√ Ini Dia Isi Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat dan Filosofinya

Ini Dia Isi Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat dan Filosofinya

mas kawin seperangkat alat sholat
Yuk share tulisan ini :

Memberikan mas kawin seperangkat alat sholat tidak hanya serta merta, tetapi harus juga diikuti dengan pengetahuan tentang jenis dan filosofinya.



Apa saja isi mas kawin seperangkat alat sholat harus kamu ketahui. Terlebih untuk siapa saja yang dekat-dekat ini akan menikah.

Sebuah mas kawin harus diberikan ketika kamu menikah nanti. Ada beberapa opsi mas kawin yang bisa kamu berikan. Bisa berupa uang, emas, dan bisa juga berupa seperangkat alat sholat.

Kali ini penulis akan membahas seputar mas kawin seperangkat alat sholat.

Makna Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat

Ini semua terserah kamu akan memberikan mas kawin berupa apa. Satu hal yang pasti adalah kamu tidak boleh keberatan dalam memenuhinya.

Namun biasanya, dalam pernikahan diberikan beberapa mas kawin sekaligus. Seperangkat alat sholat wanita yang digabungkan dengan perhiasan juga bisa diberikan. Atau mungkin Al Quran dengan benda lainnya. Salah satu jenis mas kawin adalah seperangkat alat sholat.

Di agama Islam, mas kawin ini diwajibkan ada. Salah satu keutamaannya adalah supaya ibadah lebih sempurna. Serta agama bisa menjadi acuan dalam kehidupan setelah menikah. Ada beberapa makna lain yang tersimpan dalam mas kawin jenis ini. Berikut adalah beberapa makna tersebut.

1. Mushaf Al Quran

mas kawin seperangkat alat sholat
Sumber : eramuslim.com

Seperangkat alat sholat apa saja isinya? Salah satunya adalah Mushaf Al Quran. Ada makna dari pemberian Mushaf Al Quran kepada calon mempelai. Makna yang tersimpan adalah supaya suami bisa mengajari istri.

Mengajari untuk bisa membaca apa yang ada di dalamnya. Serta bisa memahami Al Quran betul-betul. Ada yang menilai komponen mas kawin ini cukup berat. Lebih berat jika dibandingkan dengan mas kawin emas, mukena, atau lainnya. Nantinya suami benar-benar dituntut untuk membimbing istri.

Bimbingan tersebut tak lain untuk bisa membaca sekaligus memahami isi Al Quran. Yang mana dalam Al Quran ini sendiri berisi ajaran agama Islam yang lengkap. Jadi, intinya kamu harus mengajarkan ayat tersebut pada istri meskipun perlahan.

Inilah mengapa mungkin kamu jarang menemui mas kawin berupa Al Quran. Karena tanggungannya yang cukup ‘berat’. Mereka biasanya hanya akan memberikan mukena dan tasbih saja. Padahal jika kamu mampu-mampu saja, tetap sah hukumnya memberikan Al Quran.

2. Alat Sholat

Sumber : http://www.portalbusanamuslim.com/

Isi seperangkat alat sholat terdiri dari banyak hal. Diantaranya mukena bawahan, mukena atasan, dan mukena terusan. Akan lebih lengkap jika ditambahkan tasbih dan buku Yasin. Bahkan kamu juga bisa menyertakan Al Quran sekaligus.

Makna dari mas kawin alat sholat ini adalah sebuah bimbingan. Bimbingan dari suami supaya istri bisa beribadah dengan sempurna. Suami harus mengajari tuntunan agama pada istrinya.

Tak hanya pada istri saja, suami juga harus bisa menuntun keluarganya. Mulai saat ini tentu kamu jadi paham apa makna dari mas kawin ini. Usahakan untuk memberi mas kawin seperangkat alat sholat karena seyogyanya itu yang diberikan.

Kini kamu tahu apa maknanya dan apa yang harus dilakukan. Jadi bukan saatnya lagi ikut-ikut orang lain untuk memberikan mas kawin ini. Namun jika sekiranya keberatan, kamu bisa memilih mahar kawin yang lain.



3. Tasbih 33 Butir atau 99 Butir

sumber: bukalapak.com

Tasbih 33 butir atau 99 butir adalah salah satu bagian dalam alat sholat. Jangan lupa untuk sertakan tasbih dalam mas kawin darimu. Tasbih ini memiliki makna indah untuk diberikan pada calon istri.

Maknanya adalah supaya istri tidak lupa terhadap Allah. Istri diharapkan untuk terus berdzikir atau bertasbih.

Kamu akan menjadi pemimpin istri dan anak-anak. Oleh karena itu kamu harus memastikan kemaslahatan mereka semua. Dengan memberikan mas kawin ini maka tanggunganmu sudah jelas.

4. Sajadah

sumber : https://handmadenesia.com/

Seperangkat alat sholat akan kurang jika tidak ada sajadahnya. Sertakan juga sajadah jika kamu memberikan mas kawin berupa alat sholat. Sajadah ini memberi makna bahwa istri harus tetap bersujud kepada Allah.

Makna lainnya, suami harus bisa memberikan tempat ibadah yang layak. Makna-makna utama ini membuahkan makna tersurat lain. Yang mana juga harus kamu ketahui jika mantap memberikan sajadah.

Kamu harus bisa bertanggung jawab atas istri. Tanggung jawab ini tak lain untuk menafkahinya. Baik itu memberinya makan, tempat tinggal, dan pakaian yang layak.

5. Jilbab

sumber : blibli.com

Selain beberapa hal di atas, bisa juga ditambahkan jilbab. Jilbab ini bisa menyempurnakan mas kawin yang kamu berikan. Dengan memberikan jilbab bisa dipastikan kamu menjaga privasi calon istri.

Calon istri diharapkan tidak mengumbar auratnya setelah menikah. Juga diharapkan supaya calon istri bisa menjaga kerahasiaan rumah tangganya. Sehingga, wajar saja jilbab ini disertai dengan baju muslim. Mahar seperangkat alat sholat ini sifatnya opsional.



Harga Mas Kawin Seperangkat Alat Sholat

  • Harga 1 paket seperangkat alat sholat memang relatif murah. Mukena atasan dan bawahan mungkin sekitar Rp100 sampai Rp300 ribu saja. Harga yang lebih murah bisa didapatkan jika memilih mukena terusan.
  • Harga Al Quran, tasbih, dan sajadah juga tidak mahal. Meskipun harganya tidak mahal. Namun, harus kamu sadari bahwa tanggung jawabnya tidak ringan.

Penutup

Dari bahasan di atas, kamu sudah tahu apa yang harus dipertanggungjawabkan. Jika kamu memberi seperangkat alat sholat, maka kamu juga harus bisa menuntun istri.

Kamu juga harus bisa membimbing calon istri ke jalan Allah yang benar. Dalam seperangkat alat sholat untuk mas kawin kamu sudah tahu apa saja isinya. Mukena, Alquran, tasbih, sajadah, dan lainnya. Tak semuanya wajib Ada berikan.



Kamu bisa memberikan beberapa diantaranya saja. Sebelum memberikan ingat kembali apa maknanya. Supaya kamu bisa memahami besarnya tanggung jawab setelah menikah. Itulah mengapa, mas kawin seperangkat alat sholat memang sarat makna filosofis yang bernilai religius.


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply