6 Tips Untuk Calon Pengantin Agar Pernikahan Bahagia

Yuk share tulisan ini :

Perhatikan 6 tips untuk calon pengantin ini sebelum dan setelah melangsungkan pernikahan. Pahami dan terapkan agar pernikahan kamu membahagiakan.



Selamat atas pernikahan yang akan segera Kamu laksanakan. Tentu saja momen ini akan menjadi sejarah yang paling memorable di hidupmu. Agar semua agenda yang kamu rencanakan menjadi lancar, simak 6 tips untuk calon pengantin pada artikel ini.

Kamu dan pasangan pasti berharap pernikahan ini langgeng dan berkah. Oleh karena itu, tips pada artikel ini akan dibagi menjadi dua. Tips untuk kamu sebelum prosesi pernikahan dan juga tips setelah pernikahan.

3 Tips Sebelum Prosesi Pernikahan

Sumber : merdeka.com

Persiapan pernikahan merupakan momen hajatan besar bagi sebuah keluarga, terutama bagi kamu si calon pengantin. Persiapan pernikahan sangat menguras energi, pikiran, uang, dan juga perasaan.

Kamu harus berhati-hati dalam melewati tahap ini. Karena prosesi pernikahan akan kamu ingat sepanjang hidup kamu. Jadi, ini dia beberapa tips sebelum prosesi pernikahan agar kamu cukup bisa “mengendalikan” keadaan.

Mewah boleh, tetapi utamakanlah kesakralan pernikahan

Jika bicara daftar persiapan pernikahan, yang pertama terlintas di pikiranmu pasti soal sewa gedung dimana, make up seperti apa, atau pakai gaun yang mana. Semua itu penting, terlebih ini adalah momen sekali seumur hidupmu dan harus tanpa cacat.

Tetapi, jangan lupakan bahwa pernikahan adalah sebuah upacara yang sakral. Disinilah kamu dan pasanganmu disatukan secara sah baik dari sisi agama maupun negara. Mengabaikan nilai dan kesakralan pernikahan demi kemewahan semata adalah pilihan yang tidak tepat.

Apalagi jika kamu memiliki budget nikah sederhana. Mengejar kemewahan tentu akan memberatkan kamu dan pasangan setelah pernikahan nanti. Tetapi, dengan menjaga kesakralan pernikahan, semewah atau se “biasa” apa pun pernikahanmu, kamu akan bahagia mengenangnya kelak.

Hormati dan hargai setiap orang yang terlibat dalam proses pernikahan

Sebagai pengantin, tentu kamu ingin diperlakukan layaknya seorang ratu (atau raja). Kamu mau keluarga dan teman-teman mu hadir, mendukung, dan memenuhi permintaanmu. Tetapi perlu kamu tahu, bahwa keberadaan mereka sangat penting bagi kelancaran pernikahanmu.

Jadi, menghormati dan menghargai setiap orang yang terlibat adalah hal terkecil yang bisa kamu lakukan bagi mereka. Menghormati dan menghargai orang-orang ini akan membuat mereka merasa diakui jasanya. Disisi lain, kamu juga akan menyadari bahwa memang tanpa mereka, pernikahanmu tidak akan bisa terwujud.

Bagaimana cara menghormati dan menghargai mereka? Ucapan terima kasih yang tulus kepada mereka adalah penghormatan tertinggi yang bisa kamu berikan. Katakan bahwa kamu sangat berterima kasih atas semua yang mereka lakukan demi kamu, pasti mereka akan sangat bahagia dengan ucapanmu.

Jaga kesehatan fisik dan mental

Ini adalah nasihat umum yang diberikan kepada calon pengantin, tetapi ini juga yang sering diabaikan. Sibuk mempersiapkan pernikahan sering membuat calon pengantin lupa akan dirinya sendiri. Tanpa fisik dan mental yang sehat, sebaik apapun pernikahan dirancang, kamu tidak akan menikmatinya.

Bagaimana cara menjaga kesehatan fisik dan mental sebelum pernikahan? Makan dan tidur yang cukup dan teratur adalah kunci utama kesehatan fisik, terlebih disaat sibuk seperti pernikahan. Sementara itu, kesehatan mental bisa kamu jaga dengan menjaga komunikasi dengan pasangan dan keluarga tetap dalam kondisi baik hingga hari pernikahan.

Tentunya, komunikasi baik harus kamu jaga seterusnya. Tetapi, komunikasi yang baik sangat penting untuk masa-masa krusial seperti persiapan pernikahan. Selanjutnya, kamu tinggal mempersiapkan bagaimana menjalani kehidupan rumah tangga setelah pernikahan.



3 Tips Setelah Pernikahan

tips untuk calon pengantin
Sumber : merdeka.com

Selamat, kamu telah menjadi pengantin baru. Momen pengantin baru ini adalah salah satu momen manis dalam sebuah perkawinan. Selanjutnya, perjalananmu dengan pasangan akan semakin panjang dan berat.

Ada beberapa hal yang harus kamu sepakati dan lakukan dengan pasangan agar kalian kuat dalam perjalanan itu. Karena setelah pernikahan, kamu adalah kekuatan terbesar bagi suami/istri mu dan suami/istrimu adalah kekuatan terbesar yang kamu miliki. Berikut beberapa tips penting yang perlu kamu renungkan dan jalankan.

Sekarang kalian adalah satu orang dalam dua tubuh, maka menyatulah

Benar, sekarang kamu dan suami/istrimu adalah satu orang dalam dua tubuh. Saat kamu sakit maka pasanganmu sakit, begitupun sebaliknya. Jagalah tubuh dan hati pasanganmu seperti kamu menjaga tubuh dan hatimu.

Begitu juga, perlakukan pasanganmu seperti kamu ingin diperlakukan. Jika kamu ingin dimengerti oleh pasangan, maka mulailah dengan memahami pasanganmu. Dengan seperti itu barulah kamu dan pasangan bisa menyatu.

Tanpa memahami satu sama lain, kamu tidak akan bisa menyatu dengan pasangan. Dan kebahagiaan pernikahan tidak akan pernah terwujud jika kamu tidak menyatu dengan pasanganmu.

Anggap pernikahan sebagai sebuah perjalanan abadi yang baru kamu mulai

Pernikahan adalah perjalanan panjang yang dimulai setelah akad nikah dinyatakan. Dengan menyadari bahwa pernikahan adalah perjalanan seumur hidup, maka kamu akan mudah mentoleransi kekurangan pasangan. Selain itu, kamu juga akan mentoleransi masalah-masalah kecil yang muncul.

Meskipun kamu adalah seorang pribadi yang sangat disiplin, kamu memerlukan toleransi yang cukup besar saat memulai pernikahan. Karena seperti sebelumnya, saat ini dirimu mendapatkan kepribadian baru, yaitu kepribadian pasanganmu. Dengan toleransi yang tinggi, kamu akan mempermudah proses penyatuan ini.

Masalah ekonomi rumah tangga memang berat, tapi bukan yang terpenting

Sepertinya, tidak ada yang lebih dipersiapkan oleh pasangan yang baru menikah selain aspek ekonomi keluarga. Entah memastikan pekerjaan yang baik, tabungan anak, bahkan investasi. Semua itu penting dan harus disiapkan oleh setiap pasangan yang baru menikah.

Tetapi, jangan mengorbankan semua waktu dan perhatian kamu untuk mempersiapkan itu. Seperti yang sering kita dengar, dunia dikejar tidak ada habisnya. Cukup kumpulkan sejumlah uang yang cukup untuk membahagiakan keluargamu.

Tentu saja, standar kecukupan masing-masing orang berbeda. Tetapi, hatimu pasti tahu jumlah yang terbaik bagi keluargamu.



Itulah 6 tips untuk calon pengantin agar pernikahan membahagiakan bagi kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan. Pernikahanmu akan menjadi lebih kuat dengan memahami dan mengimplementasikan tips yang ada dalam daftar ini. Berbahagialah, karena kamu sedang mempersiapkan salah satu pilihan terpenting dalam hidup.

Sumber gambar utama : https://www.womanandhome.com/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time