6 Contoh Kata-Kata Undangan Pernikahan Islami yang Bermakna

6 Contoh Kata-Kata Undangan Pernikahan Islami yang Bermakna
Yuk share tulisan ini :

Kata-kata undangan pernikahan islami bukan sekedar kata, namun juga berisi do’a dan harapan yang diberikan kepada kedua mempelai. Di dalamnya ada kata & do’a yang penuh makna.



Dalam sebuah undangan pernikahan, kata-kata bukanlah sekedar kata. Akan tetapi lebih kepada doa dan restu yang diminta kedua mempelai kepada para kerabat dan teman dekat yang akan hadir. Untuk itu agar hal ini bisa tersampaikan dengan lebih baik, tidak jarang kata-kata undangan pernikahan islami lebih dipilih.

6 Contoh Kata-Kata Undangan Pernikahan Islami yang Bermakna

kata-kata undangan pernikahan islami
Sumber : haurgeulis.com

Bagi kamu yang juga berpikiran sama, mungkin kata-kata undangan islami di bawah ini bisa membantu. Berikut contoh kata-kata undangan pernikahan yang penuh makna mendalam dan islami :

1. Contoh Kata-kata Pernikahan dengan Mengutip dari Hadits Riwayat Baihaqi

“Jika ada seorang manusia yang belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya selama ini belum sesuai dengan ketetapan Allah SWT. Bagi orang yang sudah menikah berarti ia sudah melengkapi agamanya dengan pernikahan tersebut”.

Rasulullah SAW bersabda :” Barang siapa yang Allah SWT berikan seorang istri yang sholihah, maka telah tertolong sebagian agamanya. Dengan ini, hendaklah bertaqwa hanya kepada Allah separuh lainnya” (HR. Baihaqi).

Kata-kata pernikahan satu ini biasanya ditulis di bagian paling awal sebelum, nama mempelai disebutkan. Bisa berada pada sampul undangan sepenuhnya, atau atas bawah dengan nama mempelai dan hari serta tanggal pernikahan.

2. Contoh Kata-kata Undangan yang Intinya Menghaturkan Rasa Terimakasih dan Doa Restu

“Kehadiran bukan sekedar silaturahmi, melainkan restu dan doa serta kasih sayang yang diberikan dengan keikhlasan. Ketulusan hati yang penuh kasih membuat kami sangat berbahagia bisa membagi saat-saat penting ini bersama bapak/ibu/saudara/i. Dengan diiringi doa dan restu yang Anda berikan semoga pernikahan yang akan digelar bisa berjalan sebagaimana mestinya”.

Kata-kata diatas, bisa diletakkan pada bagian atas maupun bawah tergantung dari kalimat pembukaan dan penutup undangan. Apabila ingin ditaruh di bagian atas, maka sebaiknya diberi ucapan “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” terlebih dahulu.

Sementara jika ingin dituliskan pada akhir, maka akan lebih baik jika di taruh sebelum bagian “turut mengundang atau hormat kami”.  Rasanya posisi tersebut paling pas, karena tepat berada di bawah waktu, tempat, serta tanggal pernikahan dilangsungkan.

3. Contoh Kata-kata Mutiara dari Orang Tua

“Maha Suci Allah yang telah menciptakan ke dunia mahluk-mahluk ciptaanNya secara berpasang-pasangan satu sama lain. Ya, Allah izinkanlah kami untuk merangkai jalinan kasih di bawah ridhoMu. Berikanlah kami kesempatan untuk menjalin kasih sayang yang kau ciptakan diantara putra-putri kami”

Contoh kata-kata undangan pernikahan dengan tema islami di atas cukup singkat dan padat. Dilihat dari gayanya, kata-kata tersebut ditulis oleh orang tua yang mengharapkan pernikahan sang anak berjalan dengan lancar. Walaupun singkat tetapi bermakna bukan, jadi tidak perlu kata-kata undangan pernikahan unik.



4. Contoh Kata-kata Pembukaan Undangan Pernikahan yang Islami

Sumber : http://undanganhardcover.com/

“Untuk melaksanakan syariat agama-Mu, mengikuti sunnah rasul-Mu dalam membangun sebuah rumah tangga yang sakinah. Serta memiliki keturunan-keturunan shaleh dan shalehah yang senantiasa tunduk pada-Mu dan berbakti kepada orang tua, perkenankanlah kami”

Setelah kata-kata ini maka ditulis nama mempelai dan juga kapan acara pernikahan akan dilangsungkan. Jangan lupa juga ya, tempat dimana pernikahan serta detail lainnya juga dituliskan dengan jelas. Pada saat ini, nama undangan yang lain seperti “turut mengundang sebaiknya jangan dituliskan terlebih dahulu, karena masih ada lanjutan di bawahnya:

“Disertai rasa syukur yang mendalam, serta ridha Allah SWT. Izinkanlah kami untuk membagi kebahagian mengantarkan putra-putri kami meniti lembaran baru kehidupan mereka pada waktu tersebut. Doa serta kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i, akan sangat bermakna bagi kami sekeluarga serta mempelai berdua”.

5. Contoh Kata-kata Pernikahan dengan Mengutip dari Hadits Riwayat Ahmad

“Sesungguhnya dua insan yang saling mencintai, kamar mereka kelak di surga nanti terlihat seperti bintang yang bersinar terang dari timur. Lalu ketika ada yang menanyakan, “kamar milik siapakah itu?”,” Maka jawabannya : Kamar itu adalah milik insan-insan yang mencintai hanya karena Allah SWT.” ( HR. Ahmad)

Satu lagi Hadist Riwayat mengenai pernikahan yang cocok digunakan sebagai kata-kata penuh makna dalam undangan. Meskipun singkat, arti yang terkandung di dalam hadits tersebut sangat mendalam bukan? Orang yang menerimanya pasti langsung tahu apa maksud dari undangan ketika membaca kalimat tersebut.

Akan tetapi, walaupun kalimat tersebut penuh makna dan langsung mengarah pernikahan, bukan berarti bisa mengirimnya lewat sms ya. Memang tidak jarang yang mengirim kata-kata undangan pernikahan islami lewat sms, namun cara g tradisional lebih baik. Bukankah kamu menginginkan teman dan kerabat datang, jadi untuk undangan juga lebih baik diantarkan langsung.

6. Contoh Kata-kata Undangan dengan Doa dan harapan dari Mempelai

“Jika memang kami berjodoh, maka pertemukan dan satukanlah kami dengan bimbingan-MU. Limpahkanlah kami rasa kasih yang engkau jadikan sebuah pengikat rindu Rasulullah dan Siti Khadijah Al-Kubra , air mata yang menjadi penanda kasih sayang Ali dan Fatimah Az Zahra”.

“Ya Allah, mudahkanlah urusan kami dan berikan kami petunjuk dalam setiap langkah yang akan kami ambil. Mudahkanlah urusan kami dan berilah kami rizki serta anugerah-Mu yang nantinya bisa mengantarkan kami pada cita-cita dunia dan akhirat Mu ya Allah”.

Untuk kata-kata doa seperti di atas, ada banyak contoh yang bisa kamu ambil loh. Misalnya saja dari kata-kata undangan pernikahan digital islami yang saat ini sudah banyak beredar. Jadi tidak hanya terpaku pada contoh di atas saja ya, atau bisa disesuaikan juga dengan doa dan harapan yang kamu serta pasangan inginkan.



Penutup

Demikian 6 contoh kata-kata undangan pernikahan islami yang bermakna pada kali ini. Selain contoh kata-kata undangan di atas, sebenarnya masih banyak pilihan kata maupun hadits seputar pernikahan. Semoga contoh di atas bisa membantu dan pernikahan kamu serta pasangan berjalan dengan lancar ya.

Sumber gambar utama : https://creativemarket.com/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply