7 Tips Menabung untuk Menikah yang Harus Kamu Ketahui!

tips menabung untuk menikah
Yuk share tulisan ini :

7 tips menabung untuk menikah berikut ini akan mempermudah kamu dalam merencanakan pernikahan dengan baik. Wajib baca buat yang pengen segera nikah.



Apakah kamu berencana untuk menikah? Tapi budget belum juga sesuai dengan target. Banyak pengeluaran yang berlebihan yang mengakibatkan tabunganmu habis. Tidak perlu risau, kamu bisa mengikuti tips menabung untuk menikah sebagai berikut.

Tidak dapat dipungkiri, pernikahan merupakan hal yang dianggap peristiwa penting untuk hampir semua orang. Terutama untuk seorang wanita, pernikahan adalah sebuah simbol keseriusan. Yuk Intip! 7 tips menabung untuk pernikahan impianmu yang wajib kamu ketahui.

7 Tips Menabung untuk Pernikahan

7 tips menabung berikut merupakan beberapa hal yang mungkin dapat kamu terapkan, jika kamu sudah ingin fokus untuk menikah. Karena memang masalah budget pernikahan terbilang cukup mahal saat ini. Jadi, ayo intip aja beberapa tips berikut.

Buatlah Sebuah Rincian Anggaran untuk Pernikahan

tips menabung untuk menikah
Sumber : https://omextemplates.content.office.net/

Awali semuanya dengan membuat sebuah rincian anggaran pernikahanmu kelak. Hitunglah dengan teliti untuk keperluan apa saja yang dibutuhkan nanti. Seperti halnya biaya catering, undangan, make up hingga biaya gedung pernikahanmu.

Sebagai contoh, kamu siapkan anggaran sebesar Rp130.000.000,00 dan menabung untuk menikah dalam 1 tahun. Perhitungannya bisa seperti berikut:

  • Rp130.000.000,00 : 12 bulan = Rp10.833.333,00 / bulan
  • Rp10.833.333,00 : 2 = Rp5.416.667 / orang

Jadi dapat disimpulkan adalah kamu dan pasanganmu harus menyiapkan dana Rp5.426.667 / orang setiap bulannya. Kalaupun nominalnya terbilang cukup besar, kamu bisa memperpanjang waktu kamu menabung untuk mendapatkan target yang diinginkan.

Persiapkan Rekening Tersendiri untuk Dana Pernikahan

Sumber : https://uangindonesia.com/

Tips yang kedua sangat erat kaitannya dengan tips yang pertama, yaitu buatlah rekening tersendiri untuk menyimpan tabungan biaya nikah kamu nanti. Karena mau bagaimanapun, sifat manusia tidak akan pernah puas, apalagi ketika berhubungan dengan uang. Jadi ditakutkan nanti, uang yang kamu rencanakan untuk biaya pernikahanmu akan ludes untuk keperluan pribadimu saja.

Hal ini juga bisa diterapkan tidak hanya untuk menabung biaya pernikahan. Cara menabung untuk beli rumah juga efektif untuk diterapkan menggunakan ini. Atau mungkin keperluan lain yang akan kamu siapkan nanti dalam kehidupan berumah tangga.

Alokasikan Pendapatanmu Sebagian

Sumber : kompas.com

Tips yang ketiga adalah mengalokasikan pendapatanmu dan pasanganmu sebagian untuk ditabung. Seperti halnya contoh perhitungan diatas, kamu bisa sesuaikan dengan waktu rencana pernikahanmu dan kemampuan kamu menabung perbulannya. Jadi dengan fokus mempersiapkan hal tersebut, diharapkan akan mempermudah segalanya.

Cara lain juga bisa kamu terapkan, seperti halnya sudah menargetkan untuk jumlah setoran tiap bulannya sebesar Rp2.000.000,00. Jadi dapat kamu sesuaikan dengan berapa tahun lamanya untuk memenuhi target tabunganmu dalam pernikahan.



Menabunglah dengan Metode Investasi

tips menabung untuk menikah

Untuk tips selanjutnya adalah kamu dapat menabung dengan metode investasi atau deposito. Seperti halnya tabungan haji, kamu juga bisa mengalokasikan langsung gajimu sebagian bersama pasangan dengan menggunakan tabungan deposito. Jadi, gajimu tidak akan bisa diambil selama kurun beberapa tahun, sesuai perjanjian diawal.

Tabungan jenis ini sangat efektif untuk beberapa orang yang melakukan perencanaan pengeluaran yang besar untuk waktu yang lumayan lama. Seperti contoh haji, pernikahan, hingga pendidikan anak kelak. Jadi tidak ada ruginya menggunakan jenis tabungan ini untuk pernikahanmu.

Kurangi dalam Melakukan Kencan yang Mahal

Tips berikutnya adalah berkaitan dengan gaya hidup setiap pasangan yang akan menikah. Yang biasa dilakukan untuk kebanyakan pasangan adalah kencan yang kesannya sangat mahal. Apalagi yang sudah biasa kencan dengan makan malam di restoran mahal.

Untuk hal tersebut, sebaiknya mulai kamu kurangi. Mengapa demikian? Karena kencan mahal tersebut bisa setidaknya menguras gajimu sebagian. Jadi alangkah baiknya, kencan bisa kamu lakukan di rumah atau tempat yang lebih murah.

Karena secara tidak sengaja, ketika gaya pacaranmu terbilang berlebihan, kamu akan sulit untuk menabung dalam rencana pernikahanmu nanti. Tidak ada ruginya bukan untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak penting.

Mulai Mencicil Keperluan Menikah

Kemudian tips menabung biaya pernikahan selanjutnya adalah mulailah untuk mencicil keperluan untuk menikah saat waktunya hampir tiba nanti. Kamu bisa booking untuk beberapa keperluan yang dirasa penting. Apalagi ketika tabungan kamu dirasa sudah hampir memenuhi target anggaran.

Hal yang bisa kamu booking terlebih dahulu adalah mungkin gedung atau undangan pernikahan. Karena ditakutkan beberapa hal tersebut sudah full-booked, ketika kamu terlalu mepet dalam melakukan booking. Atau yang mungkin menggunakan jasa Wedding Organizer, kamu bisa mulai membahas konsep pernikahanmu.

Konseplah Pernikahanmu Sesuai dengan Anggaran

tips menabung untuk menikah
Sumber : https://oneelevenweddinghall.com/

Untuk tips yang terakhir adalah konseplah pernikahanmu sesuai dengan besaran anggaran yang sudah kamu buat dan tabung. Jika kamu memang ingin konsep yang cukup elegan dan mewah, kamu bisa sesuaikan jumlah anggarannya dengan tabunganmu. Jadi hanya tinggal disesuaikan saja.

Pernikahan Impianmu Menantimu

tips menabung untuk menikah
Sumber : bincangsyariah.com

Setelah mengikuti 7 tips menabung di atas, kamu dapat setidaknya bernafas lega sejenak. Namun tentunya semua ini tidak dapat dicapai, ketika tidak ada keseriusan dan komitmen bersama pasanganmu. Karena perkara menikah adalah hal yang dilakukan berdua, bukan hanya satu pihak.

Hal penting lainnya adalah masalah kesehatan, kamu juga harus selalu memperhatikan kesehatan mental maupun fisik. Jangan terlalu dipaksakan untuk bekerja berlebihan, hanya demi upah untuk tabungan tersebut. Jadi kuncinya adalah rutin dan komitmen yang berujung indah pada waktunya.



Oh ya kami juga punya referensi tips menabung untuk menikah berupa video dari Channel Youtube SKWAD Parents.

Jadi intinya adalah untuk kamu yang memang sudah siap melangkah ke jenjang yang lebih serius, jangan pernah patah semangat. Karena sesuatu yang indah memang diraih dengan jalan yang berliku. Yang terpenting kamu dan pasanganmu selalu siap menghalau apapun yang menghadang melalui persiapan matang dengan tips menabung untuk menikah ini.

Sumber gambar utama : http://image.csr.id/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time