Inilah Persiapan Menikah Untuk Wanita Yang Perlu Diperhatikan

persiapan menikah untuk wanita
Yuk share tulisan ini :

Menikah adalah peristiwa penting dalam hidup manusia yang akan dikenang seumur hidupnya. Memasuki dunia pernikahan memerlukan banyak persiapan, baik persiapan secara fisik, mental maupun persiapan keuangan. Pertanyaannya, apa saja persiapan menikah untuk wanita dan pria agar bisa tercapai dengan baik?



Agar Anda dapat memasuki pernikahan dengan matang, banyak hal yang harus Anda siapkan dan lakukan. Mulai dari persiapan fisik seperti perawatan tubuh, persiapan tempat, gaun, tata rias, undangan, souvenir, dekor dan masih banyak lagi. Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui berbagai info penting persiapan pernikahan Anda.

Persiapan Menikah Secara Fisik

persiapan menikah untuk wanita
Sumber : https://www.sahabatnestle.co.id/

Persiapan fisik bagi kedua mempelai tentunya harus diperhatikan dengan baik. Jika kondisi fisk tidak terjaga, maka yang terjadi adalah bencana di hari H pernikahan. Berikut beberapa persiapan fisik yang perlu untuk dilakukan sebelum pasangan menikah:

1. Menjaga Kondisi Kesehatan dan Pola Makan

Kesehatan fisik wajib untuk kita jaga agar kita tetap dapat melakukan tugas dan pekerjaan dengan maksimal. Demikian pula dengan pasangan yang hendak menikah, menjaga kesehatan fisik sangat penting untuk kebaikan mereka. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan stamina yang lebih dalam mempersiapkan pernak pernik pernikahan mereka.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berolah raga. Anda dapat melakukan olahraga sendiri atau mengajak calon suami atau istri. Kegiatan ini selain memberi dampak sehat bagi tubuh, juga akan mempererat hubungan Anda berdua.

Selain olah raga, pola makan juga harus dijaga untuk menunjang stamina tubuh. Dengan banyaknya hal yang harus dipikirkan menjelang pernikahan, biasanya kita rentan untuk makan secara tidak teratur. Usahakan agar pola makan Anda terjaga sehingga tubuh tetap fit hingga hari H pernikahan dan seterusnya.

2. Melakukan Perawatan Sebelum Menikah

Bagi wanita, perawatan wajah dan tubuh sebelum menikah boleh dibilang wajib dilakukan. Mulai dari perawatan rambut, wajah, seluruh tubuh hingga jari tangan dan kaki memerlukan perhatian khusus. Perawatan di atas dapat dilakukan secara bertahap beberapa bulan sebelumnya.

Anda dapat melakukan pemasangan bulu mata paling lambar 2 minggu sebelum hari H untuk hasil terbaik. Perawatan wajah dapat mulai dilakukan 4 bulan sebelumnya untuk mendapatkan kulit wajah yang rata dan halus. Mulai memberi bentuk pada alis Anda dapat mulai dilakukan 3 hingga 4 bulan sebelumnya. Lakukan pengecekan terhadap hasilnya seminggu sebelum hari H.

Anda juga diharapkan sudah menentukan jenis tata rias wajah dan model rambut yang ingin dikenakan di hari pernikahan minimal 4 bulan sebelumnya. Tata rias dan model rambut tersebut sebaiknya disesuaikan dengan gaun yang akan dikenakan nantinya. Pelengkap lain yang dari aksesoris pernikahan Anda juga sebaiknya sekalian disiapkan dan masuk dalam daftar persiapan pernikahan Anda.


Baca juga : 



4 Persiapan Finansial Sebelum Pernikahan

Sumber : https://asset.winnetnews.com/

Salah satu persiapan penting pernikahan adalah persiapan finansial alias keuangan. Tanpa kesiapan di bidang ini, mustahil pernikahan Anda dapat terwujud sesuai dengan yang telah direncanakan. Mempersiapkan diri secara finansial bukan hanya merupakan persiapan sebelum menikah untuk laki laki saja, tetapi juga untuk wanita.

Jadi, Anda berdua wajib untuk melakukan persiapan finasial secara bersama. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengelola keuangan bersama setelah menikah nanti. Berikut beberapa persiapan finansial yang dapat Anda berdua lakukan:

1. Memiliki Pekerjaan Tetap

Hal ini penting karena Anda berdua akan memiliki sumber penghasilan untuk biaya pernikahan. Nantinya sumber penghasilan ini akan Anda gunakan untuk mengelola kebutuhan rumah tangga. Setelah Anda memiliki anak, pekerjaan tetap diperlukan untuk biaya perawatan dan pendidikan si buah hati juga.

2. Dari Orang Tua

Sebagian orang beruntung memiliki orang tua yang mendukung mereka secara finansial, termasuk dalam pernikahan mereka. Hal ini dapat dijadikan sebagai sumber persiapan pernikahan mereka. Pastikan bahwa Anda tetap memiliki sumber finansial lain karena tentunya tidak semua biaya berasal dari orang tua.

3. Menabung Bersama

Kita semua tahu bahwa biaya pernikahan saat ini relatif mahal. Untuk itu, Anda berdua dapat menabung bersama untuk event tersebut jauh-jauh hari sebelumnya. Anda berdua perlu untuk menyepakati jumlah yang harus ditabung masing-masing tiap bulannya. Selain itu, Anda berdua juga harus menentukan berapa lama menabung hingga tercapai jumlah yang diinginkan.

Selama rentang waktu tersebut Anda dapat melakukan survey untuk harga dan biaya pernak pernik pernikahan Anda. Biaya sewa tempat, tata rias dan gaun, undangan, cendera mata untuk tamu, catering dan lain sebagainya harus diantisipasi. Dengan perencanaan yang baik dan menyeluruh, semua akan dapat tertangani dengan baik.

4. Berinvestasi

Jika pelaksanaan pernikahan Anda masih beberapa tahun ke depan, Anda dapat melakukan investasi bersama. Sekarang ini banyak sekali pilihan investasi yang dapat Anda pilih dengan modal atau biaya yang relatif terjangkau.

Pastikan bahwa investasi yang Anda pilih benar dan bukan abal-abal untuk menghindari kerugian di pihak Anda. Lakukan survey dan penyelidikan menyeluruh sebelum menentukan investasi terbaik Anda.



Persiapan Mental Menjelang Pernikahan

persiapan menikah untuk wanita
Sumber : she.id

Persiapan mental juga harus mendapat perhatian khusus bagi wanita. Hal ini penting karena umumnya, wanita memandang pernikahan sebagai sesuatu yang indah bak negeri dongeng. Mengetahui bahwa terkadang kenyataan tak seindah impian dan tetap berkomitmen untuk melaluinya sangat penting dilakukan.

Ada 3 persiapan mental yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menikah, yaitu:

1. Persiapan Menjadi Istri

Setelah menikah, peran dan tanggung jawab Anda berubah total. Anda kini tidak lagi tinggal bersama orang tua, melainkan dengan suami. Menjadi istri yang dapat diandalkan suami harus Anda persiapkan untuk pernikahan yang sukses

2. Persiapan Menjadi Ibu

Sebagai wanita, menjadi ibu tentunya merupakan salah satu yang Anda idam-idamkan. Namun, untuk menjalani hari-hari sebagai ibu, Anda perlu untuk menyiapkan mental dengan benar.

Anda tidak lagi dapat bebas pergi atau melakukan yang Anda mau karena harus bertanggung jawab terhadap anak.Oleh sebab itu persiapkan mental Anda dengna baik untuk hal ini.

3. Persiapan Menjadi Menantu dan Ipar

Menikah dengan pasangan Anda berarti Anda menjadi bagian dari keluarganya. Ibu dari pasangan Anda menjadi ibu Anda juga. Pribadi ini juga berhak untuk Anda hormati, sayangi dan hargai sebagaimana ibu kandung Anda. Hal ini juga berlaku untuk ipar Anda, yaitu kakak atau adik dari pasangan Anda.

Penutup

Dari keterangan di atas, diharapkan Anda dapat mempersiapkan pernikahan Anda dengan baik. Tidak perlu kuatir dan takut dengan berbagai macam kegagalan dan lain sebagainya. Lakukan saja semuanya tahap demi tahap, bahkan jika Anda terpaksa melakukan persiapan pernikahan dalam 1 bulan.

Dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh, pasti ada jalan keluar untuk tujuan Anda tersebut. Semoga semua persiapan menikah untuk wanita di atas dapat membantu Anda mewujudkan pernikahan terbaik Anda.



 

Sumber gambar utama : amibrides.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time