9 Tips Memilih Fotografer Pernikahan Supaya Hasilnya Bagus

Yuk share tulisan ini :

Salah satu hal yang penting dalam mendapatkan pernikahan impian adalah memilih fotografer pernikahan yang tepat. Apa saja tips memilih fotografer pernikahan?

Selain mencari MUA (MakeUp Artist) dan lokasi, apalagi yang penting dalam sebuah pesta pernikahan? Benar, mencari fotografer yang tepat. Ada banyak tips memilih fotografer pernikahan untuk dijadikan acuan. Fotografer memang memiliki fungsi strategis. Terutama untuk membuat kenangan pernikahan yang terjadi sekali seumur hidup.

Tips Memilih Fotografer Pernikahan

Berikut beberapa tips untuk memilih fotografer yang bisa kamu lakukan:

Carilah Referensi dan Rekomendasi

Sumber : skyegrid.id

Tips mencari fotografer pernikahan pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari referensi mengenai fotografer wedding terbaik. Referensi ini bisa didapatkan di internet atau sosial media. Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman-teman terdekat.

Kumpulkan hasil referensi dan rekomendasi dari teman dalam sebuah daftar. Kamu bisa mempelajari masing-masing fotografer yang ada di dalam daftar tersebut sebelum menentukan pilihan. Ingat untuk tetap berhati-hati dalam memilih. Karena fotografer berperan sangat penting dalam menghasilkan kenangan terindah di hari pernikahan.

Pelajari Hasil Fotonya

Sumber : https://tandakucinghamil.blogspot.com/

Setelah kamu mendapatkan sederet daftar rekomendasi fotografer pernikahan, kamu perlu untuk mempelajari hasil fotonya. Jika fotografer tersebut memiliki laman web, maka pelajari foto yang ada di laman tersebut. Atau jika portofolionya berada di sosial media, kamu juga wajib mempelajari foto yang dihasilkan.

Biasanya, selera fotografer berbeda dengan selera kita. Ada beberapa fotografer yang suka mengambil foto dengan lighting yang terang. Ada pula yang senang dengan gaya berkabut dan gelap. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan selera saja.

Temukan Perasaan Cocok pada Hasil Fotonya

Sumber : http://mymultifaceteddiary.com/

Dalam melihat portofolio yang ada, kamu harus menemukan perasaan cocok pada setiap hasil foto yang ada. Karena yang tahu kenangan seperti apa yang harus ada di pesta pernikahan adalah kamu sendiri. Sehingga kamu harus menemukan kecocokan pada hasil foto fotografer pilihan yang kamu pilih.

Mempertimbangkan Esensi dan Filosofi

Sumber : beres.id

Fotografi adalah bagian dari seni. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan esensi dan filosofi dari fotografer yang akan dipilih. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Pasalnya, hubungan antara calon pengantin dengan fotografer harus terjalin erat agar hasil fotonya nanti memuaskan.

Bacalah profil mereka dengan seksama. Jika telah menentukan fotografer, jangan lupa untuk mengajak mereka mengobrol dan mencari tahu filosofisnya dengan lebih dalam. Ini penting untuk memastikan apakah filosofisnya sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu inginkan.

Pilih Fotografer Sesuai dengan Konsep Pernikahan

Sumber : https://www.omahkebonbekasi.com/

Kamu tentu memiliki konsep pada pernikahan yang akan dijalani, bukan? Untuk itu, kamu perlu untuk menemukan fotografer pernikahan berkualitas yang cocok untuk setiap konsep yang dimiliki.

Misalnya kamu ingin mengadakan pesta pernikahan dengan konsep pesta kebun. Tentu kamu akan membutuhkan fotografer yang terbiasa mengolah foto berlatar belakang alam bebas. Demikian pula ketika kamu ingin mengadakan pesta di dalam gedung. Kamu pasti membutuhkan fotografer yang pintar melakukan pencahayaan di dalam ruangan tertutup.

Selain kemampuan seorang fotografer, konsep juga sangat mempengaruhi hasil foto. Konsep yang kamu susun harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh fotografer itu sendiri.

Baca dengan Detail Paket yang Ditawarkan

Sumber : https://elements.envato.com/

Jadilah pengantin cerdas dengan membaca dengan teliti paket yang ditawarkan. Perhatikan setiap detail dari layanan yang akan kamu terima dari sang fotografer. Biasanya, pada laman web atau laman sosial media, mereka akan mencantumkan harga beserta layanan yang akan diberikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah masa waktu kerja si fotografer (apakah dimulai dari pre-wedding atau hanya pada pesta pernikahan saja). Berapa jumlah album foto yang akan diterima, berapa studio yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

Ini penting untuk dilakukan demi mencegah kesalahpahaman pasca penandatangan kontrak. Kamu tentu tidak ingin bertengkar dengan fotografer hanya karena kesalahpahaman akibat tidak teliti, bukan?

Uji Kemahiran dan Skill dari Si Fotografer

tips memilih fotografer pernikahan
Sumber : https://www.labtekno.com/

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menguji kemampuan si fotografer itu sendiri. Zaman sekarang, sebuah foto sangat mudah untuk diedit. Sehingga kamu harus berhati-hati dalam memilih seorang fotografer.

Memang, editing dalam sebuah foto itu wajar. Tetapi jika hanya mengandalkan editing tanpa kemampuan memotret yang mumpuni sama dengan bohong. Lakukan uji foto dalam berbagai kondisi pencahayaan. Ini untuk mengetahui kemampuan lighting dari si Fotografer sendiri. kamu tentu tidak ingin hasil foto pernikahannya terlalu gelap atau bahkan terlalu terang, bukan?

Kenali Alat Fotografi yang Digunakan

tips memilih fotografer pernikahan
Sumber : idntimes.com

Ini tidak wajib, tetapi alangkah lebih baik jika kamu mampu melakukannya. Jika kamu memiliki pemahaman mengenai fotografi, tidak ada salahnya bertanya mengenai alat yang akan digunakan. Berbeda kamera akan menghasilkan foto dengan ketajaman yang berbeda pula.

Demikian juga dengan peralatan lighting dan teknik yang akan digunakan. Ini akan berpengaruh besar kepada hasil foto. Tidak ada salahnya untuk mendiskusikan hal ini dengan fotografer. Atau jika tidak memiliki pengetahuan mengenai fotografi, kamu bisa meminta tolong kepada teman yang lebih mengerti.

Pertimbangkan Harga

tips memilih fotografer pernikahan
Sumber : https://designbundles.net/

Hal yang tentu saja tidak boleh luput adalah harga. Kamu harus mempertimbangkan harga dengan budget dan layanan yang akan didapatkan. Apakah akan sesuai dengan keinginan atau justru kemahalan. Jadilah pengantin yang cerdas dengan mampu mengalokasikan pengeluaran yang sejalan dengan anggaran yang ada.

Penutup

Memilih fotografer pernikahan memang susah-susah gampang. Jangan ragu untuk menukar fotografer apabila hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan segan pula untuk menegaskan foto seperti apa yang ingin kamu dapatkan dalam pesta pernikahan. Karena pernikahan adalah sesuatu yang terjadi sekali seumur hidup.

Nah, itulah beberapa tips memilih fotografer pernikahan yang bisa kamu lakukan. Pilihlah fotografer terbaik untuk hari pernikahan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget ya. Selamat berbahagia dengan pernikahannya!

Sumber gambar utama : https://www.moneycrashers.com/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time