Lengkap! Rincian Biaya Nikah 30 Jutaan – Cepet Nikah

Lengkap! Rincian Biaya Nikah 30 Jutaan

Biaya nikah 30 juta? Bisa gak ya? Bisa kok. Ini jawabannya

Duuuh lagi ada yang ragu dan bingung ya biaya kisaran 30 jutaan cukup apa nggak sih buat nikah ? Stop ragu nya dari sekarang ya !

Kita bisa kok meracik dengan apik uang 30 jutaan yang kita punya untuk pernikahan yang sederhana tapi berkesan. Kan yang penting pernikahanya Sah dan kelak jadi keluarga Bahagia, Sakinah Mawaddah wa Rahmah ya.. Aamiin 😇

Yuk kita mulai rinci 7 hal pokok pernikahan yang harus diperhitungkan biar bisa diarahkan dan dialokasikan sesuai budget diatas.

 

7 Kebutuhan Penting Pernikahan dan Rincian Biayanya

Berikut ini adalah rincian kebutuhan penting pada suatu pernikahan beserta perkiraan biaya satu persatunya.

1. Mas Kawin

Biaya nikah 30 juta

Dari banyak hal persiapan untuk pernikahan, Mas Kawin atau Mahar adalah hal yang paling utama yang harus kamu persiapkan.

Yap, itu karena Mas Kawin menjadi syarat sah menikah entah itu mau secara tunai maupun hutang. Tapi udah gak jaman lah ya mas kawin ngutang. 

Perempuan jaman sekarang pada baik-baik dan solehah kok. Jika kalian para lelaki jujur perihal kemampuan materi kalian, diskusikan dan sepakati saja nominal Mas Kawin yang kalian mau ya, cari jalan tengah yang tidak memberatkan satu sama lain terutama pihak lelaki. 

Kasihan loh kalau sudah sangat berat dan rumit hanya di Mas Kawin saja, pihak laki-laki kan masih harus bertanggung jawab membiayai banyak hal lainnya juga. Awass lebay nya jangan kaya di sinetron sinetron ah. Udah dewasa, diskusikan dengan matang ya. Hehe 😊

 Contoh standar : 

  • Harga emas murni per 30 Maret 2022
  • Rp. 890.000 x 5 gram = Rp. 4.450.000

 Nah buat yang mau Mas Kawin nya disimpan dalam wadah yang bagus, cantik dan kekinian bisa pakai Terrarium Ring Box kaya gini nih, harganya 150 ribu saja tapi Mas Kawin nya terlihat semakin cantik dan menawan loh.

Total untuk Mas Kawin jadinya

Emas 5 gr Rp. 4.450.000 + Ring Box Rp. 150.000 = Rp. 4.600.000

 

2. Seserahan atau Hantaran Pernikahan

nyicil seserahan

Setiap ada yang menikah pasti kita selalu melihat pihak lelaki membawa barang barang untuk diberikan kepada pihak perempuan ya.. atau biasa kita sebut sebagai seserahan atau hantaran. 

Sepertinya membawa seserahan oleh pihak lelaki memang sudah melekat di budaya orang Indonesia. Biasanya seserahan yang paling utama dibawa itu berupa :

  • Perlengkapan Ibadah
  • Pakaian
  • Skincare
  • Tas atau Sepatu
  • Makanan

Jika kalian punya budget lebih bisa juga ditambah Makeup, Aksesoris, Parfum, Bedcover atau bahkan kasur, lemari, kulkas jika ada. Hehehe

Tapi 5 poin diatas udah cukup simbolis lah ya, kita kan harus menyesuaikan dengan budget kita. Hehe 😁

Perkiraan rincian biaya nya adalah perpoin kita budget 200 ribu x 5 = Rp. 1.000.000 untuk Seserahan.

Nah buat yang seserahan nya pengen dibungkus di wadah yang cantik, elegan dan kekinian bisa beli Kotak Mika disini nih harganya Rp. 100.000. 

 Jadi total untuk seserahan atau hantaran pernikahan : 

Barang – barang (poin 1-5) Rp. 1000.000 + Kotak Mika Rp. 100.000 = Rp. 1.100.000


5 Rekomendasi Toko di Shopee Terbaik untuk Membeli Mukena


3. Biaya KUA

 Bagi yang belum tau, sebetulnya menikah di KUA itu GRATIS loh. Iya beneran GRATIS !

Tapi kalau kalian mau membawa Penghulu ke acara pernikahan kalian yang diselenggarakan di rumah itu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000.

Jadi, terserah kalian deh, mau Akad nikah di KUA tanpa biaya atau di rumah tapi kena biaya 600 ribu. Hehe 😊

4. Prasmanan

biaya nikah 30 juta

 Wah bagian ini nih permasalahan setiap orang. Masalah perut ! Hehe 😁

Pastinya kita pengen dong ya di acara penting kita yang InsyaAllah hanya seumur hidup sekali, kita bisa sambil bersedekah memberikan hidangan terbaik untuk para keluarga, kerabat dan tamu undangan yang hadir pada pernikahan kita.

Tentunya biaya perihal Prasmanan ini bergantung pada jumlah orang yang akan hadir. Jika memang kita sudah tau budget yang kita punya, kita harus tegas dalam menentukan jumlah tamu yang akan diundang.

Hitungannya adalah 1 orang dikali 2, karena lebih baik kita kelebihan makanan daripada kekurangan makanan ya.

Contoh perhitungan :

  • Tamu undangan 300 orang x 2 jadi 600
  • Harga catering 25 ribu per pax

Totalnya untuk prasmanan jadi : 600 x 25 ribu = 15.000.000

 

5. Baju Pengantin dan Dekorasi

Hal apa sih yang paling identik sama pernikahan di jaman sekarang ? Apalagi kalau bukan Baju Pengantin, Rias Pengantin dan Dekorasi pernikahan ya?

Nah, tentunya hal ini yang jadi pembahasan utama juga bagi calon pengantin terutama yang budget nya tidak berlebih. Hehe

Mau akad sederhana aja tanpa baju, rias dan dekorasi ? Apa mau pakai tapi sederhana saja ? Itu semua perlu diskusi yang serius loh. Jaman sekarang sudah banyak jasa MUA yang menyediakan paket pernikahan sederhana ala – ala PPKM. 😅

Ya, kan karena adanya pandemi kita gak boleh melakukan resepsi besar yang mengundang banyak orang, boleh nya hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat saja.

Nah, kalian bisa pilih paket itu ya.

Di daerah saya di Banten, masih ada jasa MUA yang mematok harga sekitar 7-10 juta per paket.

Paket tersebut sudah termasuk sewa baju pengantin 1x, baju ibu dan ayah pengantin, jasa rias, sewa peralatan prasmanan, dekorasi sederhana dan ada juga yang sudah termasuk jasa foto tanpa cetak alias hasilnya nanti dikirim berupa soft file saja.

Tapi kalau jasa MUA mu gak menyediakan jasa foto itu, ya kalian harus cari sendiri lagi ya. Hehe 😊

Yasudah, Misalkan saja kita pilih paket PPKM yang 10 juta ya.


Rekomendasi Toko Skincare Terbaik Di Shopee 

Membeli skincare di shopee bisa menjadi pilihan tepat, berikut toko yang saya rekomendasikan untuk skincare sendiri.

Untuk lihat dan beli langsung klik link di atas ya.


6. Fotografer dan Sound System

Mungkin hal ini cuma pelengkap aja, tapi jaman sekarang kayaknya kurang afdol gitu ya kalau tanpa jasa fotografer atau sound sistem yang memadai.

Sesimpel nya acara pasti didokumentasikan minimal dengan kamera handphone atau kalau mau lebih bagus ya pake kamera DSLR.

Sama halnya juga dengan sound system, acara seperti pernikahan sudah wajib lah ya pakai pengeras suara. Nah, soal budget nya bisa disesuaikan dengan kemampuan kalian ya.

Kalau mau hemat, kamera bisa minjem, terus bisa minta tolong saudara juga buat jadi fotografer dadakan. Hehe. Begitu juga sama sound sistem, bisa minjem ke temen yang punya dan minta tolong tetangga atau saudara juga buat jadi operator nya. Beuuuh super hemat banget atuh lah ya kalau beneran bisa gitu 😆

Atau kalau memang kalian harus pakai jasa fotografer coba cari harga sekitar 2 jutaan dan jasa sewa sound system, cari deh yang budget nya 1 jutaan, cari aja dulu.. siapa tau ada.. jangan pantang menyerah ya ! Hehe 😁


Rekomendasi Toko Shopee untuk Beli Paket Seserahan

Nah, dari pada bingung langsung saja klik link di bawah untuk lihat dan beli paket seserahannya :


7. Souvenir untuk Tamu

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Dapet kenang kenangan dari acara pernikahan atau yang biasa kita sebut souvenir emang seneng ya. Apapun yang kita dapat disyukuri aja kan ya ? Karena itukan cinderamata dan tanda terima kasih dari sang pengantin untuk tamu undangan yang telah hadir memberikan doa restu.

Souvenir pernikahan itu gak perlu mahal dan mewah kok, yang sederhana tapi bermanfaat buat yang menerima itu lebih berkesan ya.

Bagi yang budgetnya gak berlebih bisa coba cari souvenir dengan kisaran harga 1000-3000 rupiah tapi sudah dikemas rapi oleh pihak penjual, itu banyak kok.

Contohnya souvenir konektor masker ini, dengan harga 2000 rupiah kalian bisa dapet konektor masker yang kece, sudah di packing dengan rapi, pakai plastik dan sudah ada ucapan terimakasih nya juga.

Wah praktis dan no ribet banget kan ? 😁

Perkiraan biayam : 

Tamu 300 orang x Rp. 2000 = Rp. 600.000


Rekomendasi Toko Skincare Terbaik Di Shopee 

Membeli skincare di shopee bisa menjadi pilihan tepat, berikut toko yang saya rekomendasikan untuk skincare sendiri.

Untuk lihat dan beli langsung klik link di atas ya.


Rincian Lengkap Biaya Nikah 30 Jutaan

Sekarang coba kita total yuk secara keseluruhan, biaya nikah 30 juta di atas apa benar pas atau lebih dikit : 

No Kebutuhan Untuk Jumlah (Rp)
1 Mas Kawin  4.600.000
2 Seserahan  1.100.000
3 Biaya KUA 600.000
4 Catering  15.000.000
5 MUA dan Dekor 10.000.000
6 Fotografer 2.000.000
7 Sound System 1.000.000
8 Souvenir 600.000
TOTAL  Rp. 34.900.000

Meski gak pas 30 juta, tapi tetep aja lah ya biaya nikah 30 juta lebih sedikit hehe,  itu bisa terwujud.

 

Penutup

Seperti itulah kira – kira gambaran pernikahan biaya nikah 30 juta, hemat kan ya. Ini semua hanya perkiraan kasar ya, selebihnya kan setiap daerah punya standar harga yang berbeda dan semuanya balik lagi juga ke jasa yang kalian pilih. 

Sumber gambar utama : money.com

Tinggalkan komentar