Kumpulan Kata-Kata Undangan Pernikahan Lewat WA dan Medsos

Kumpulan Kata-Kata Undangan Pernikahan Lewat WA dan Medsos

kata-kata undangan pernikahan lewat WA
Yuk share tulisan ini :

Menyusun kata-kata undangan pernikahan lewat WA (Whatsapp) atau media sosial seperti facebook dan instagram terkadang membingungkan. Nah, beberapa contoh berikut ini mungkin akan menginspirasi kamu.



Memilih kata-kata undangan pernikahan lewat WA  (Whatsapp) atau media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya tidak boleh dianggap sepele. Alih-alih ingin menghemat waktu, bisa saja orang yang diundang malah tidak berkenan dengan kalimat yang kamu gunakan. Sebab, selama ini masyarakat sudah lebih terbiasa dengan undangan bentuk fisik.

Format undangan via WhatsApp atau media sosial ini tidak harus sama dengan undangan formal pada umumnya. Tetapi, kamu harus perhatikan penggunaan kalimat dan kejelasan informasi di dalamnya. Nah, supaya tidak salah dalam pemilihan kalimatnya, simak penjelasan dan beberapa contoh penyusunannya di bawah ini.

Tips dan Tata Cara Menulis Undangan Digital

Di luar informasi acara seperti tanggal, waktu dan tempat, yang wajib ada dalam undangan, ada tiga faktor penting lainnya. Dalam menyusun kata-kata undangan pernikahan digital, kamu harus memperhatikan bahasa, penulisan dan jenis font. Mengapa harus demikian?

  • Pertama, bahasa harus disesuaikan dengan suku atau adat di lingkungan kamu. Gunakan bahasa daerah yang baik dan benar jika memang itu dibutuhkan untuk mengundang orang-orang tertentu. Namun lebih disarankan menggunakan bahasa Indonesia agar dapat dipahami oleh semua orang.
  • Kedua, masalah penulisan juga tak kalah penting dalam membuat kata-kata undangan pernikahan lewat WA dan media sosial. Jangan beranggapan karena ini adalah media sosial, jadi kamu bisa sembarangan menyingkat kata. Anggap ini adalah undangan resmi, jadi kamu harus menggunakan teknik penulisan yang sesuai PUEBI.
  • Ketiga, jenis font memang tidak terlalu diperhatikan kebanyakan orang, tetapi ini bisa mempengaruhi kualitas undangan. Pilih font bawaan dari aplikasi WhatsApp atau media sosial agar mudah terbaca. Kalaupun ingin mempertegas sebuah informasi, cukup tebalkan teks atau gunakan huruf kapital.

Baca juga : 



6 Contoh Kalimat Undangan Pernikahan Lewat WA atau Medsos

Membagikan undangan pernikahan lewat media digital sebaiknya tidak perlu bertele-tele. Usahakan Isinya dibuat sesingkat mungkin, namun informasinya jelas. Ada beberapa gaya penulisan yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • kalimat undangan dengan bahasa santai,
  • kalimat undangan dengan bahasa formal,
  • kalimat undangan dengan bahasa daerah,
  • kalimat undangan dengan unsur agama.

Di bawah ini adalah contoh kata-kata undangan pernikahan melalui WA dan media sosial yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Undangan pernikahan untuk teman atau sahabat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada teman-teman sekalian, dengan pesan ini saya ingin menyampaikan sebuah kabar bahagia. Saya mengajak kalian semua untuk datang ke acara pernikahan saya pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Semoga teman-teman semua bisa datang ke acara yang membahagiakan bagi saya ini. Terima kasih banyak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Baca juga : 


2. Undangan untuk teman kerja dan bos di kantor

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada teman-teman kerja dan pimpinan kantor, dengan pesan ini saya ingin mengundang Anda sekalian ke acara pernikahan saya. Adapun acara tersebut akan diadakan pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Saya harap teman-teman dan Bapak/Ibu pimpinan dapat menyempatkan diri hadir di acara tersebut. Terima kasih banyak atas waktu dan perhatian rekan-rekan sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Undangan untuk umum

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan hormat, izinkan saya mengundang Saudara/Saudari untuk menghadiri acara pernikahan kami, [kamu] dan [pasangan]. Acara pernikahan kami akan diadakan pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Akan menjadi suatu kehormatan apabila Saudara/Saudari berkenan hadir di acara kami.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Undangan untuk orang penting

Kepada: Bapak/Ibu …..

Perihal: Undangan Pernikahan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bersama dengan undangan ini, saya turut mengundang Bapak/Ibu Kepala Desa untuk hadir di acara pernikahan kami.

[nama kamu dan pasangan]

Pesta pernikahan akan digelar pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Demikian undangan dari kami, yang sedang berbahagia. Kami berharap Bapak/Ibu Kepala Desa berkenan untuk hadir di acara kami ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



5. Undangan pernikahan bernuansa Islam

Diawali dengan kata-kata mutiara atau terjemahan potongan ayat Alquran tentang pernikahan. Misalnya QS. An Nuur ayat 32, QS. Adz Dzariyaat ayat 49), QS. At Taubah ayat 71, dan sebagainya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan rahmat dan rida Allah SWT, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara ke acara pernikahan kami. InsyaAllah acara pernikahan ini akan berlangsung pada:

Hari dan Tanggal, [Waktu] di [Lokasi]

Kami sangat berharap Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berkenan menghadiri acara pernikahan ini . Terima kasih banyak atas perhatian yang diberikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Baca juga : 


6. Undangan pernikahan bernuansa Kristen

Awali dengan kutipan ayat dari Alkitab tentang pernikahan.

Kami yang berbahagia [nama kamu dan pasangan], mengundang Saudara/Saudari untuk hadir di pemberkatan nikah kami, pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Sungguh kami mengharap kehadiran Saudara/Saudari sekalian untuk memberikan doa resmi.

Dari kami yang berbahagia

Keluarga [nama kamu] dan keluarga [nama pasangan]

Penutup

Itu tadi beberapa contoh kalimat sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membuat undangan pernikahan digital dengan berbagai gaya. Dalam membuat undangan lewat WhatsApp atau media sosial, yang terpenting adalah singkat dan jelas. Sebab, kebanyakan orang biasanya enggan membaca pesan yang terlalu bertele-tele.

Bila perlu tambahkan gambar sebagai daya tarik visual agar penerima undangan lebih tertarik untuk membaca. Bisa berupa foto atau sekadar dekorasi untuk melengkapi kalimat undangan yang kamu susun. Semoga contoh tadi bisa menginspirasi kamu yang sedang mencari ide membuat undangan digital.



Pemilihan kata-kata undangan pernikahan lewat WA atau media sosial ini sekilas memang terlihat sepele. Namun, untuk mengundang seseorang ke sebuah acara penting, gunakan format yang baik dan benar sesuai kriteria di atas. Ini juga termasuk salah satu hal yang harus kamu pikirkan sebagai persiapan pernikahan.

Sumber gambar utama : stackpathcdn.com


Yuk share tulisan ini :

One Reply to “Kumpulan Kata-Kata Undangan Pernikahan Lewat WA dan Medsos”

  1. Izin copas

Leave a Reply