Pakem Susunan Acara Lamaran Umum Di Indonesia

susunan acara lamaran
Yuk share tulisan ini :

Menjelang pernikahan tentu berjuta rasanya, bahagia dan stress bercampur menjadi satu bahkan sejak persiapan acara istimewa tersebut. Salah satunya adalah merancang konsep susunan acara lamaran dengan prosesi yang biasanya digelar di rumah calon mempelai wanita. Lamaran artinya kedatangan pihak keluarga pria untuk meminang wanita pujaannya secara resmi.



Prosesi ini dilakukan paling tidak tiga atau enam bulan sebelum akad pernikahan. Beberapa suku di nusantara memang mempunyai pakem prosesi lamaran tersendiri yang sering jadi pemicu perbedaan pendapat. Agar kamu tidak kebingungan menjelang hari bahagia itu, simak dulu ulasan berikut.

Rundown Acara Lamaran Secara Umum

Sebenarnya untuk acara lamaran sendiri ada susunan acara pokok yang dapat diaplikasikan pada pakem tradisi apa pun. Inilah gambaran rundown acara lamaran tersebut yang nantinya bisa kamu modifikasi di sesuai keinginan.

1. Mempelai pria hadir bersama keluarga

Sumber : thebridedept.com

Prosesi lamaran diawali dengan kedatangan calon pengantin pria bersama keluarga. Umumnya calon mempelai berada di depan didampingi orangtua dan di belakang adalah anggota keluarga besar berbaris sambil membawa seserahan.

Pembawa acara (anggota keluarga sendiri, MC dari WO, dan lain-lain) mengucapkan selamat datang. Biasanya MC juga menyebutkan nama calon mempelai serta kedua orangtua atau pendamping. Rombongan pelamar lalu dipersilahkan duduk berhadapan dengan keluarga besar calon mempelai wanita. Para orang tua duduk di row paling depan.

2. Pembukaan

Susunan Acara Lamaran
Sumber : bridestory.com

Acara berikutnya adalah pembukaan dengan MC menyampaikan terima kasih sebagai perwakilan keluarga besar pihak wanita atas kehadiran keluarga pelamar. Biasanya acara lamaran tidak terlalu formal atau kaku, MC yang berpengalaman tentunya bisa mencairkan suasana dengan obrolan-obrolan ringan yang mengundang tawa.

Kamu juga bisa meminta MC untuk menyampaikan monolog singkat yang mengenang awal pertemuan dengan pasangan. Untuk membuat suasana semakin santai, sebelumnya ceritakan hal-hal yang lucu tentang kamu dan pasangan kepada MC sebagai bahan pembicaraan.

3. Sambutan acara lamaran

Susunan Acara Lamaran
Sumber : thebridedept.com

Tahap berikutnya suasana akan menjadi lebih serius dimana perwakilan calon pengantin pria menyampaikan sambutan. Inti dari sambutan adalah mengungkapkan tujuan kedatangan keluarga besar ke rumah pihak wanita. Tujuannya tentu saja untuk meminang calon mempelai perempuan.

Pihak perwakilan keluarga pria akan menyampaikan pertanyaan wajib, apakah maksud calon mempelai pria beserta keluarga diterima dengan baik oleh pihak wanita. Jawaban perwakilan pihak wanita menegaskan bahwa itikad baik dari keluarga besar calon pengantin pria disambut dengan baik pula.

Sambutan lamaran bisa juga menggunakan bahasa daerah masing-masing. Seperti bahasa Jawa, bahasa Lampung, dan lainnya.

4. Mempelai wanita dipanggil ke dalam ruangan

Pada prosesi awal hingga penyampaian maksud kedatangan pihak pria, calon mempelai wanita boleh hadir di ruangan, atau menunggu di kamar. Bila memang calon pengantin wanita tidak dihadirkan, setelah pernyataan penerimaan kedatangan pihak pria, barulah dia dipanggil.

Calon mempelai wanita yang telah berdandan anggun akan memasuki ruangan dengan didampingi saudara serta para sahabat wanitanya. Momen ini biasanya akan dramatis karena semua hadirin terpesona dengan kecantikan calon pengantin. Untuk merealisasikan hal ini pastikan kamu memilih MUA yang tepat, ya!



5. Penyerahan seserahan

Susunan Acara Lamaran
Sumber : thebridedept.com

Setelah calon pengantin wanita hadir, prosesi selanjutnya adalah pemberian seserahan secara simbolis. Calon mempelai pria bisa menyerahkan buket bunga, hadiah istimewa seperti perhiasan atau jam tangan, dan sebagainya. Untuk seluruh seserahan yang lain cukup diberikan kepada perwakilan keluarga pihak wanita.

Kalau bingung memilih isi seserahan, kamu bisa mempertimbangkan barang-barang yang berhubungan dengan hobi atau profesi. Contohnya, seperangkat peralatan pendakian, gitar, stetoskop, atau hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Berpikir out of the box tentu membuat acara lamaran semakin mengesankan.


Baca juga : 


6. Tukar cincin

susunan acara lamaran
Sumber : liputan6.com

Prosesi tukar cincin sebenarnya opsional. Bila kedua calon pengantin menghendakinya, acara ini bisa dilakukan, tetapi bila tidak dilewati pun tak masalah. Pada acara tukar cincin pun ada dua pilihan cara. Pertama, cincin tunangan dipasangkan langsung oleh calon mempelai pria kepada pasangannya.

Kedua, cincin pertunangan dipasangkan oleh ibu calon mempelai pria kepada calon menantunya. Selain cincin, boleh juga digunakan perhiasan lain untuk menunjukkan ikatan pertunangan, seperti kalung atau gelang. Yang paling penting semua yang dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

7. Perkenalan kedua keluarga

Yang tak boleh ketinggalan dalam susunan acara lamaran sederhana di rumah ataupun pada venue yang diinginkan adalah perkenalan keluarga. Inilah momen yang bisa mencairkan suasana kembali setelah tahap sebelumnya yang sedikit formal.

Acara perkenalan biasanya dimulai dengan menyebutkan nama-nama keluarga inti calon pengantin, kemudian dilanjutkan dengan keluarga besar yang hadir pada kesempatan tersebut. Kalau mau kamu juga bisa memberi suguhan hiburan seperti pertunjukan music yang simple, menggelar acara dansa bersama, dan lain-lain.

8. Penutup

Setelah rangkaian acara lamaran sudah dilalui seluruhnya, berikutnya adalah penutup dan ini wajib diakhiri dengan doa. Dalam doa tersebut akan disampaikan permohonan agar niat baik kedua calon mempelai berjalan lancar hingga acara pernikahan.

Pembaca doa bisa salah satu anggota keluarga yang dipandang layak atau pemuka agama yang diundang khusus. Bila anggota keluarga kedua belah pihak calon pengantin memiliki keyakinan yang beragam, doa penutup dapat dilakukan sendiri-sendiri dengan dipimpin MC.

9. Foto bersama

Susunan Acara Lamaran
Sumber : thebridedept.com

Walaupun acara foto bersama memang tidak wajib, tetapi dalam momen prosesi lamaran sederhana sekali pun kurang pas rasanya kalau terlewatkan. Foto-foto lamaran tentunya akan menjadi pengingat momen istimewa tersebut yang dapat dikenang seumur hidup hingga anak cucu.

Kamu bisa mengadakan sesi pemotretan dengan fotografer profesional baik di dalam atau luar ruangan. Lakukan saja dengan santai, hitung-hitung jadi kesempatan untuk mempererat hubungan dengan keluarga baru, bukan?



10. Makan bersama

Makan bersama tak pernah terlewatkan dalam berbagai gelaran acara orang Indonesia. Apalagi inilah yang kerap menjadi topic pembicaraan para tamu yang hadir. Kamu bisa memilih menu-menu lezat yang praktis dikonsumsi, tidak merepotkan untuk menyantapnya, serta tak berpotensi mengotori pakaian.

11. Penyerahan seserahan kepada pihak pria

perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan
Sumber : weddingku.com

Banyak yang menyebut acara ini sebagai balasan seserahan. Jadi saat keluarga pihak calon mempelai pria hendak pamit, pihak wanita memberikan seserahan untuk si calon pengantin pria. Isinya bisa seperangkat busana, jam tangan, parfum, atau makanan.

Nah, itulah garis besar susunan acara lamaran yang bisa menjadi referensi kamu. Diskusikan dahulu semuanya dengan baik bersama calon pasangan kamu dan panitia acara atau pihak WO (Wedding Organizer). Utamakan komunikasi dua arah untuk menghindari kesalahpahaman pihak-pihak yang terlibat. Selamat berbahagia, ya!

Sumber gambar utama : liputan6.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time