9 Persiapan Menikah untuk Pria yang Wajib Diketahui

persiapan menikah untuk pria
Yuk share tulisan ini :

Menikah merupakan rencana masa depan jangka panjang yang sangat diperhitungkan terutama bagi kaum pria. Namun, untuk menuju jenjang pernikahan itu sendiri tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal mengenai persiapan menikah untuk pria yang harus benar-benar diperhatikan.



Persiapan menikah memanglah terlihat cukup sulit. Meski begitu, jika kita sebagai pria mengetahui persiapan menikah lebih awal, tentu sedikit membantu meringankan beban selama menjalankan persiapan. Nah, apa saja persiapan yang harus kamu ketahui sebagai pria sebelum menikah? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Hal-Hal yang Perlu Pria Siapkan Sebelum Menikah

Saat sepasang kekasih memutuskan untuk menikah, bukan hanya calon pengantin wanita saja yang membutuhkan persiapan. Calon pengantin pria juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Beberapa persiapan pernikahan yang harus dilakukan pria sebelum menikah, di antaranya:

1. Mengumpulkan uang untuk biaya pernikahan

Hal yang harus kamu persiapkan sebagai calon mempelai pria adalah mengumpulkan uang, atau bahasa halusnya adalah menabung terlebih dahulu. Bagaiman pun juga, jika diperhatikan memang biaya pernikahan akan menguras isi tabunganmu.

Biaya pernikahan terkadang juga akan melambung tinggi dan tidak sesuai dengan perencanaan awal. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ada baiknya jika kamu mempersiapkan jauh-jauh hari perihal keuangan yang nantinya akan digunakan untuk biaya pernikahan.

2. Menetapkan dan mendata pengeluaran biaya pernikahan

Saat ini, memang hampir segala hal selalu berkaitan dengan uang, begitu pun dengan pernikahan. Sudah menjadi tradisi umum juga jika mempelai pria lah yang harus mempersiapkan biaya pernikahannya. Walaupun, tak sedikit pula pasangan yang memilih untuk menanggung bersama-sama pengeluaran untuk acara pernikahan mereka.

Jika kamu akan segera melangsungkan pernikahan, lebih baik kamu mempersiapkan jauh-jauh hari mengenai manajemen pengeluaran pernikahan. Hal ini bertujuan agar nantinya pengeluaran pada saat berlangsungnya pernikahan tidak membengkak. Jika hal seperti itu terjadi, kamu tak akan bisa menikmati masa-masa di pelaminan.

Mengatur jalannya pengeluaran uang juga harus diperhatikan apalagi jika kamu dan pasanganmu memiliki ketentuan sesuai adatnya masing-masing. Mengingat tak sedikit pasangan yang berasal dari dua kebudayaan berbeda dan tentu saja ketentuan-ketentuan yang ditetapkan juga berbeda. Jangan sampai kamu kaget dan mempermasalahkannya.

3. Menyiapkan berbagai perlengkapan acara

Persiapan Menikah untuk Pria

Selain dengan memanajemen pengeluaran, menyiapkan berbagai perlengkapan pernikahan juga tak kalah pentingnya untuk kamu pikirkan. Meskipun terlihat ribet dan cukup menguras tenaga dan pengeluaran, kamu juga harus memperhatikan hal ini. Tanyakan kepada pasanganmu, apa saja yang mesti dipersiapkan ketika mau menikah.

Perlengkapan yang dipersiapkan dalam pernikahan cukup bervariasi, seperti souvenir, dekorasi, catering, hingga undangan. Baru memikirkannya sebentar saja sepertinya memusingkan, namun itu juga merupakan hal yang wajib kamu pikirkan. Tak hanya itu, kamu juga harus memikirkan mengenai penampilan, seperti jas, sepatu, gaun, biaya make up, dan lain-lain.



4. Mengurus dokumen dan syarat sah pernikahan

Persiapan nikah yang satu ini tentu tak boleh sampai terlewatkan. Bahkan, harus menjadi prioritas utama yang harus dipersiapkan. Karena persyaratan yang satu ini memang wajib dipersiapkan sebelum kamu melangsungkan acara pernikahan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membuat dokumen dan juga syarat sah nikah itu sendiri meliputi :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Pas foto
  • Materai
  • Ijazah
  • dan masih banyak lagi

Selain itu, kamu juga harus mengurus surat pengantar dari desa, bahkan hingga tes kesehatan terlebih dahulu.


Baca juga :


5. Menyiapkan cincin kawin dan mahar pernikahan

Persiapan Menikah untuk Pria

Salah satu persiapan sebelum menikah untuk laki-laki dalam Islam adalah mahar. Harus kamu ketahui, mahar memiliki makna yang mendalam sehingga kamu tidak boleh sembarangan dalam menentukannya. Misalnya saja, jika kamu akan memberikan mahar berupa uang tunai, maka kamu sudah memiliki komitmen untuk menafkahi pasanganmu.

Mahar bisa berupa cincin kawin, bisa juga mahar diberikan secara terpisah sementara cincin kawin hanya diperuntukkan sebagai simbol ikatan. Namun, sebagai informasi tambahan, calon istri bisa saja menerima atau bahkan menolaknya. Sebaiknya, kamu mendiskusikan dengan calon istri terlebih dahulu mahar apa yang paling tepat.

6. Mencari lokasi acara pernikahan

Persiapan selanjutnya yang tak kalah penting untuk kamu pikirkan adalah mengenai tempat atau lokasi di mana pernikahanmu akan dilangsungkan. Sebaiknya, tempat pernikahan ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Mengapa? Karena hal ini sedikit banyak akan berpengaruh pada manajemen pengeluaran yang sudah dipersiapkan.

Jika kamu akan melaksanakan pernikahan di gedung pernikahan, lebih baik kamu memesannya jauh-jauh hari sebelum pelaksanaannya berlangsung. Hal ini disebabkan lantaran harga yang dipatok akan menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan memesan pada waktu mendekati hari-H pernikahan.

7. Mempersiapkan bulan madu paling romantis untuk pasangan

Setelah acara resepsi selesai, tak seru jika tak ada bulan madu, keluar negeri misalnya.  Sebagai pasangan yang romantis, kamu juga lebih baik mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar uang tak habis hanya untuk biaya resepsi pernikahan saja.

Namun perlu diperhatikan, jika persiapan bulan madu ini tak harus yang mewah. Sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu. Jangan sampai biaya hidup nantinya terkuras habis hanya untuk bulan madu.

8. Mempersiapkan tempat tinggal

Persiapan Menikah untuk Pria

Meskipun persiapan yang satu ini tidak wajib, namun tak ada salahnya jika kamu juga mempersiapkannya. Mau tinggal dimana nanti setelah menikah? Tinggal bersama kedua orang tua, atau membangun rumah baru? Apa pun keputusan yang akan diambil oleh cowo setelah menikah, harus tetap dipikirkan jauh-jauh hari.

9. Mengurus pasangan yang mendadak sensitif menjelang hari pernikahan

Persiapan menikah untuk pria yang terakhir ini memang agar rumit bagi pria. hehe

Seperti yang kamu ketahui, bagaimana pun yang namanya perempuan, segala sesuatu pasti dianggap sebagai beban. Bahkan, tak jarang jika segala sesuatu itu dipikirkan terlalu mendalam. Sebagai calon suami, tentu sudah seharusnya kamu berusaha untuk menenangkannya.

Kalau kamu tak bisa mengatasinya, bukan hal yang tak mungkin jika hubungan yang kamu jalin dengan pasangan akan semakin keruh dan endingnya gagal nikah. Jangan sampai hal itu terjadi, ya.

Menikah memang hal yang wajib dipikirkan dan dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Ada banyak hal yang menuntut seorang pria untuk mempersiapkan dan memikirkan beberapa list yang harus dipersiapkan untuk pernikahan. Jangan sampai kamu melupakannya dan ibadah sakral ini tak dapat kamu nikmati.



Nah, itu tadi berbagai hal mengenai persiapan menikah untuk pria yang harus dipikirkan dan dipersiapkan dengan baik. Selain beberapa hal di atas, masih banyak hal-hal lain yang belum tercantum pada pembahasan tadi. Kamu dapat menanyakannya kepada orang yang lebih berpengalaman, minimal kepada orang tua. Sekian dan selamat menempuh hidup baru.

Sumber gambar utama : kumparan.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time