Tips Pernikahan di Rumah Agar Tetap Elegan dan Berkesan

tips pernikahan di rumah
Yuk share tulisan ini :

Tips pernikahan di rumah akan membantu kamu dalam mewujudkan resepsi pernikahan yang  elegan dan berkesan meskipun resepsi tidak dilakukan di gedung.



Pernikahan di rumah menjadi pilihan bagi sebagian orang yang memiliki rumah besar. Menggelar pernikahan di rumah tetap akan bisa berkesan jika disiapkan dengan matang. Jika kamu hendak melakukan pernikahan, kamu bisa menerapkan tips pernikahan di rumah berikut ini.

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan resepsi pernikahan di rumah, kamu sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor di bawah ini. Faktor ini perlu diketahui demi kelancaran pesta pernikahan di rumah. Langsung saja, berikut faktor yang dimaksud.

5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Jika Ingin Menikah di Rumah

Sumber : brilio.net

Bagi kamu yang ingin melakukan resepsi pernikahan di rumah, ada baiknya mempertimbangkan dengan matang agar tidak menyesal.  Faktor yang perlu kamu jadikan bahan pertimbangan antara lain yaitu

1. Luas rumah

Pastikan rumah kamu luas agar bisa menampung banyak tamu. Selain tempat tamu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah

  • Dapur atau tempat penyiapan makanan dan minuman bagi tamu
  • Kamar mandi atau WC
  • Tempat parkir
  • Tempat pelaminan bagi pengantin

Jika rumah kamu bisa mencakup beberapa hal di atas, kamu tidak perlu ragu lagi untuk melangsungkan pernikahan di rumah. Namun jika tidak ada salah satunya, kamu bisa mencari tips yang tepat untuk membuatnya tetap bisa digunakan atau kamu menyewa gedung pernikahan saja.

2. Jalan menuju rumah

Hal ini juga perlu dipertimbangkan mengingat kenyamanan tamu menjadi salah satu prioritas. Apabila rumah kamu terletak di gang sempit yang susah dijangkau, lebih baik resepsi tidak dilakukan di rumah.

Selain jalan, kamu juga harus memperhatikan kenalan atau keluarga jauh yang diundang. Jika sebagian dari mereka belum mengetahui tempat tinggalmu, bukankah lebih baik menyewa gedung pernikahan daripada di rumah?

3. Konsep pesta

Konsep memang bisa menyesuaikan dengan keadaan rumah. Namun sebagian orang memiliki konsep pernikahan impian. Jika kamu termasuk salah satunya, maka pikirkanlah apakah konsep sesuai kondisi rumah kamu atau tidak.

Semisal tidak sesuai, maka jangan dipaksakan karena dekorasi jatuhnya tidak elegan. Konsep pernikahan yang diimpikan pun menjadi tidak sempurna.

4. Faktor tetangga dan perizinan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah masalah izin dari masyarakat setempat. Jika warga di lingkungan ingin suasana yang selalu tenang, maka kemungkinan besar kamu sulit mendapat izin untuk mengadakan resepsi di rumah.

Jadi pastikan kamu mendapatkan izin dari RT dan dari warga setempat sebelum mulai merancang pernikahan. Dengan begitu, saat ada yang protes atau melaporkan, kamu sudah memiliki izin yang sah.

Untuk masyarakat pedesaan, hal satu ini tidak menjadi masalah yang berarti. Para tetangga bahkan ikut senang dan ikut membantu. Berbeda dengan masyarakat kota.

5. Pengurusan

Pengurusan yang dimaksud disini adalah mengurus segala hal yang berhubungan dengan pernikahan. Apabila resepsi pernikahan dilakukan di gedung, kamu tinggal menggunakan saja tanpa perlu ribet mengurus penataan dan lain sebagainya.

Berbeda jika resepsi dilakukan di rumah. Jika di rumah, setelah resepsi kamu dan keluarga masih harus membersihkan rumah. Memang ada yang membantu, tapi tetap saja semua terasa belum beres. Suasana rumah masih belum seperti semula.

Itu tadi beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum melakukan pernikahan di rumah. Jika masih ingin melakukan resepsi di rumah, kamu bisa menggunakan tips di bawah ini agar pernikahan lebih elegan dan berkesan.



5 Tips Persiapan Pernikahan di Rumah

Sumber : idntimes.com

Terdapat beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam mewujudkan resepsi pernikahan di rumah elegan dan berkesan. Elegan yang dimaksud disini adalah dekorasi pernikahan kamu tetap terlihat mewah meskipun bukan di gedung. Langsung saja, berikut tips yang dimaksud.

1. Membatasi jumlah tamu yang hadir

Pembatasan jumlah tamu ini bertujuan agar para tamu kebagian tempat duduk. Ruangan pun terasa lebih luas dan nyaman jika tamu yang diundang sesuai dengan luas tempat.

Apabila tetap kukuh ingin mengundang banyak orang, maka disarankan untuk membagi jam kedatangan mereka. Dengan begitu para tamu tetap datang semua dan kamu tidak akan takut mereka kekurangan tempat duduk.

2. Meminta perizinan pada RT dan tetangga

Dengan izin, kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan seperti dibantu menyelenggarakan acara, dibantu menutup akses jalan, dan masih banyak lainnya. Tanpa izin dari masyarakat setempat, resepsi pernikahanmu akan sulit berjalan lancar.

Jadi pastikan semua warga setuju dengan diadakannya resepsi pernikahan di rumah kamu. Pastikan juga RT memberikan izin yang berupa surat atau keterangan, agar bisa dijadikan pegangan saat ada warga yang tidak terima.

3. Memilih dekorasi dan konsep yang tepat

Karena dilakukan di rumah, dekorasi dan konsep yang dipilih harus tepat, tidak boleh berlebihan. Jika kamu menggunakan vendor pernikahan tertentu, pastikan memilih yang terbaik.

Pilih yang terbiasa menangani resepsi pernikahan di rumah. Vendor pernikahan dan EO yang terbiasa menangani pernikahan di rumah biasanya lebih peka dan lebih bisa mengerti kondisi.

4. Memanfaatkan halaman rumah

Jika dalam rumah dirasa kurang, kamu bisa memanfaatkan halaman rumah. Dengan pemberian atap sementara, halaman rumah bisa menjadi tempat bagus untuk menjamu para tamu.

Apabila tidak hujan atau panas, kamu boleh tidak menggunakan atap. Halaman bisa langsung dihias dan diberi tempat duduk indah sesuai konsep pernikahan kamu. Intinya kamu harus kreatif dalam dekorasi atau pintar dalam memilih vendor pernikahan.

5. Memilih fotografer dan makanan terbaik

Meskipun dilaksanakan di rumah, resepsi pernikahan akan tetap berkesan bagi para tamu jika makanan yang disajikan sangat enak. Makanan enak memang membutuhkan budget tidak sedikit.

Namun tidak masalah kan? Mengingat kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa gedung. Selain itu fotografer yang handal juga menjadi kunci bagusnya foto pernikahan kamu.



Demikian tadi tips pernikahan di rumah. Terlihat sangat mudah diterapkan bukan? Jadi bagi kamu yang ingin melaksanakan resepsi di rumah, kamu tidak perlu khawatir lagi. Pernikahan kamu akan tetap bisa berjalan meriah dan tidak kalah dengan menikah di gedung.

Sumber gambar utama : https://cahayatenda.com/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply