Inilah Persiapan Pernikahan Yang Perlu Anda Ketahui

persiapan pernikahan
Yuk share tulisan ini :

Sedang merencanakan menikah? Sudah tahu apa saja persiapan pernikahan yang diperlukan? Sebuah pernikahan adalah momen paling bersejarah bagi pasangan dalam hidup mereka. Karena itulah segalanya perlu disiapkan sebaik mungkin.

Pernikahan menjadi impian setiap pasangan, namun untuk menikah bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk menyiapkan acara pernikahan agar sesuai dengan yang didamba-dambakan. Itulah sebabnya ada begitu banyak hal yang persiapannya harus dilakukan secara matang agar acara pernikahan berjalan lancar dan berkesan.

11 Persiapan Pernikahan Yang Harus Disiapkan

persiapan pernikahan
Sumber : https://www.omahkebonbekasi.com/

Untuk mempersiapkan sebuah pernikahan ideal butuh waktu yang tidak singkat bahkan berbulan-bulan. Hal ini karena semuanya tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa. Ada banyak persiapan yang harus diatur dan dipertimbangkan oleh pasangan. Apa saja itu? Berikut berbagai persiapan pernikahan yang harus dilakukan:

1. Persiapan Umum

Persiapan ini meliputi penentuan budget dan pertemuan antar keluarga. Hal ini penting untuk dapat merencakan semua hal terkait pernikahan dan keputusan menikah. Apalagi seperti yang kita tahu, biaya menggelar acara pernikahan tidak murah dan banyak yang mesti diperhitungkan. Yang mana ini perlu disepakati kedua keluarga dan nantinya akan sangat berpengaruh pada tahap berikutnya, mulai dari administrasi hingga pascaresepsi.

2. Konsep Pernikahan

Ada banyak konsep pernikahan yang bisa jadi pilihan, seperti konsep tradisional, internasional modern, indoor, outdoor atau konsep lainnya. Penentuan konsep ini akan mempengaruhi keseluruhan persiapan pernikahan. Untuk itu, cocokkan budget yang disiapkan dengan ide konsep yang diinginkan.

3. Tempat Pernikahan

Pernikahan bisa digelar di banyak tempat, jadi tentukan bersama dimana tempat pernikahan yang diinginkan. Apakah akan digelar di dalam gedung, taman, ruang terbuka, pantai atau di rumah saja. Apabila ingin menyewa tempat, jangan lupa untuk melakukan booking jauh-jauh hari untuk bisa mencocokkan antara waktu penyelenggaraan pernikahan dengan ketersediaan tempat.

4. Catering

Untuk menyediakan jamuan makanan bagi tamu undangan, menggunakan jasa cathering akan lebih memudahkan dibanding memasak sendiri. Pilihlah catering yang makanannya terbukti enak dengan harga lumayan miring demi menghemat budget. Sesuaikan juga pilihan menu dengan konsep pernikahan yang diusung dan pastikan kualitas bahan makanan terjamin.

5. Undangan Pernikahan

Walaupun tampak sederhana, namun undangan termasuk yang terpenting dalam persiapan pernikahan. Untuk undangan, pasangan perlu menentukan desain dan jenis undangan itu sendiri. Pencetakan kartu undangan dapat mulai dipersiapkan sekitar 1-2 bulan sebelum hari H pernikahan. Sedangkan untuk penyebarannya bisa dilakukan 1-2 minggu sebelum acara akad atau resepsi.

6. Baju Pengantin

Siapapun pasti ingin tampil menawan di hari pernikahannya, untuk itu siapkan baju pengantin sebaik mungkin. Dalam hal ini ada dua pilihan yang bisa dipilih, yaitu menyewa atau membuatnya sendiri. Namun terlepas dari itu, pilihlah baju pengantin yang sesuai dengan konsep pernikahan. Sebagai contoh, untuk konsep tradisional maka persiapkan baju adat lengkap dengan aksesorisnya. Jangan lupa untuk sekaligus dengan MUA atau penata rias pengantinnya.

7. Souvenir

Bagi sebagian orang, souvenir merupakan barang  wajib ada di acara pernikahan sebagai buah tangan tamu undangan. Tujuannya ialah supaya pesta pernikahan yang digelar menjadi berkesan bagi tamu undangan yang hadir.

Lantas souvenir apa yang bagus untuk dipilih? Sebaiknya persiapkan souvenir yang unik namun juga memiliki nilai guna seperti buku, tasbih digital, gelas, sapu tangan, kipas kain, atau lainnya yang tidak perlu mesti mahal.

8. Mas Kawin

Selanjutnya yang tak kalah penting disiapkan dalam persiapan pernikahan ialah mas kawin atau mahar. Ada beberapa pilihan yang umum disiapkan, tergantung keinginan dari kedua belah pihak dan kesanggupan pihak pria. Biasanya yang dijadikan sebagai mas kawin adalah cincin, sejumlah uang tunai, logam mulia, hafalan Al-Qur’an atau seperangkat alat sholat.

9. Persiapan Administrasi

Pengurusan perihal administrasi tampaknya memang hal yang mudah. Namun nyatanya, ada begitu banyak berkas dan dokumen yang harus disiapkan. Mulai dari surat pengantar, surat keterangan belum menikah, KTP, KK, akta kelahiran, foto dan beberapa persyaratan wajib lainnya. Pastikan dokumen-dokumen ini disiapkan dengan lengkap sebelum diajukan ke KUA.

10. Dokumentasi

Untuk perihal dokumentasi tidak perlu bingung-bingung untuk menyiapkannya. Jika budget terbatas untuk menggunakan jasa fotografer profesional maka tidak ada salahnya gunakan saja jasa teman atau kenalan yang berkecimpung dalam bidang fotografi. Hubungi mereka dan bicarakan tentang hal ini untuk menerima hasil dokumentasi yang tidak kalah dari yang profesional.

11. Panitia Pernikahan

Hal yang perlu disiapkan dalam persiapan pernikahan selanjutnya adalah panitia pernikahan. Ini akan diperlukan jika acara pernikahan tidak menggunakan jasa wedding organizer dalam penyelenggaraannya. Panitia pernikahan akan sangat penting untuk membantu mengatur jalannya acara mulai dari awal hingga akhir, baik di depan maupun dibelakang terselenggaranya acara.

 

Rangkuman Daftar Persiapan Pernikahan di Atas

Supaya memudahkan berikut penulis sajikan daftar persiapan yang sudah diuraikan di atas dalam bentuk tabel.

No Persiapan Rincian
1 Persiapan Umum
  • Melakukan lamaran atau tunangan
  • Menghitung anggaran
  •  Menentukan tanggal pernikahan
2 Konsep pernikahan Pilihan untuk konsep pernikahan yaitu :

  • Konsep tradisional
  • Internasional modern
  • Indoor atau outdoor
3 Tempat pernikahan
  • Menyewa gedung pernikahan
  • Di rumah
  • Indoor atau outdoor
4 Catering
  • Mencari catering yang tepat
  • Menyiapkan budget
  • atau masak sendiri
5 Undangan pernikahan
  • Menentukan jumlah tamu yang akan di undang
  • Membuat undangan digital
  • Menentukan jenis undangan fisik
6 Baju pengantin
  • Menjahit sendiri
  • atau Menyewa
7 Souvenir
  • Mencari souvenir unik dan sesuai harganya dengan budget yang sudah ditentukan
8 Mas Kawin
  • Menentukan apa mas kawin atau mahar yang ingin diberikan kepada calon istrimu
  • atau buat kesepakatan agar tidak memberatkan dan tidak merendahkan
9 Persiapan Administrasi
  • Foto buku nikah
  • Surat pengantar nikah
  • Surat keterangan (N1, N4, dll)
  • KTP, KK, akta
10 Dokumentasi
  • Tentukan fotografer dan videographer yang sesuai dengan keinginan dan juga pas dengan budget yang sudah dibuat
11 Panitia pernikahan
  • Jika menggunakan WO mereka sudah ada panitia pernikahannya
  • atau kamu bisa meminta teman atau saudara untuk jadi panitia

 

Tips Mempersiapkan Pernikahan Agar Sukses dan Berkesan

Sumber : glints.com

Masing-masing pasangan memiliki gaya pernikahan impian mereka sendiri. Untuk itu, demi bisa mewujudkannya maka harus dipersiapkan dengan perencanaan yang matang. Nah, berikut ini adalah tips agar persiapan pernikahan berjalan baik:

1. Buat Daftar Tamu Yang Akan Diundang

Pertama, buatlah daftar nama-nama siapa saja tamu yang akan diundang untuk menghadiri acara pernikahan. Anda tidak perlu mengundang semua orang yang dikenal, cukup rekan, kerabat dan teman yang memang dekat dengan Anda dan pasangan.

Perlu diingat, jumlah undangan akan sangat berpengaruh pada besar biaya yang harus dikeluarkan. Untuk itu, utamakan mengundang keluarga dan teman yang betul-betul mengenal dekat untuk menghadirinya.

2. Tentukan Tanggal dan Tempat Yang Sesuai

Menentukan tanggal dan tempat yang sesuai keinginan menjadi sangat penting dalam persiapan pernikahan. Dengan telah ditentukannya tanggal maka urusan perihal booking tempat, pesanan catering, penyewaan baju pengantin, dekorasi dan apapun terkait pernikahan akan dapat segera dilakukan. Waktu persiapan untuk menggelar pernikahan juga bisa lebih diprediksi. Sehingga semua yang perlu dipersiapkan bisa direncanakan dengan baik sampai hari H.

Begitupun bila tempat atau venue pernikahan sudah ditentukan. Masalah dekor dan hal yang berkaitan dengan lokasi pernikahan bisa cepat terselesaikan.

3. Diskusikan Budget dan Pengaturannya

Setelah menentukan tanggal dan tempat serta jelas berapa tamu undangan yang akan datang maka selanjutnya diskusikan masalah budget dan pengaturannya. Tetapkan dengan jelas berapa persen dari masing-masing pihak berkontribusi dalam budget acara pernikahan nantinya.

Untuk pengaturannya, utamakan pembagian untuk hal-hal penting seperti biaya nikah, dekorasi acara dan catering. Bicarakan hal ini secara terbuka dan terang-terangan antara kedua belah pihak agar tidak menimbulkan pertengkaran.

4. Selesaikan Semua Urusan Berkaitan Berkas

Jangan anggap remeh hal yang satu ini, karena terkadang yang paling lama dan sulit dalam persiapan pernikahan adalah mengurus dan menyelesaikan masalah berkas. Nah, jika ingin menghemat waktu maka sebaiknya selesaikan urusan ini di hari-hari pertama menyiapkan pernikahan.

Pastikan untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta untuk selanjutnya serahkan ke KUA untuk kemudian bisa diproses oleh pihak berwenang. Penting untuk diingat juga bahwa untuk mengurus hal ini biasanya tidak bisa diwakilkan sehingga akan lebih baik persiapkan di jauh-jauh hari. Pendaftaran pernikahan ke KUA sendiri seharusnya dilakukan minimal 2 minggu sebelum hari H.

5. Hubungi Vendor Pernikahan

Mulailah hubungi vendor-vendor pernikahan yang sekiranya bagus atau banyak direkomendasikan oleh keluarga dan teman, akan lebih baik lagi bila yang sudah pernah digunakan jasanya. Karena dengan demikian, bukan hanya harga terbaik yang bisa didapatkan tapi juga kualitas yang juga sudah jelas.

Atau dengan cara lain yaitu mendatangi beberapa pameran pernikahan untuk melihat berbagai kebutuhan pernikahan di satu tempat. Seperti gaun dan kebaya penganting, undangan, souvenir, dekorasi, make-up artis dan sebagainya. Anda juga menentukan langsung vendor mana yang paling sesuai keinginan.

6. Berdiskusi dengan WO

Untuk memudahkan merencanakan pernikahan, memakai jasa WO atau wedding organizer memang ada baiknya dilakukan. Apalagi untuk calon pengantin yang memang tidak memiliki banyak waktu untuk printilan-printilan persiapan untuk pernikahan.

Karenanya, menyewa jasa WO berpengalaman pasti akan membantu menyiapkan segalanya dengan lebih mudah. Namun pertanyakan juga apakah pihaknya mampu menyanggupi permintaan Anda atau tidak.

7. Fokus Pada Esensi, Bukan Kesempurnaan Acara

Pada dasarnya, tidak ada acara pernikahan yang sempurna. Pasti ada saja hal-hal yang berpotensi menyebabkan acara tidak berjalan dengan lancar. Untuk itulah, jangan terlalu menuntut diri untuk membuat segala sesuatunya memberi yang terbaik demi mewujudkan pesta pernikahan yang sempurna.

Aturlah pemikiran untuk lebih berfokus pada esensi sebuah momen, bukan pada kesempurnaan pergelaran acaranya yang harus dicapai.

8. Siapkan Mental

Mental sejatinya adalah persiapan paling utama yang harus disiapkan dengan baik sebelum mengadakan pernikahan. Yakin dan mantapkan hati untuk mulai mempersiapkan apa saja yang harus disiapkan untuk pernikahan.

Hal ini karena pada saat mempersiapkan pernikahan, pasangan akan cenderung lemah karena tekanan yang ada baik dari orang-orang di sekelilingnya maupun kejaran waktu. Oleh sebab itu, sering terjadi pertengkaran di masa-masa ini.

Nah, agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka setiap pasangan harus sudah siap, bukan hanya dalam hal keuangan tetapi juga mental. Jangan sampai hanya karena ingin menikah dalam waktu yang dekat, segala persiapan justru malah tidak berjalan dengan lancar.

9. Jangan Terlalu Banyak Pertimbangan

Mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum memutuskan memang perlu, apalagi jika itu berkaitan dengan anggaran yang tersedia. Namun, terlalu banyak mempertimbangkan juga dapat berdampak buruk karena akan memperlambat proses persiapan pernikahan. Jadi pertimbangkan saja apa yang memang perlu dan fokuslah pada hal-hal yang penting saja.

10. Hindari Melakukan Kesalahan

Berbicara mengenai menyiapkan dan merencanakan, semua orang pasti bisa saja melakukan kesalahan. Akan tetapi sebisa mungkin hindari melakukan kesalahan pada saat mempersiapkan pernikahan agar apa yang direncakan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan yang diinginkan.

Kesalahan-kesalahan yang umum terjadi saat mempersiapkan pernikahan ialah seperti salah memperhitungkan budget, melewati persyaratan, ingin melakukan semua sendiri, mengutamakan segala sesuatu yang murah, mengundang terlalu banyak orang atau mengirim undangan terlalu cepat.

Penutup

Nah, demikianlah beberapa hal yang penting diperhatikan dalam persiapan pernikahan. Mengingat ini adalah hari yang sakral dan diinginkan hanya sekali seumur hidup maka usahakanlah yang terbaik untuk mempersiapkannya.

Sumber gambar utama : https://wo.roo.my.id/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply