Inilah 15 Barang yang Harus Ada di Seserahan Pernikahan

seserahan pernikahan
Yuk share tulisan ini :

Beberapa bulan lagi kamu akan melangsungkan pernikahan dengan si Dia ? jangan lupa kamu harus segera mengumpulkan barang-barang yang nantinya akan dijadikan isi seserahan pernikahan.



15 Barang untuk Seserahan Pernikahan

Tanpa panjang lebar kita akan membahas apa saja sih barang-barang yang umumnya ada di seserahan pernikahan ? Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Alat Ibadah

seserahan pernikahan
Sumber : pinterest.com

Yang pertama dan harus ada di Seserahan Pernikahan yaitu Alat Ibadah. Dalam semua agama, pernikahan adalah salah satu wujud niat beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.

Dalam agama Islam contohnya, menikah itu akan melengkapi sebagian agama seseorang. Jadi alat ibadah seperti :

  • Sajadah
  • Mukena
  • Tasbih
  • Kitab Suci Al Qur’an

Wajib banget barang-barang di atas jadi seserahan pernikahan kamu. Kamu jadi imamnya, aku jadi makmumnya.. duh nyessss adeemmm bener.

2. Skincare Wajah

Sumber : Wolipop.detik.com

Perempuan mana sih yang gak pengen tampil cantik ? Kebanyakan perempuan pasti akan cari berbagai macam cara agar dirinya bisa cantik bak seorang ratu atau putri.

Hmm… tapi sekarang lebih tren cantik glowing seperti selebritis sih hehe. Skincare wajah biasanya terdiri dari :

  • Facial wash
  • Scrub
  • Micellar water
  • Milk cleanser
  • Toner
  • Essence
  • Serum
  • Masker
  • Day cream
  • Night cream
  • Eye cream
  • Moisturizer
  • Sunscreen
  • dan lain lain

Kamu bisa beli serangkaian perawatan wajah yang biasa dipakai sama calon istri kamu atau ajak aja dia belanja langsung biar gak salah beli. Kan tujuannya biar terpakai sama istrimu kelak sehingga istrimu akan cantik setiap saat.

3. Skincare Tubuh dan Rambut

seserahan pernikahan
Sumber : istricaaantik.com

Memiliki tubuh yang mulus, putih, bersih, bibir merah merona dan rambut berkilau adalah dambaan setiap perempuan.

Tapi bukan cuma dambaan perempuan, justru laki laki yang mendambakan.. upsss hehe maka dari itu langsung gih ajak calon istrimu belanja :

  • Lulur
  • Hand and body cream
  • Butter cream
  • Lip therapy
  • Minyak zaitun
  • Hair vitamin
  • dan lain sebagainya.

Selagi masih batas wajar, biarin aja dia milih produk yang dia suka, karna itu bakal terpakai nantinya.. toh hasilnya buat kamu juga hihi.


Baca juga : 


4. Toiletries

seserahan pernikahan
Sumber : instagram.com

Barang barang ini adalah kebutuhan primer setiap orang yang akan bersih bersih tubuh alias mandi.. yaps apalagi kalau bukan :

  • Handuk
  • Sabun mandi
  • Shampoo
  • Pasta gigi
  • Sikat gigi
  • Conditioner
  • dan lain lain.

Karena kalau urusan mandi, notabene nya perempuan pasti bakal betah banget berlama lama di kamar mandi apalagi kalau pakai produk favoritnya dan sambil berendam pula hehe.

Silahkan mulai tanya produk apa yang biasa calon istrimu pakai atau langsung saja boyong dia ke supermarket. Simpel !



5. Makeup

seserahan pernikahan
Sumber : Youtube.com

Wah ini nih yang kontroversional. Haha kenapa dibilang begitu ? Biasanyaa laki-laki itu suka sama perempuan yang cantik, jago dandan, make up nya bagus, dan elegan.. beuh bangga banget deh buat diajak kondangan.

Tapi rata-rata laki laki itu gak tau kalau harga make up lumayan mahal-mahal. Bahkan make up yang berkualitas bagus itu emang mahal banget.

Ditambah lagi make up itu banyak jenisnya mulai dari :

  • Pensil alis
  • Eyeliner
  • Eyeshadow
  • Mascara
  • Foundation
  • Concealer
  • Shading
  • Highliter
  • Bronzer
  • Blush on
  • Lip tint
  • Lip cream
  • Lip matte
  • Lip liner
  • Face spray
  • Brush make up
  • dan masih banyak lagi.

Jadiii… bagi kalian para calon suami jangan pada kaget ya kalau tahu harga make up nanti.. pas kalian ajak calon istrike counter make up kalian cukup bilang gini aja “aku suka kamu yang natural ko sayang.. jadi gak usah macem macem ya make up nya” mudah-mudahan bisa sedikit ampuh mengurangi angka di struk nanti ya haha.

6. Tas

seserahan pernikahan
Sumber : Shopee.com

Tas cukup identik dengan perempuan. Tas biasanya menjadi salah satu barang yang wajib dibawa karena tas berguna untuk membawa barang barang perempuan yang banyak.

Biasanya tas yang cocok dijadikan seserahan adalah tas pesta dan tas kerja. Tas perempuan banyak banget merk nya, belum lagi harganya yang sangat bervariasi. Jadi, buat kalian para calon suami.. daripada repot-repot beli tas sendirian, kebingungan, mending tanya atau ajak langsung aja calon istrimu beli tas yang dia sukai agar kelak tas itu bakal dia pakai.

Pasti bakal seneng banget deh kalau tas yang kamu berikan sebagai seserahan di hari pernikahan itu digunakan terus sama istrimu setiap hari.

7. Sepatu

seserahan pernikahan
Sumber : Liputan6.com

Gak beda jauh sama tas, sepatu itu salah satu barang krusial bagi perempuan. Kalau urusan milih sepatu yang cocok dan nyaman pokoknya perempuan sedikit lebih ribet dan gak akan asal asalan.

Apalagi sepatu yang dijadikan seserahan itu biasanya sepatu pesta yang berhak, setiap perempuan punya kriteria sendiri model hak seperti apa yang dia suka dan berapa centimeter tinggi hak yang dia nyaman pakai.

Duh, kalau laki laki pasti gak akan ngerti deh.. udah pusing duluan yang ada.. Jadi, mending kamu boyong langsung calon istrimu ke toko sepatu dan kamu tinggal keluarin kartu debit ajadeh haha.

8. Parfum

seserahan pernikahan
Sumber : https://inovitablog.wordpress.com

Siapa sih yang tidak suka dengan keharuman ? Semua orang pasti nyaman kalau berada di tempat yang wangi atau berada didekat orang yang wangi.

Parfum memang udah jadi kebutuhan yang cukup penting dalam kehidupan sehari hari. Setiap orang punya selera yang berbeda beda sama wewangian, ada yang lebih suka wangi bunga, ada juga yang lebih suka wangi buah buahan atau kalau sekarang sih ya lebih tren cocok cocokan sama parfum merk tertentu, biasanya setiap orang udah punya brand favoritnya sendiri..

Jadi, langsung ajadeh tanya calon istrimu suka parfum merk apa dan variannya yang mana biar gak salah beli ya kaaan..

9. Jam Tangan

Sumber : bp-guide.id

Waktu itu berharga. Seperti kamu dan dia yang akhirnya dipertemukan di waktu yang tepat untuk menikah hehe.

Jam tangan udah jadi salah satu aksesoris yang penting bagi banyak orang untuk kehidupan sehari hari.. yap itu semua karena manfaatnya, melihat jam tangan itu bisa membuat kita lebih merencanakan sesuatu hal. Seperti kamu yang sedang merencanakan pernikahan dan sedang membuat list seserahan, jam tangan bisa jadi salah satu barang yang kamu bawa nanti.

Jam tangan perempuan biasanya identik dengan ukurannya yang kecil, modis dan elegan, namun kembali lagi kepada selera masing masing.. kamu bisa langsung saja ajak calon istrimu membeli jam tangan kesukaannya.



10. Baju

Karna menikah itu berarti akan menafkahi sandang, pangan dan papan, maka dari itu biasanya baju akan menjadi salah satu simbol nafkah sandang yang akan diberikan calon suami kepada sang calon istri.

Baju juga bisa menjadi arti, bahwa setelah rumah tangga kelak, istri itu diibaratkan sebagai pakaian sang suami, dengan kata lain sang istri harus bisa menutupi kekurangan suaminya. Biasanya baju yang dibawa sebagai seserahan adalah baju yang identik atau sering dipakai oleh calon istri.

Nah, biar sesuai di hati.. sekarang silakan ajak calon istrimu beli baju yang dia sukai untuk mengisi kotak seserahanmu nanti.


Baca Juga : 


11. Underwear

Sumber : seserahanbalikpapan.blogspot.com

Hmm yang ini sebetulnya sedikit sensitif ya hehe apalagi kalau laki laki yang disuruh beli sendiri, jarang banget laki laki yang berani beli tanpa ada rasa malu hehe, maka dari itu lebih baik kalian langsung kasih uangnya ajadeh ke calon istri kalian, biar dia aja yang beli agar sesuai dengan ukuran dan motif yang dia inginkan.

Oya banyak juga lho calon pengantin perempuan yang ingin underwear dimasukkan kedalam kotak seserahan, tapi banyak juga yang tidak mau karna malu. Ya semuanya tergantung keinginan masing masing ya.

Tapi kalau kalian termasuk yang ingin, underwearnya bisa diakali dengan cara dihias selucu mungkin dengan berbagai bentuk agar tidak terlalu menyerupai underwear yang sesungguhnya. Biar difoto nanti nampaknya seperti hewan kelinci.. padahaaall..

12. Perhiasan

Sumber : bukalapak.com

Sebuah simbol keseriusan, biasanya perhiasan identik dengan itu ya hehe.

Perhiasan yang biasanya dibawa untuk seserahan adalah set perhiasan lengkap seperti kalung, cincin, anting dan gelang, tapi semuanya balik lagi ke pasangan masing masing, gak perlu set lengkap juga gak masalah kok yang penting kan pernikahan kalian sah dan berkah.

Nah untuk para calon suami yang pengen perhiasan menjadi salah satu bawaan seserahan di acara pernikahan nanti, jaman sekarang banyak lho kotak perhiasan yang lucu dan cantik.. ughhh pasti bikin calon istrimu kesemsem deh liatnya.

13. Snack dan Kue

Sumber : dapurmenel.com

Kalau snack dan kue biasanya banyak dari keluarga calon mempelai pria akan dengan bangga membawa kue tradisional khas daerahnya agar sedikit mengenalkan budaya mereka kepada keluarga sang calon istri.

Ya itu berlaku kalau yang menikah beda budaya ya.. hehe tapi karna sekarang jaman serba praktis, bawa aneka kue bolu yang dijual di toko toko kue dan membawa snack seperti kue soes, pastel, risoles, lemper, dadar gulung dan lain lain bisa jadi pilihanmu untuk dibawa menjadi seserahan pernikahan nanti.

14. Buah-buahan

Sumber : jd.id

Udah lumrah deh ya kalau kita berkunjung kemanapun buah buahan pasti akan selalu jadi pilihan terbaik untuk dibawa, apalagi di acara pernikahan.

Seserahan yang isinya aneka buah sudah wajib diboyong dari rumah, biasanya buah buahan yang dibawa itu yang mudah dibeli seperti pisang, apel, jeruk, pir, anggur, salak, melon dan lengkeng, atau kalau sedang musimnya bisa juga membawa mangga, manggis, rambutan atau bahkan durian. Hehe


Baca juga : 


15. Bumbu dapur

Sumber : Instagram.com

Mungkin terkesan aneh, tapi dipikir pikir unik juga lho kalau salah satu dari kotak seserahan pernikahan kamu isinya adalah bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, sereh, daun jeruk, jinten, merica, ketumbar, kemiri, asem jawa, gula aren bahkan sampai bumbu penyedap rasa masako atau royco.

Masyarakat sunda biasanya menganggap bumbu dapur sebagai simbol pengingat bahwa rumah tangga yang akan dijalani kelak akan ada berbagai bumbu dan rasa, ada momen manis, pahit, suka dan duka yang harus dipadukan bersama sehingga rumah tangga akan menjadi nikmat dan bahagia.



Penutup

Itulah beberapa barang-barang yang umumnya dijadikan untuk isi seserahan pernikahan. Sebaiknya jika kamu ingin menikah dalam waktu dekat,  barang-barang tersebut harus mulai dicicil atau dibeli dari sekarang.

Sumber gambar utama : idntimes.com


Yuk share tulisan ini :

One Reply to “Inilah 15 Barang yang Harus Ada di Seserahan Pernikahan”

  1. Makasih banget ya kak infonya, jd nambah wawasan aku ttg seserahan. Karena aku jg buka usaha seserahan di stabat langkat , sumatera utara . Cek ig ku ya kk kali aja ada masukan dari kk.

    IG : zivanna_hantaran
    web : http://www.zivannahantaran.my.id

Leave a Reply