12 Lagu Pernikahan Islami dengan Makna yang Mendalam

lagu pernikahan islami
Yuk share tulisan ini :

Pernikahan merupakan acara yang sakral. Namun agar tidak membosankan, biasanya diselingi lagu yang dibawakan oleh penyanyi saat pernikahan. Beberapa kumpulan lagu pernikahan islami biasanya dilantunkan dalam acara pernikahan selain sebagai selingan acara, tetapi juga sebagai do’a.  Tapi bagaimana jadinya jika lagu yang dilantunkan oleh penyanyi justru malah merusak kesakralan pernikahan.



12 Lagu Pernikahan Islami Romantis dengan Makna yang Mendalam

Oleh karena itu, pemilihan lagu untuk pernikahan yang sesuai agar tidak merusak acara pernikahan sangatlah penting. Bagi  kamu yang hendak melangsungkan pernikahan dengan bernuansa islami. Berikut ini beberapa kumpulan lagu pernikahan islami yang mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan :

1. For The Rest Of My Life – Maher Zain

Lagu ini menceritakan mengenai seorang pria yang menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah. Pria ini bersyukur karena Allah telah mengirimkannya seorang bidadari yang akan menemani hidupnya. Pria ini ingin menikmati hidup bersama wanita tersebut untuk mengarungi lautan kehidupan.

Pria ini ingin menghabiskan sisa hidupnya bersama wanita tersebut sebagai istrinya. Menemani hari-harinya, membangun rumah tangga dengan ketulusan hati, kejujuran diri dan terberkahi.

Potongan Lirik : 

I praise Allah for sending me you my love
You found me home and sail with me
And I’m here with you
Now let me let you know
You’ve opened my heart
I was always thinking that love was wrong
But everything was changed when you came along
Ohohoh
And there’s a couple of words I want to say

2. You Are The One – Raef

Lagi ini menceritakan seseorang yang percaya terhadap takdir hidup yang ditetapkan untuknya. Setelah sekian lama dia menunggu sosok itu, lalu pada akhirnya dia menemukan seseorang yang mengingatkannya kepada Allah.

Saat berjumpa dengannya, dia meyakini bahwa sosok itu adalah jodohnya. Dia percaya bahwa orang itu ditakdirkan untuknya dan yang dia tahu dia hanya percaya.

Potongan Lirik : 

I thought of this before over a million times
Who would’ve ever thought that it would be our time?
I just know it, ’cause you’re the one
It ain’t a selfish love, when I’m with you
You remind me of Allah, and so I know it’s true
I’ll just say it: you are the one

3. Baraka Allahu Lakuma – Maher Zain

Lirik lagu ini seperti do’a yang ditujukan bagi mereka yang hendak melangsungkan pernikahan. Diceritakan hari yang spesial dimana hati dipenuhi dengan rasa suka cita yaitu hari yang menjadikan mereka lebih dekat.

Pada hari itu mereka berdo’a kepada Allah seperti yang diajarkan oleh Nabi memohon untuk menghadirkan cinta selamanya. Do’a tersebut mengharap keberkahan Allah untuk pernikahan mereka.

Potongan Lirik : 

We’re here on this special day
Our hearts are full of pleasure
A day that brings the two of you
Close together
We’re gathered here to celebrate
A moment you’ll always treasure
We ask Allah to make your love
Last forever

4. Mabrook – Irfan Makki

Lagu pernikahan islami ini menggambarkan suatu hari yang sangat berbahagia yang akan selalu dikenang. Dihari itu mereka tersenyum dengan sangat gembira. Mereka juga menyampaikan harapan semoga mereka terberkati.

Potongan Lirik : 

Today smiles all around
Both of you are shining with faces so bright
These memories will always remain
Deep in your hearts brightening the darkest night
We always pray your everyday
Will be blessed with joy
May all your dreams come true

5. Qissat Al’Oshaq – Humood Alkhudher

Lagu ini mengisahkan romantisme saat pernikahan berlangsung. Diceritakan saat akad ketika calon mempelai pria menjabat tangan wali dari mempelai wanita. Saat itu wali dari mempelai wanita memberikan amanat besar kepada pria untuk berjanji menjaga putrinya.

Dengan detak jantung yang berdegup, pada hari itu mereka memulai perjalanan kehidupan yang baru. Mereka akan menjalani kehidupan berdua dan akan melalui berbagai kenangan.


Baca juga : 


6. Masha Allah – Maher Zain

Sama seperti lagu-lagu sebelumnya, lagu ini juga menceritakan mengenai pernikahan. Mereka bergembira pada hari itu dan mereka akan selalu mengenang hari itu.

Mereka bersyukur karena kehendak Allah yang telah mempertemukan mereka. Alangkah bahagia mereka malam itu karena telah melangsungkan pernikahan sebagaimana Rosululloh ajarkan.



7. Pengantin Baru – Nasida Ria

Siapa yang tak kenal dengan lagu pernikahan yang satu itu, lagu ini hampir selalu diputar saat resepsi pernikahan. Lagu dari Nasida Ria ini mengisahkan betapa bahagianya menjadi seorang pengantin baru.

Mereka duduk bersanding dengan bersendau gurau. Mereka berdua bagaikan seorang raja dan permaisuri. Seolah-olah dunia hanyalah milik mereka berdua.

Potongan Lirik : 

Duhai senangnya pengantin baru
Duduk bersanding bersenda gurau
Duhai senangnya pengantin baru
Duduk bersanding bersenda gurau

Bagaikan raja dan permaisuri
Tersenyum simpul bagaikan bidadari
Duhai senangnya menjadi pengantin baru

8. Kupinang Kau Dengan Bismillah – Ungu feat Rossa

Lagu yang dinyanyikan oleh Pasha Ungu dan Rossa ini memang cukup populer pada masanya. Bahkan SCTV saat itu membuat judul sinetron dengan judul Kupinang Kau Dengan Bismillah.

Selain memiliki nada yang enak di dengar, lagu ini juga memiliki makna yang cukup dalam. Mengisahkan mengenai seorang pria yang memantapkan hati untuk menikahi seorang wanita pujaannya. Pria tersebut menyadari sepenuhnya bahwa menikah merupakan bentuk taat kepada Allah dan mengharap restu-Nya.

Potongan Lirik : 

Tuhan memberikanku cinta
untuk ku persembahkan hanyalah padamu
Dia anugerahkanku kasih
hanya untuk berkasih berbagi denganmu
atas restu Allah ku ingin milikimu
ku berharap kau menjadi yang terakhir untukku
restu Allah ku mencintai dirimu
ku pinang kau dengan Bismillah

9. Ketika Cinta Bertasbih – Melly Goeslaw feat Amee

Lagu Ketika Cinta Bertasbih merupakan lagu yang diciptakan oleh musisi Melly Goeslaw. Lagu ini sekaligus menjadi Ost. Film Ketika Cinta Bertasbih.Film Ketika Cinta Bertasbih pun sebenarnya merupakan film dari adaptasi novel yang ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy.

Lagu ini mengisahkan mengenai seorang wanita yang menanti seorang pria agar menikahinya. Wanita tersebut mencintai seseorang yang mana cinta tersebut membuatnya hidupnya resah. Rasa cinta wanita tersebut tumbuh atas dasar agama-Nya dan atas dasar keridhoan-Nya.

Dia melihat seseorang itu karena kelembutan sikapnya, rasa tanggung jawabnya, serta bagaimana dia menghormati wanita. Oleh karena itu tidak ada yang bisa menolak takdir yang Allah tetapkan.

Potongan Lirik : 

Bertuturlah cinta
Mengucap satu nama
Seindah goresan sabdamu dalam kitabku
Cinta yang bertasbih
Mengutus hati ini
Ku sandarkan hidup dan matiku padamu
Bisikkan doaku
Dalam butiran tasbih
Kupanjatkan pintaku padamu maha cinta
Sudah di ubun-ubun cinta mengusik resah
Tak bisa kupaksa walau hatiku menjerit

10. Ayat-ayat Cinta – Rossa

Lagu yang cocok untuk pernikahan ini dipopulerkan oleh penyanyi Rossa. Lagu merupakan lagu yang cukup fenomenal, pasalnya seperti Ketika Cinta Bertasbih, Ayat-ayat Cinta juga merupakan Ost dari film dengan judul yang sama.

Film Ayat-ayat Cinta yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo juga merupakan film yang diadaptasi dari novel Habiburrahman El Shirazy atau yang biasa di sapa kang abik.

Ayat-ayat Cinta mengajarkan kita mengenai semangat membangun kisah cinta yang sarat akan kesabaran, ketulusan dan kemuliaan. Hal ini mengisahkan mengenai seorang pemuda yang bersahaja, santun, pinta serta tampan. Pemuda tersebut disukai wanita dari berbagai kalangan.

Hingga akhirnya pria itu menikah dengan wanita yang memang menjadi jodohnya dan membuat patah hati banyak wanita. Namun setelah pernikahan berbagai cobaan datang silih berganti namun tetap dihadapi dengan sabar.

Potongan Lirik : 

Maafkan bila ‘ku tak sempurna
Cinta ini tak mungkin kucegah
Ayat-ayat cinta bercerita
Cintaku padamu
Bila bahagia mulai menyentuh
Seakan ‘ku bisa hidup lebih lama
Namun harus kutinggalkan cinta
Ketika kubersujud


11. Bunga-Bunga Cinta – Dude Harlino feat Asmirandah

Lagu selanjutnya yaitu dari Dude Herlino dengan Asmirandah yang berjudul Bunga-bunga Cinta. Lagu Bunga-bunga Cinta juga merupakan Original Soundtrack Film Dalam Mihrab Cinta. Sama seperti Ketika cinta bertasbih, film ini juga merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama dengan film ini.

Lagu Ini menceritakan mengenai dua orang yang saling jatuh cinta. Mereka tidak pernah menyangka bahwa mereka akan saling jatuh cinta. Cinta yang bersemi diantara mereka penuh dengan harapan. Mereka berencana untuk menikah dan mereka berharap Allah menautkan cinta mereka dalam mihrab cinta-Nya.

Potongan Lirik :

Tak pernah terlintas di benakku
Saat pertama kita bertemu
Sesuatu yang indah tumbuh dalam gundah
Harum dan merekah
Tulus hatimu buka mataku
Tegar jiwamu hapus raguku

12. Ya Asyiqol Musthofa

Ya Asyiqol Musthofa adalah salah satu lagu sholawat yang cocok untuk acara pernikahan. Lagu sholawat berbahasa arab ini pernah di cover oleh Sabyan Gambus pada tahun 2018 dan mendapatkan view sampai puluhan juta di youtube.

Potongan Lirik : 

Ya Asyiqol Musthofa
Absyir Binailil Muna
Ya Asyiqol Musthofa
Absyir Binailil Muna

Qoq Roqoka susshofa
As Shofa as shofaa
Watoba Wafdul Hana
Qod Roqoka susshofa
Watoba Wafdul Hana



Penutup

Itulah beberapa kumpulan lagu pernikahan islami yang mungkin bisa dijadikan referensi bagi kamu yang hendak melangsungkan pernikahan. Selain lagu-lagu di atas masih banyak juga lagu sholawat ataupun lagu cinta islami untuk pernikahanmu nanti. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Sumber gambar utama : dailymoslem.com


Yuk share tulisan ini :

One Reply to “12 Lagu Pernikahan Islami dengan Makna yang Mendalam”

  1. Wah.. bermanfaat sekaliiii..

Leave a Reply