Yuk Intip! 8 Checklist Persiapan Pernikahan Impian untuk Kamu

checklist persiapan pernikahan
Yuk share tulisan ini :

Apakah kamu memiliki rencana menikah tahun ini? Atau mungkin kamu masih mempersiapkan untuk beberapa tahun lagi. Tidak perlu khawatir, kamu dapat mempersiapkan semuanya jauh sebelum hari H ditentukan. Berikut adalah checklist persiapan pernikahan dalam mewujudkan pernikahan impianmu.



Pernikahan merupakan peristiwa besar yang akan terjadi dalam hidupmu. Pernikahan bukan lagi sesuatu yang dapat kamu lakukan sendiri, mau tidak mau kamu harus melibatkan dua keluarga sekaligus. Untuk kamu yang ingin mempersiapkan pernikahan impianmu, kamu dapat menyiapkan 8 hal penting berikut.

8 Checklist Persiapan Pernikahan Impian

8 hal penting ini dapat membantu kamu untuk mulai mempersiapkan pesta pernikahan impianmu. Kamu akan lebih mengetahui aspek mana terlebih dahulu yang harus kamu siapkan. Beberapa aspek ini dapat kamu penuhi satu persatu sebelum hari H itu datang.

1. Tentukan Budget  Pernikahan

Checklist Persiapan Pernikahan
Sumber : https://reseauactionclimat.org/

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah budget atau biaya untuk pernikahanmu. Tanpa adanya budget yang cukup, kamu mungkin tidak dapat membuat pernikahan sesuai harapanmu. Karena pastinya beberapa hal akan terhambat, jika alokasi budget pernikahanmu kurang tepat.

Apalagi calon mempelai wanita, pada umumnya wanita selalu bermimpi untuk membuat acara pernikahan yang tidak terlupakan. Pastinya hal ini harus didukung dengan budget yang besar pula. Untuk referensi contoh rincian biaya pernikahan kamu bisa mempelajarinya dari artikel berikut : Contoh Rincian Biaya Pernikahan dari KUA Sampai Pesta

2. Rancang Konsep Pernikahan

Checklist Persiapan Pernikahan
Sumber : wartawanita.com

Persiapan pernikahan bagi wanita yang penting adalah konsep sebuah pernikahan. Kebanyakan wanita ingin membuat konsep pernikahan yang berbeda dari yang lain. Wanita ingin diperlakukan seperti tuan putri di hari pernikahannya.

Tentunya, kedua mempelai harus menyamakan konsep pernikahan yang diimpikan masing masing pasangan. Mau itu konsep outdoor maupun dalam gedung. Banyak sekali referensi konsep pernikahan yang kamu bisa kumpulkan dari internet.

Bukan menjadi masalah, jika kamu memang mau melakukan persiapan pernikahan sederhana atau persiapan pernikahan di rumah. Beberapa orang memang memilih konsep seperti itu,  mungkin saja kebutuhan lain lebih diprioritaskan selain pernikahan.

3. Dekorasi dan Venue Pernikahan

Checklist Persiapan Pernikahan
Sumber : merdeka.com

Tahapan persiapan pernikahan yang ketiga adalah dekorasi dan venue pernikahanmu nanti. Karena konsep yang apik juga harus didukung dengan dekorasi dan tempat pernikahan yang bagus juga.

Misal kamu memilih konsep outdoor ala garden party, pastinya kamu membutuhkan tempat yang mendukung konsep tersebut. Lalu, ditambahkan ornamen kayu kering untuk dihias di atas pelaminan atau kursi tamu.  Namun untuk hal ini, kamu harus memperhatikan faktor cuaca dalam konsep dan tempat pernikahan yang berada di luar ruangan.

4. Baju Pernikahan

Checklist Persiapan Pernikahan
Sumber : liputan6.com

Setelah menghitung budget, konsep sampai dengan venue pernikahan, hal penting lainnya adalah baju pernikahan. Karena dalam sebuah pernikahan, calon pengantin pasti ingin mengenakan pakaian yang berbeda dari mempelai lainnya.

Seperti halnya konsep garden party, akan berbeda pakaiannya dengan konsep pernikahan indoor. Karena biasanya, untuk konsep outdoor akan menggunakan pakaian yang tidak terlalu panjang atau tebal. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat membantu ruang gerak dan meminimalisir kotornya baju pernikahanmu saat di luar ruangan.



5. Catering Pernikahan

Sumber : https://kakamera.com/

Mengapa catering dikategorikan sebagai aspek persiapan pernikahan yang penting? Tentunya, saat para tamu datang, tidak enak halnya ketika tidak memberikan jamuan. Sebagai keluarga yang mengundang, secara tidak langsung kamu ingin berbagi kebahagiaan tersebut dengan para tamu.

Maka dari itu, jangan pernah salah pilih penyedia catering untuk pernikahan kamu. Ditakutkan saat acaramu sudah luar biasa, seketika rusak dengan masakan yang tidak begitu enak di lidah para tamu.

6. Buat Undangan Pernikahan yang Menarik

Sumber : elizato.com

Undangan pernikahan merupakan sebuah bentuk sopan santun kepada tamu yang kamu undang. Walaupun kerabat kamu mengetahui waktu pernikahan kamu, tanpa adanya undangan tetap terasa tidak diundang. Jadi, kamu tetap harus mempersiapkan undangan pernikahan.

Di jaman sekarang, variasi undangan pernikahan sudah banyak ragamnya. Salah satu contohnya adalah undangan digital. Selain memang bisa menekan pengeluaran, undanganmu juga dapat di desain ala kamu sendiri.

Undangan digital juga bisa menyelesaikan masalah untuk kerabat jauh maupun teman yang lokasinya jauh dari kotamu. Tidak perlu bingung mengirimkan undangan lewat ekspedisi atau lainnya. Kamu bisa langsung broadcast undanganmu melalui media sosial maupun aplikasi chatting.

7. Gunakan Wedding Organizer

Sumber : merdeka.com

Jika kamu memang tidak sanggup untuk mempersiapkan pernikahan sendiri, kamu dapat menggunakan jasa wedding organizer. Kamu tidak perlu repot untuk mengkonsep secara keseluruhan acara. Bermodal duduk manis dan utarakan keinginanmu, kamu sudah mendapatkan rancangan pernikahan impianmu.

Tentunya, kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk menggunakan jasa wedding organizer ini. Rata-rata harga untuk penyedia jasa wedding organizer adalah berkisar Rp. 40 Juta sampai dengan Rp. 60 Juta untuk kategori murah.

Tapi keuntungannya adalah kamu hanya duduk di pelaminan dan menyambut tamu dengan baik. Sedangkan untuk jalannya acara sudah diambil alih oleh panitia yang berwenang. Sedikit lebih mahal tidak menjadi masalah bukan?

8. Dokumen Penting untuk Pernikahan

Sumber : malangtoday.net

Persiapan yang terakhir adalah persiapkan dokumen pernikahanmu. Karena tanpa beberapa dokumen tersebut, pesta pernikahan hanyalah pesta biasa. Kamu tidak bisa dikategorikan menikah secara negara sebelum mendaftarkan diri ke lembaga pemerintah.

Dokumen pernikahan merupakan persiapan pamungkas yang mana membuatmu legal secara agama dan hukum bersama pasangan. Jadi tidak bisa dianggap sepele untuk mengurus hal tersebut.

Dokumen penting tersebut, seperti surat keterangan untuk menikah, surat izin orang tua, KTP, KK dan lainnya. Kamu bisa mengunjungi kantor urusan agama untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.


Baca juga :



Pernikahan Impian di depan Mata

Setelah mempersiapkan 8 hal penting diatas, kamu sudah bisa sedikit bernafas lega dalam menyiapkan pernikahan impianmu. Walaupun demikian, kamu harus tetap menjaga kesehatan psikis maupun fisik dalam mengurus semua hal tersebut.

Karena tanpa jiwa dan raga yang sehat, kamu tidak dapat merealisasikan konsep pernikahan impianmu. Menjaga kesehatanmu bisa dimulai dengan olahraga teratur dan selalu makan makanan yang sehat. Usahakan juga untuk selalu tidur cukup dan merawat dirimu lebih baik. Banyak calon pengantin yang malah stress saat mendekati hari pernikahan.

Jadi untuk kamu yang memang masih merencanakan pernikahan saat ini, jangan pernah patah semangat untuk merancang pernikahan impianmu. Atau yang memang masih dalam bayangan, kamu bisa memulai merancang budgetmu sekarang. Ikutilah 8 checklist persiapan pernikahan diatas, agar kamu tahu hal mana dulu yang harus kamu siapkan.

Sumber gambar utama : istock.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply