Hemat ! Biaya Lamaran Sederhana Hanya 3 Juta

Yuk share tulisan ini :

Berapa sih kira-kira biaya lamaran sederhana ?

Mungkin bagi sebagian orang lamaran itu adalah suatu hal yang ribet dan perlu banyak biaya. Apalagi dengan standar lamaran jaman now yang bikin ekspektasi setiap pasangan semakin tinggi.

Yaps, prosesi lamaran kekinian memang unik-unik banget.

Ada yang memilih melamar kekasihnya dengan biaya fantastis yaitu dengan memasang reklame raksasa di pinggir jalan raya, ada juga yang melamar kekasihnya dengan cara ekstrim menantang adrenalin dengan melompat dari ketinggian 20.000 kaki.

Bahkan ada juga lamaran seperti yang sudah dilakukan para artis papan atas ibu kota  yang sangat meriah nan mewah layaknya resepsi pernikahan ? seperti video di bawah ini.

Hmm, memang gak ada yang salah dengan itu semua, tapi berhubung kondisi finansial orang berbeda-beda, pastinya setiap orang punya pilihan masing-masing ya.

Karena pada dasarnya dalam agama apapun itu, lamaran adalah suatu pengungkapan isi hati secara sederhana namun syarat maksud dan arti. Jadi bener-bener gak ada salahnya lho melamar orang yang kita cintai hanya bermodal yakin, ikhlas, dan berani bertanggung jawab dengan apa yang dikatakan.

Tapi, agar momen yang syarat maksud dan arti itu bisa dinilai lebih serius lagi, keluarga harus turut hadir dan menjadi saksi atas keseriusan pasangan tersebut untuk lanjut ke jenjang selanjutnya, yaitu pernikahan.



Baca juga :


Tips Agar Biaya Lamaran Sederhana Bisa Hemat

Nah, disini saya akan membagikan cerita dan tips untuk kalian yang akan melakukan prosesi lamaran nikah sederhana di rumah dengan melibatkan keluarga namun dengan budget yang hemat.

1. Hitunglah Berapa Orang yang Akan Hadir

Mengetahui berapa jumlah orang yang akan hadir itu hal yang paling penting dalam menentukan budget loh guys, terutama untuk menentukan dimana tempat lamaran akan dilaksanakan dan menentukan hidangan makanan serta minumannya.

Ada sedikit cerita tentang pengalaman lamaran pernikahan saya yang dilakukan pada tahun 2018 lalu, tepatnya bulan November.

Saya dan suami (masih calon kok waktu itu hehe) hampir berantem gara-gara saya setiap hari bertanya kira-kira berapa orang yang akan hadir, soalnya kalau memang mau ajak keluarga besar serta para tetangga (takutnya adat tradisi orang beda beda yakan ).

Saya sebagai pihak perempuan akan mempertimbangkan untuk reservasi restoran yang cukup luas untuk menampung keluarga besar calon suami dan keluarga saya juga.

biaya lamaran sederhana
Ilustrasi hidangan saat lamaran

Tapi keputusan finalnya ternyata yang akan hadir dari calon suami hanya keluarga terdekat, totalnya sekitar 15 orang saja ditambah keluarga saya yang juga hanya 15 orang. Dipikir-pikir kalau cuma segitu kan cukup banget lamaran dirumah dan gak perlu sewa restoran.  Nah, karena perkiraan bakal ada 30 orang, maka porsi makanan yang akan dihidangkan itu 60 porsi.

Mungkin ada yang berpikir kok 60 porsi ? kan yang hadir cuma 30 orang ?

Ya emang gitu kalau itung porsi makanan, harus bin wajib siapin minimal dua kali lipat dari tamu yang hadir. Bisa jadi ada yang mau nambah, ada tambahan teman yang datang, atau barangkali ada yang pengen bungkus buat dibawa pulang.. lebih baik kelebihan kan dari pada kekurangan.

Akhirnya setelah mempertimbangkan menu makanan dan minuman apa saja yangakan dihidangkan, pengeluaran untuk FnB (Food and Beverage) lamaran saya adalah 1,8 juta.

Rinciannya yaitu :

  • 1,5 juta makanan utama
  • 300 ribu nya snack kue kecil, pudding, es sirup, buah buahan dan air mineral

Semuanya tergantung sama menu yang dipilih, domisili kamu berada, harga komoditi pasar dan carut marut politik yang terjadi hehe

2. Seragam dan Dekorasi

Kita bahas seragam terlebih dahulu…

Pasti sering lihat kan pasangan yang lamaran terus memakai baju kembaran  (couple) atau bahkan baju yang terbilang “super niat” udah mirip kaya nikahan ?

Yap, anak jaman sekarang mah udah gak aneh lah ya. Karena mempertimbangkan pakaian terbaik itu bagian dari estetika di era digital yang serba diabadikan ini.

Saya dan suami juga dulu pake baju kembaran yaitu Batik dengan budget yang pas-pasan kami gak pengen kalau lamaran juga terlampau seadanya. Anak jaman sekarang mah harus kreatif lah ya, mau kece gak perlu mahal kok.

Rinciannya :

  • Beli kain batik di Olshop cuma 55 ribu, beli 2 jadi 110 ribu
  • Lalu jahit baju masing masing cuma 70 ribu, jahit 2 baju jadi 140 ribu
  • So total 250 ribu udah bisa jadi baju couple kece, gak pasaran dan yang pasti memorable

Saya saranin sih pilih batik dengan warna dan motif yang cerah, batik saya dan suami dulu berwarna peach muda dengan motif batik garutan, jadi gak kolot gitu.



Lalu bagaimana dengan dekorasinya ?

biaya lamaran sederhana
Contoh dekorasi lamaran sederhana Rustic

Nah, perihal dekorasi saya bikin sendiri alias Do It Yourself (DIY), lemari pajangan besar dirumah, saya balikin terus belakangnya ditutup sama spanduk yang saya desain sendiri. Kemudian saya hias deh dengan balon foil, tirai foil, bunga plastik, kain tille dan lain lain.

Kalau ditotal sih cuma keluar uang 250 ribuan udah jadi background minimalis tapi kece.


Baca Juga :


3. Parsel

Kalau masalah ini tergantung budaya masing masing keluarga sih, ada yang pas lamaran cuma kasih parsel makanan aja, ada juga yang pas lamaran udah kasih parsel seserahan pernikahan. Jadi pas acara nikahan pihak mempelai pria gak bawa seserahan lagi.

biaya lamaran sederhana
Sumber : Imgarchive.online

Nah, calon suami saya termasuk yang cuma bawa parsel makanan aja. Karna emang budaya nya begitu, seserahan itu dibawanya pas hari pernikahan nanti. Parsel makanan tentunya lebih banyak dibawa oleh pihak calon suami, dulu suami saya bawa buah buahan, kue tradisional, kue bolu, kue basah dan kering dan donat 1 lusin.

Mungkin totalnya gak sampai 500 ribu sih. Kalau dari pihak saya, bawain juga parsel balik buat dibawa pulang keluarga calon suami, cuman kue 3 kotak sih, kurang lebih seharga 200 ribu.

4. Fotografer

Naaaah ini nih yang paling menjadi fokus utama anak-anak jaman now, yaps.. proses mengabadikan momen yang standar nya makin tinggi sekarang apalagi sejak adanya Instagram ya, hehe pokonya kudu bin wajib Instagrammable biar dapet like dan komen banyak, siapa tau bisa jadi Selebgram terus diendorse yakaaan haha.

Menurut saya balik lagi ke pilihan masing masing sih, ada yang sampai menyewa jasa fotografer profesional ada juga yang cukup mengabadikan momen dengan jepretan kamera smartphone kekinian yang udah bagus bagus kualitasnya.

Saya termasuk yang pakai jasa Fotografer sih hehe, dengan alasan saya dan suami waktu itu sepakat gak akan foto Pre Wedding lagi, jadi kita pengen pakai foto lamaran ini sebagai foto Pre Wedding kita.

biaya lamaran sederhana
Foto saya dan suami saat lamaran

Nah, berhubung sang Fotografer Profesionalnya adalah Sahabat dari suami, jadi saya gak bayar deh. Kata dia, lamaran mah gak usah bayar.. asal foto nikahan nanti pakai jasa dia juga.. ya itumah pasti atuhlah, udah ada Sahabat berprofesi jadi Fotografer ngapain cari yang jauh lagi yakan ?

Bagi kalian yang niat berhemat, menurut saya hasil jepretan kamera smartphone sekarang udah bagus-bagus kok, asal kalian perhatikan lighting, pose foto dan sentuhan akhirnya tinggal diedit pakai aplikasi edit foto kekinian pasti bakal jadi deh hasil foto yang kece buat dipost di Instagram hehe



Akumulasi Keseluruhan Biaya Lamaran Sederhana

Supaya lebih jelas dan memudahkan berikut ini adalah rincian keseluruhan biayanya.

No Kebutuhan Biaya 
1 Food and Beverages (Makanan dan Minuman) 1.800.000
2 Seragam Kain Batik @ 55.000 x 2 110.000
3 Jahit Batik @ 70.000 x 2 140.000
4 Parsel dari Calon Suami 500.000
5 Oleh-oleh Kue dari Saya 200.000
6 Dekorasi 250.000
Total 3.000.000

Nah, ternyata lamaran gak perlu biaya banyak kan ? Kita harus banget ubah mindset deh dari sekarang, karena anak muda jaman now harus kreatif dan gak boleh kalah sama keadaan, kita yang harus pinter-pinter cari celah.

Itulah sekelumit cerita tentang biaya lamaran sederhana yang saya alami sendiri, mungkin besarannya akan berbeda jika prosesi dilakukan pada tahun 2019 ini. Rincian tersebut berlaku juga untuk biaya tunangan sederhana.


Baca juga : 


Jangan buru-buru pesimis gak bisa lamaran ala-ala sekarang, semuanya kembali lagi sama niat dan tekad yang kuat. Ayo jangan tunda lamaran, nanti calonmu keburu diambil orang lho ! Telat sedikit aja, bakal jadi tamu undangan deehh.. Uuuuppssss.

Sumber gambar utama : thumblr


Yuk share tulisan ini :

20 Replies to “Hemat ! Biaya Lamaran Sederhana Hanya 3 Juta”

  1. Dicky FEBRIYANTO says: Reply

    Assalamualaikum pengen sperti itu kak makasih saran infonya

    1. Meidiana Putri says: Reply

      Semangat ka .. semoga lancar acara lamaran dan pernikahannya

  2. Otw kak doakan

    1. Meidiana Putri says: Reply

      Aamiin, semoga lancar mas

    2. Makasih sarannya mbak, segera nyusul

      1. roman abdullah says: Reply

        alhamdulilah dapet pencerahan soal prosesi lamaran. dan doa kan saya ka semoga sampe ke lamaran dan pernikahan Amiin

  3. Ade Reva Utama says: Reply

    Terima kasih banyak saran’a, sangat bermanfaat..

    1. Meidiana Putri says: Reply

      Sama-sama 🙂

      1. Seru juga membaca nya , jadi memotivasi buat saya juga . Terimakasih kak 😊

        1. Meidiana Putri says: Reply

          Alhamdulillah. Sama-sama ka 🙂

        2. Agung sulistya says: Reply

          Iya sih setiap daerah berbeda2 adatnya,
          Trimakasih atas saran dan motifasinya berguna sekali, bismillah ingin nyusul,😇

    2. Terus kak kalo soal mahar dan mas kawin gimana??

      1. Meidiana Putri says: Reply

        Ada artikelnya. Silahkan cari di kolom search

  4. Megga Nurdianti says: Reply

    Sangat termotivasi terimakasih banyak kak.

    1. Meidiana Putri says: Reply

      Semoga dilancarkan acara lamaran dan pernikahannya nanti. Aamiin

  5. Osi gosiyah says: Reply

    Kalau lamaran nya cuma bawa makanan ajaa, kueh atau buah2an, terus kumpul2, duduk gitu… Gak di hias lagi rumah nya, tapi kalau pakaian mah iya rapih, makanan pokok pasti di siapkan. Gimana dong ka? {

    1. Meidiana Putri says: Reply

      Gak masalah ko, intinya menyesuaikan dengan kemampuan saja. Tidak harus mengikuti trend juga. Tulisan di atas hanya berbagi pengalaman saja, bukan jadi acuan wajib

    2. Nadia Apriliani says: Reply

      Kak . Ga pakai cincin?

      1. Meidiana Putri says: Reply

        Opsional, tapi yang pasti cincin gak wajib kok. Kalo ada budget dan pengen pake cincin, boleh.

  6. Cincin mana kk? Atau ga pakai cincin? Hehehe

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time