9 Hal Penting yang Harus Dilakukan sebagai Persiapan Lamaran

persiapan lamaran
Yuk share tulisan ini :

Apakah kamu sedang berencana untuk melamar sang pujaan hati? Apa kamu sudah melakukan persiapan lamaran? Prosesi lamaran, walaupun terlihat sederhana namun tahapan ini menjadi penentu dari kelanjutan hubungan kamu dan pasangan hingga sampai pada acara pernikahan.



Prosesi lamaran bisa dikatakan sebagai tahap dimana pihak laki-laki meminta persetujuan atau restu kepada orang tua pihak wanita untuk dinikahi. Tidak hanya itu, hal-hal terkait tanggal pernikahan, mahar, konsep atau tema pernikahan, dan lain sebagainya juga dibahas pada saat lamaran.

Persiapan Lamaran

Oleh karena itu acara lamaran entah itu di rumah atau tempat yang lainnya tetap harus disiapkan dengan matang. Kalau kamu masih bingung apa-apa saja yang mesti disiapkan untuk acara lamaran, simak ulasan berikut.

Cincin

persiapan lamaran

Simbol yang menjadi pengikat hubungan berupa cincin merupakan benda yang mesti dipersiapkan pada saat lamaran. Pilihlah cincin yang sesuai dengan selera kamu dan pasangan serta yang terpenting harus muat di jari kamu. Olehnya itu, sebaiknya kamu membeli cincin tunangan dengan ditemani pasangan.

Pilihan material cincin tunangan diantaranya emas, perak, emas putih hingga berlian.  Jangan lupa untuk mempertimbangkan anggaran. Jika budget kamu terbatas, pilihlah cincin tunangan yang sesuai dengan batas budget yang kamu siapkan khusus untuk pembelian cincin.

Agar cincin tunangan lebih menarik, masukkan dalam kotak cincin yang dapat dihiasi aksesoris seperti pita. Cincin kemudian akan disematkan di jari sang wanita oleh orang tua pihak laki-laki.

Hantaran

Hantaran atau seserahan pastinya tidak boleh ketinggalan pada saat kamu akan melakukan prosesi lamaran. Hantaran merupakan persiapan lamaran untuk laki-laki yang harus dipersiapkan dengan baik. Jenis barang-barang yang akan disiapkan untuk hantaran sebaiknya disesuaikan dengan selera atau kesukaan sang calon mempelai wanita. Agar barang hantaran dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pasangan kamu.

Hantaran yang umum dibawa oleh pihak laki-laki berupa kebutuhan wanita. Seperti pakaian, perhiasan, peralatan ibadah, peralatan mandi, produk perawatan wajah dan kulit, tas, sepatu, dan lain-lain.


Baca juga : 


Biasanya tidak hanya pihak laki-laki yang menyiapkan hantaran. Sebagai bentuk balasan, pihak wanita juga menyiapkan seserahan berupa barang-barang kebutuhan laki-laki. Diantaranya, pakaian, sepatu, tas, alat ibadah seperti sarung, peci, dan baju koko, dan lain sebagainya.

Namun ada juga yang tidak menyertakan barang-barang hantaran seperti di atas. Pada acara lamaran sederhana biasanya pihak laki-laki hanya membawa makanan tradisional atau parsel-parsel saja.

Makanan atau hidangan

biaya lamaran sederhana

Suatu acara lamaran pastinya tidak lengkap jika tidak ada sajian makanan. Jadi selain hantaran, pihak laki-laki maupun wanita menyiapkan makanan. Jenis makanan yang disiapkan bebas atau tidak ada aturan tertentu. Cuman di beberapa daerah biasanya mewajibkan hadirnya makanan khas daerah tersebut.

Makanan yang disiapkan calon pengantin laki-laki biasanya dihias sedemikian rupa seperti halnya hantaran. Sedangkan makanan yang disiapkan calon pengantin wanita umumnya dalam bentuk prasmanan yang disiapkan untuk santapan makan siang atau malam.

Bagi pihak wanita yang menerima tamu dari pihak laki-laki sebaiknya menyiapkan makanan pendamping seperti camilan atau kudapan. Seperti kue kering atau kue basah maupun buah-buahan segar yang dipotong-potong. Makanan merupakan bagian dari persiapan lamaran di rumah bagi mempelai perempuan.



Transportasi

Penyediaan alat transportasi bagi pihak laki-laki yang akan melamar tentunya menjadi hal penting. Apalagi jika lokasi lamaran cukup jauh. Kamu harus mempertimbangkan jumlah keluarga yang turut serta dalam prosesi lamaran dengan jumlah kendaraan yang siap digunakan.

Jika kamu harus melamar di rumah pihak wanita yang sangat jauh hingga menyeberang pulau. Perlu bantuan transportasi udara atau laut maka kamu tidak perlu membawa semua anggota keluarga, cukup perwakilan saja. Hal ini untuk menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi.


Baca juga : 


Keuangan

Persiapan keuangan atau budget merupakan hal paling utama dan terpenting. Rancang dan perinci keuangan kamu jauh-jauh hari sebelum acara lamaran hingga acara pernikahan diadakan.

Buatlah rincian pembiayaan acara lamaran mulai dari budget pembelian cincin, budget buat hantaran, makanan. Selain itu siapkan pula budget buat sewa fotografer untuk mengabadikan momen kamu. Dengan rincian keuangan tersebut akan membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran sekaligus berhemat.

Seragam

Jika kamu memiliki budget yang berlebih, kamu bisa menyiapkan baju seragam untuk anggota keluarga yang akan ikut dalam acara tunangan. Namun jika budget kamu terbatas, kamu cukup menyampaikan pada keluarga untuk memakai pakaian berwarna senada agar terlihat kompak.

Kamu bisa memilih bahan batik untuk anggota keluarga pria dan kebaya untuk anggota keluarga wanita.  Kekompakan kamu dan keluarga yang terlihat dari seragam bisa menjadi nilai plus dan membawa kesan baik bagi keluarga kamu.

Tamu Undangan

Bagi pihak calon mempelai wanita penting untuk mengetahui jumlah tamu undangan dari pihak laki-laki yang akan datang pada saat prosesi pernikahan. Banyaknya tamu undangan yang akan hadir baik dari pihak laki-laki maupun wanita akan disesuaikan dengan jumlah porsi makanan yang disiapkan. Untuk mengantisipasi kejadian makanan yang tidak cukup atau terlalu berlebih.

Umumnya pada acara lamaran, tamu undangan dari pihak laki-laki tidak terlalu banyak karena hanya melibatkan keluarga terdekat dan sahabat. Olehnya itu, komunikasikan kepastian jumlah tamu undangan yang akan hadir dengan pasangan kamu.

Dokumentasi

Untuk mengabadikan moment acara lamaran kamu, perlu ada dokumentasi berupa foto maupun video. Kamu bisa menyewa fotografer pada saat acara lamaran atau kamu bisa menunjuk salah satu anggota keluargamu untuk mendokumentasikan proses lamaran.

Sesi pengambilan foto maupun video bukanlah hal yang urgent dalam persiapan lamaran. Tahapan ini bisa tidak dilakukan, jadi tergantung kebutuhan kedua calon mempelai.

Susunan Acara Lamaran

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah menyiapkan susunan acara lamaran yang akan dilakukan setibanya di rumah calon pengantin wanita. Kamu bisa menyewa jasa MC ataupun menunjuk salah satu perwakilan dari keluarga untuk menjadi juru bicara saat melamar.

Anggota keluarga yang menjadi perwakilan sebaiknya yang dituakan atau dihormati di dalam keluarga. Susunan acara lamaran biasanya dimulai dari pengutaraan maksud atau tujuan kedatangan pihak laki-laki, pemberian hantaran kepada pihak wanita, pemberian cincin tunangan.

Selanjutnya, perkenalan keluarga kedua belah pihak dan penutupan dengan doa singkat. Susunan acara lamaran biasanya juga mengikuti tradisi yang ada di daerah tersebut.



Mempersiapkan lamaran bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kamu dan pasangan dapat mempersiapkan bersama-sama agar prosesi lamaran berjalan sesuai dengan harapan kamu dan pasangan.

Persiapan yang matang akan mengurangi kekhawatiran kamu menjelang acara lamaran. Beberapa poin penting mengenai persiapan lamaran di atas bisa jadi bahan  acuan dalam menyiapkan acara lamaran. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Sumber gambar utama : cermati.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply