6 Tips Menentukan Tanggal Pernikahan dengan Mudah

Yuk share tulisan ini :

Pernikahan memang membutuhkan sebuah rencana yang benar-benar matang agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mencari tahu tips menentukan tanggal pernikahan yang tepat.



Sebagaimana yang kita tahu, tanggal pernikahan menjadi salah satu faktor yang dipercaya menentukan suksesnya acara pernikahan. Menentukan tanggal pernikahan memang gampang-gampang susah, karena terkadang ada saja halangannya pada saat yang bertepatan. Untuk itu, merencanakannya secara matang adalah suatu hal yang wajib bagi Anda.

Tips Menentukan Tanggal Pernikahan

Sumber : konsultasisyariah.com

Dalam menentukan tanggal pernikahan, tentunya Anda tidak boleh sembarangan. Sebab ada hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan, beberapa di antaranya adalah:

1. Jarak waktu sekarang dengan hari pernikahan

Jarak waktu antara sekarang dengan hari pernikahan sebaiknya jangan terlalu mepet, meskipun ada beberapa orang yang melakukannya. Sebab ada hal-hal yang harus direncanakan seperti tempat acara, gaun pernikahan, atau katering. Karena dalam mempersiapkan pernikahan umumnya membutuhkan waktu antara 6 bulan hingga 1 tahun.

Jangan sampai ada yang terlewatkan hanya karena keinginan untuk mempercepat acara pernikahan yang malah akan merugikan semua orang.

2. Pilih hari libur

Terlebih jika para tamu undangan adalah pekerja kantoran, memilih hari libur adalah suatu hal yang harus dipertimbangkan. Bahkan kebanyakan orang pun biasanya memilih istirahat untuk bekerja pada hari-hari libur. Dengan demikian, kemungkinan besar para tamu undangan banyak yang akan menghadiri acara pernikahan Anda.

3. Hindari tanggal tua

Selain hari libur, biasanya tamu undangan sangat menyukai tanggal muda. Karena biasanya pekerja kantoran akan kehabisan uang gajinya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan biaya lainnya pada tanggal tua. Jadi sangat disarankan untuk menghindari tanggal-tanggal tersebut agar tamu undangan banyak yang menghadiri acara pernikahan Anda.

4. Alternatif hari istimewa

Banyak pasangan yang menetapkan tanggal pernikahan pada hari yang benar-benar mereka anggap istimewa. Entah itu tanggal cantik, tanggal jadian, tanggal pertama kali bertemu, atau tanggal yang berarti dan istimewa bagi mereka. Ini bisa menjadi contoh bagi Anda untuk menentukan hari pernikahan berdasarkan hari yang Anda anggap istimewa.



5. Primbon Jawa

Ada banyak cara untuk menentukan tanggal pernikahan, salah satunya adalah dengan menggunakan kalkulator tanggal pernikahan. Khususnya masyarakat Jawa, seperti mencocokkan tanggal lahir pasangan, yang jika dihitung baru akan diketahui tanggal pernikahan yang tepat. Yakni melalui primbon tanggal pernikahan yang kaya akan syarat.

Entah benar atau tidak, Anda sendiri yang menentukan apakah akan percaya pada kalkulator tanggal pernikahan Jawa ini atau sebaliknya. Bahkan di era yang serba modern seperti sekarang ini, Anda juga bisa menentukan tanggal pernikahan berdasarkan weton online.

6. Persiapkan tanggal cadangan

Meskipun semuanya sudah direncanakan dengan baik dan matang, terkadang ada saja halangan yang datang di saat yang tidak tepat. Dan demi kelancaran menjelang hari pernikahan, sebaiknya persiapkan tanggal cadangannya. Dengan tanggal cadangan, maka Anda sama saja tengah mengantisipasi akan hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi.


Baca juga : 


Yang Harus Diperhatikan Saat Menentukan Tanggal Pernikahan

menentukan tanggal pernikahan
Sumber : finansialku.com

Menentukan tanggal pernikahan merupakan hal yang utama sebelum menentukan urusan lainnya. Dan bersamaan dengan itu, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut saat menentukan tanggal pernikahan. Hal-hal penting tersebut di antaranya adalah:

1. Persetujuan kedua belah pihak

Dalam menentukan tanggal pernikahan yang tepat, sebaiknya tanggal tersebut benar-benar telah disetujui oleh kedua belah pihak. Adakan pertemuan keluarga, baik keluarga Anda maupun keluarga pasangan. Jangan ambil keputusan sendiri yang nantinya malah akan menyakiti salah satu pihak keluarga.

Karena perkara menentukan tanggal pernikahan tidak semudah seperti menentukan saat untuk jalan-jalan atau liburan. Jadi persetujuan kedua belah pihak untuk menentukan tanggal pernikahan harus benar-benar dilakukan.

2. Ketersediaan budget

Ada pepatah mengatakan, ‘pernikahan itu tak perlu mewah, yang penting sah’. Memang benar, sebab pernikahan merupakan momen sakral yang diharapkan terjadi hanya sekali seumur hidup. Jangan sampai momen bahagia ini terganggu hanya karena hal-hal sepele, salah satunya adalah ketersediaan budget.

Jika budget memang sedikit, maka Anda tak perlu menggelar acara pernikahan secara mewah yang malah akan memberatkan diri sendiri. Sebab acara yang mewah bukanlah penentu apakah keluarga Anda akan bahagia atau tidak nantinya.

3. Hindari musim hujan

Selain di dalam gedung, biasanya acara pernikahan juga digelar di luar ruangan atau outdoor dengan menggunakan tenda. Nah bagi Anda yang ingin menggelar acara pernikahan di luar ruangan, sebaiknya hindari saat musim hujan. Meski menggunakan tenda sekalipun, terkadang hujan yang deras bisa membasahi tamu undangan.

Akibatnya bisa merusak acara pernikahan, bahkan yang lebih parah malah dianggap gagal oleh beberapa orang. Karena dengan adanya air serta udara yang dingin, bisa-bisa merusak suasana yang tadinya bahagia.



4. Jangan memaksakan saat Anda sibuk

Bagi Anda yang memiliki saat-saat sibuk dalam bekerja, maka disarankan untuk tidak memaksa untuk cepat-cepat menggelar acara pernikahan. Karena untuk memikirkan urusan pekerjaan saja terkadang sangat membutuhkan ketelitian. Apalagi jika ditambah dengan memikirkan urusan pernikahan, maka pikiran Anda pasti tidak dapat menjangkaunya.

Akibatnya urusan pekerjaan maupun rencana pernikahan bisa sama-sama gagal, bahkan Anda bisa berisiko kehilangan pekerjaan. Untuk itu, jangan memaksakan mengadakan acara saat Anda sedang sibuk bekerja.

5. Jaga kesehatan

Anda memang tidak akan tahu kapan penyakit akan datang, namun dengan menjaga kesehatan akan meminimalisir datangnya penyakit. Baik kesehatan Anda maupun pasangan, jalan satu-satunya adalah dengan saling mengingatkan. Menjaga kesehatan menjelang hari pernikahan bisa dilakukan dengan tidak begadang saat malam, atau berhati-hati saat berkendara.


Baca juga : 


Semua Tanggal Adalah Baik

menentukan tanggal pernikahan
Sumber : tribunnews.com

Sebagian besar masyarakat khususnya orang Jawa atau masyarakat yang masih mempercayai hal-hal mistis, sangat mengandalkan hitungan weton. Namun sejatinya, semua hari dan tanggal adalah baik, tinggal bagaimana cara Anda merencanakannya. Karena dalam menentukan tanggal pernikahan, tidak bisa ditetapkan dalam waktu satu atau dua hari saja.

Jika Anda merencanakan acara pernikahan dengan sebaik mungkin, maka besar kemungkinan acara pernikahan Anda akan berjalan lancar. Dan sebaliknya, jika acara pernikahan Anda mengalami beberapa masalah maka besar kemungkinan karena rencana Anda kurang matang. Atau bahkan Anda terlalu cepat ingin segera menggelar acara pernikahan.

Jadi bukan karena baik atau tidaknya tanggal pernikahan tersebut, karena semua tanggal adalah baik. Baik itu hari kerja maupun hari libur nasional, Anda sendiri yang menentukan berdasarkan siapa tamu undangan yang akan diundang ke acara pernikahan Anda.

Siapa yang Berhak Menentukan Tanggal Pernikahan ?

Yang paling berhak menentukan tanggal pernikahan adalah calon pengantin. Namun dengan pertimbangan tertentu kadang calon pengantin menyerahkan kepada kedua orang tua masing-masing, kemudian didiskusikan kembali apakah semua setuju atau tidak.



Itulah beberapa tips menentukan tanggal pernikahan yang harus Anda ketahui terutama calon pengantin. Alangkah baiknya gunakan jeda waktu antara sekarang dan hari pernikahan, minimal 6 bulan. Karena selain budget, masih ada hal lain yang harus diperhatikan demi kelancaran jalannya acara pernikahan.

Sumber gambar utama : theknot.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time