sepasang mempelai.


Baca juga :



Mas Kawin Tabungan Masa Depan

Pernah berpikir tentang cita-cita selagi kamu kecil? Hal ini juga sama dengan pernikahan karena kamu dituntut untuk merancang masa depan keluargamu sendiri. Oleh karena itu, mas kawin yang satu ini sangatlah cocok untuk semua orang.

Menikah tanpa sebuah rencana yang matang dapat menjadi suatu drawback bagimu dan pasanganmu. Rencana finansial keluarga adalah salah satu yang terpenting yang dapat menjamin kebahagiaan keluargamu kelak.

Di jaman modern ini, sangat banyak instrumen investasi atau tabungan masa depan yang dapat kamu miliki. Kebanyakan orang tidak sadar bahwa tabungan yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai mas kawin untuk pernikahanmu.

1. Emas sebagai Mas Kawin

Sumber : koinworks.com

Kebanyakan orang pasti membeli cincin emas sebagai mas kawin yang diserahkan kepada pasangannya. Selain cincin, emas batangan atau emas murni juga dapat menjadi mas kawin yang cocok untuk kehidupan keluarga kamu di masa depan.

Nilainya yang selalu naik dari tahun ke tahun menjadikan emas cocok untuk tabungan masa depan keluarga. Kamu dapat menyimpan dan menjualnya ketika ada keadaan mendadak yang perlu diselesaikan secara cepat.

2. Saham dan Reksa Dana

Sumber : bisnis.com

Salah satu instrumen investasi yang ramai diperbincangkan oleh golongan muda di jaman ini. Barang yang satu ini juga cocok digunakan sebagai mas kawin pengganti emas jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru.

Sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki banyak sekali perusahaan yang menjual sahamnya kepada publik. Sebelum menentukan untuk menggunakan saham sebagai mas kawin, kamu harus pintar-pintar memilih saham yang cocok untukmu.

3. Properti dan Tanah

Sumber : reqnews.com

Jika kamu memiliki uang berlebih, maka ide yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai mas kawinmu. Properti dan tanah merupakan investasi yang hampir tidak pernah merosot nilai jualnya.

Sejak dulu banyak orang yang melakukan investasi di bidang properti maupun tanah. Hasilnya hampir tidak pernah mengecewakan karena nilai jual bangunan maupun tanah selalu naik dari tahun ke tahun, berbeda dengan barang elektronik maupun kendaraan bermotor.

Jika kamu memiliki atau berencana membeli properti terbaru, kamu dapat menyewakan tempat itu dan memperoleh pendapatan tetap dari hasil investasimu. Kamu juga dapat menjual aset milikmu ini saat kamu butuh biaya untuk kebutuhan mendadak. Tabungan ini sangatlah multifungsi untuk kehidupan keluargamu.

Mas Kawin Liburan yang Berkesan

Ide mas kawin yang satu ini sangatlah jarang digunakan oleh orang-orang. Liburan dapat menjadi salah satu alternatif mas kawin bagimu, terutama jika kamu ingin merefresh tubuhmu dengan sesuatu yang segar.

Setelah merencanakan pernikahan yang begitu merepotkan, pasti kamu dan pasanganmu membutuhkan tempat untuk melepas penat.

1. Honeymoon

Sumber : shutterstock.com

Masyarakat milenial jaman sekarang pasti menyisipkan rencana ini sesaat setelah menikah, tetapi apakah terpikir di benakmu untuk menjadikan hal ini sebagai mas kawin?

Selain dapat menjadi hal yang tepat untuk mempererat ikatanmu dengan pasanganmu, honeymoon juga dapat menyegarkan pikiran dan badanmu.

Tidak perlu jauh-jauh jika dompetmu tipis. Pergi ke suatu tempat terdekat yang berada di kota dan menghabiskan waktu berdua sudah sangat cukup untuk liburanmu karena definisi liburan itu sendiri adalah bebas dari pekerjaan.



2. Perjalanan Ibadah

Sumber : liputan6.com

Liburan tidak selalu harus pergi ke pantai ataupun gunung. Perjalanan ibadah sebagai mas kawin selalu dapat menjadi alternatif lain jika kamu ingin lebih mendekatkan diri kepada Yang Mahakuasa.

Kamu harus mempersiapkan matang-matang untuk rencana yang satu ini karena biasanya hal ini akan memakan waktu lama. Apabila kamu memiliki dana berlebih, ajaklah sekalian keluargamu atau keluarga istrimu. Kesempatan ini mungkin dapat lebih membahagiakan mereka.

Yang perlu kamu ketahui, perjalanan ibadah tidak serta merta harus ke luar negeri seperti Mekkah, Yerusalem atau Katedral Vatikan. Memang terkadang tempat-tempat tersebutlah yang sering muncul di pikiran ketika kita memikirkan tentang perjalanan ibadah.

Beberapa contoh mas kawin diatas adalah salah satu ide yang dapat kamu gunakan dalam pernikahanmu. Masih sangat banyak ide yang dapat kamu gunakan untuk mas kawin. Yang paling penting, sesuaikanlah mas kawin yang kamu gunakan dengan budget mu.

Pikirkan baik-baik rencana mas kawin yang akan anda berikan untuk calon istri kamu. Perhitungkan serta rencanakan secara matang sesuai dengan kemampuanmu karena rencana yang tepat dapat membawa keluarga kamu kearah yang lebih baik. Kamu bisa memilih salah satu contoh mas kawin di atas untuk diberikan kepada sang calon istri.

Sumber gambar utama : nusantaratv.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time