6 Tempat Prewedding di Solo Favorit Pilihan Calon Pengantin

Yuk share tulisan ini :

Solo adalah ikon kota budaya. Banyak tempat prewedding di Solo yang sudah cukup terkenal dan diburu oleh calon pengantin. Dimana saja lokasinya? Simak ulasannya!



Solo adalah ikon wisata budaya Jawa Tengah, bahkan Indonesia. Sebagai kota pariwisata budaya, Solo memiliki banyak spot menarik untuk dijadikan lokasi pemotretan, khususnya pemotretan untuk foto prewedding. Tempat prewedding di Solo memiliki spot yang beragam, mulai obyek wisata alam, kawasan budaya, hingga wahana wisata.

6 Tempat Prewedding di Solo

Jika kamu membutuhkan lokasi untuk sesi pemotretan prewedding, berikut beberapa lokasi favorit untuk prewedding di Solo yang bisa kamu pilih.

1. Kawasan Ngarsopuro

Sumber : hijabtraveler.com

Awalnya kawasan ini sama sekali tidak tertata. Namun, sejak 2009, bekas jajaran toko elektronik dan barang-barang antik ini telah berubah menjadi sebuah kawasan wisata yang sangat menarik. Kawasan ini sekarang juga menjadi tempat nongkrong masyarakat Solo.

Di kawasan Ngarsopuro juga banyak spot menarik yang Instagramable. Di kawasan ini banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai spot pemotretan untuk prewedding. Terutama pada malam minggu, terdapat pasar malam Ngarsopuro, yang kerap dijadikan obyek untuk pemotretan di malam hari.

Namun, jam bukanya dibatasi. Untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pasar malam, pasar hanya dibuka selama 4 jam, dari jam 18.00 – 22.00 WIB.  Untuk masuk ke kawasan yang berada di Jl. Diponegoro, Banjarsari, Solo, ini tidak dipungut biaya. Kamu hanya cukup membayar parkir kendaraan Rp2.000,00/orang.

2. Benteng Vastenburg

Sumber : www.klikbenning.com

Berlokasi di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo, Benteng Vastenburg merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda. Bangunan bernuansa klasik dan antik ini banyak menarik minat para hunter foto untuk latar belakang fotonya.

Banyak juga pengunjung yang memanfaatkan kunjungannya ke benteng ini untuk melakukan sesi foto profesional. Bahkan, tidak sedikit calon pengantin yang menjadikan benteng yang dibangun pada 1745 ini sebagai lokasi prewedding mereka.

Benteng Vastenburg memang punya spot foto menarik. Benteng ini dibuka selama 24 jam. Tidak ada biaya tiket masuk, termasuk kamu bebas parkir di kawasan ini. Namun, tetap saja, kebersihan dan kesopanan harus dijaga demi kelestarian situs budaya Indonesia.

3. Kampung Batik Laweyan

Sumber : https://www.akbarhaditphotography.com/

Tempat prewedding menarik di Solo lainnya adalah Kampung Batik Laweyan. Kawasan sentra industri batik ini sengaja dibangun untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Solo. Kampung ini berlokasi di Jl. Dr. Rajiman No. 521, Laweyan, Solo.

Gaya arsitekturnya yang dipengaruhi arsitektur Jawa, Islam, China, dan Eropa membuat Kampung Batik Laweyan sebagai spot favorit untuk foto prewedding di Solo.  Banyaknya bangunan kuno di kawasan ini memberi kesan antik dan klasik. Semakin menambah daya tarik bagi para fotografer dan calon pengantin untuk spot prewedding.

Bagi calon pengantin yang ingin foto prewedding di Kampung Batik Laweyan, perhatikan jam operasionalnya. Kampung batik ini dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB. Tidak ada tiket alias gratis masuk.



4. Keraton Surakarta

tempat prewedding di solo
Sumber : timesmedia.co.id/

Jika kamu berkunjung ke Solo, rasanya kurang lengkap kalau belum mampir di Keraton Surakarta. Keraton yang terletak di Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, merupakan salah satu ikon wisata Kota Surakarta. Tak heran, jika banyak calon pengantin menjadikan Keraton Kasunanan Surakarta ini sebagai lokasi prewedding mereka.

Desain bangunannya bernuansa Jawa klasik yang sarat dengan nilai-nilai budaya Jawa. Untuk itu, ada baiknya jika calon pengantin menyesuaikan kostum dengan lokasi foto, sehingga diperoleh hasil foto prewedding yang terbaik.

Loket Keraton Surakarta dibuka setiap hari, mulai jam 09.00 – 14.00 WIB (Senin-Kamis) dan jam 09.00 – 15.00 WIB (Sabtu-Minggu). Khusus hari Jumat, Keraton ditutup untuk umum. Sedangkan harga tiketnya Rp10.000,00/orang. Ada tambahan, untuk yang ingin mengabadikan arsitektur keraton dengan kamera dikenakan biaya Rp2.000,00.

5. Taman Jurug

tempat prewedding di solo
Sumber : solopos.com

Satu lagi tempat prewedding favorit di Solo adalah Taman Jurug. Jika kamu menyukai konsep dengan latar belakang alam, Taman Jurug adalah tempatnya. Taman Satwa Taru Jurug ini memiliki banyak spot foto menarik hingga banyak calon pasangan pengantin berburu foto untuk sesi foto prewedding mereka.

Banyak pilihan spot pemotretan di tempat wisata kebun binatang ini. Di tempat ini banyak terdapat satwa, taman, hingga danau buatan. Karena banyak pohon besar dan rindang maka pengunjung bebas mengambil gambar kapan saja, termasuk saat terik matahari di siang hari.

Untuk bisa sesi foto prewedding disana, kamu cukup membayar tiket masuk Rp15.000,00/orang (hari biasa) dan Rp20.000,00/orang untuk akhir pekan atau libur nasional. Untuk biaya parkir motor Rp3.000,00 dan mobil Rp5.000,00. Taman Jurug beralamat di Jl. Ir. Sutami, Jurug, Jebres, Solo.

6. Taman Balaikambang

tempat prewedding di solo
Sumber : kompas.com

Taman Balai Kambang adalah salah satu tempat rekerasi populer di Kota Solo. Berlokasi di Jl. Balai Kambang, Manahan, Banjarsari, Solo, taman ini memiliki arsitektur perpaduan Jawa dan Eropa. Untuk pengunjung yang suka dengan konsep alam, Taman Balaikambang bisa dijadikan spot foto untuk acara pemotretan prewedding.

Selain mengusung konsep alam, obyek wisata kebanggaan warga Solo ini juga difungsikan sebagai taman bermain, taman rekreasi, seni dan budaya, serta taman edukasi. Taman Balai Kambang merupakan ruang terbuka hijau, yang sering disebut sebagai paru-paru Kota Solo.



Wisata Taman Balai Kambang dibuka mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB. Tidak ada biaya tiket masuk. Tiket masuk hanya berlaku jika kamu masuk ke salah satu wahana yang ada di taman itu. Harga tiket wahana berkisar Rp5.000,00 – Rp10.000,00/orang.

Inilah 6 tempat prewedding di Solo yang layak kamu kunjungi. Lokasinya cukup menarik dan memiliki spot foto yang Instagramable. Selain itu, biaya untuk masuknya juga sangat terjangkau bahkan gratis. Untuk yang merencanakan sesi prewedding, ada banyak spot di Solo yang layak dipilih jadi tempat pemotretan. Selamat menuju hari bahagia!

Sumber gambar utama : www.akbarhaditphotography.com


Yuk share tulisan ini :

2 Replies to “6 Tempat Prewedding di Solo Favorit Pilihan Calon Pengantin”

  1. Tolong itu sumber foto dari Benteng Vastenberg dicantumkan yang benar dari http://www.klikbenning.com

    1. Meidiana Putri says: Reply

      Siapp, sudah diubah

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time