√ Apakah Among Tamu Pada Pernikahan Itu? Inilah Ulasannya

Apakah Among Tamu Pada Pernikahan Itu? Inilah Ulasannya

among tamu pada perikahan
Yuk share tulisan ini :

Among tamu pada pernikahan memiliki nilai yang penting. Karena itu kamu harus mempersiapkan siapa saja, berapa jumlah dan bagaimana baju mereka.



Among tamu pada pernikahan sudah pasti ada dalam acara sakral yang satu ini. Hanya saja sebutannya bisa berbeda-beda pada masing-masing kalangan.

Ada yang memang menyebutnya sebagai among tamu. Ada juga yang menyebutnya sebagai bridesmaids. Siapa saja yang bisa menjadi among tamu ini beragam.

Siapa dan Apa Tugas Among Tamu pada Pernikahan?

Sumber : http://diarygatri.blogspot.com/

Soal siapa among tamu itu, bis pula terserah keluarga yang mengadakan pernikahan. Kata ‘terserah’ di sini diartikan boleh mengajak siapa saja serta berapa jumlahnya.

Ada yang mengajak keluarga inti saja untuk menjadi among tamu. Ada juga yang mengajak banyak keluarga sekaligus untuk menjadi among tamu.

Terlepas dari itu semua, perlu diketahui bagaimana aturan among tamu. Seperti berapa jumlah seyogyanya dan apa yang harus dikenakan.

Tugas among tamu pada pernikahan untuk menyambut tamu yang datang. Oleh karena itu, pakaian sebaik mungkin akan terasa lebih sempurna. Among tamu ini akan duduk berpasangan dengan pasangan masing-masing. Sehingga, pakaian yang match pun akan dibutuhkan.

Pilihan Pakaian untuk Among Tamu pada Pernikahan

Sumber : liputan6.com

Selain siapa dan apa tugasnya, pakaian among tamu juga sangat penting. Karena hal ini berhubungan dengan sisi harmonisasi warna dan konsep pernikahan. Berikut ini ada beberapa pilihan pakaian among tamu pada pernikahan.



1. Among Tamu dengan Kebaya Modern

Pakaian among tamu ini paling sering ditemui. Alasannya, tak sulit untuk melakukan pengadaan busana among tamu ini. penyelenggara pernikahan hanya perlu memberi kain kebaya saja. Selanjutnya orang yang menjadi among tamu bisa menjahitkannya sendiri.

Among tamu bisa bebas memilih apakah harus sama atau boleh berbeda. Hal ini ditentukan oleh keluarga yang menyelenggarakan pernikahan.

Jika harus sama semua, maka gambar model kebaya harus diberikan. Namun jika boleh berbeda, para among tamu bisa memodifikasi sendiri.

Sekarang ini sudah banyak ide atau inspirasi kebaya modern di internet. Kamu bisa memilihnya dengan mudah.

Setelah memilih, model tersebut bisa ditunjukkan pada penjahit untuk dibuat. Karena ide ini merupakan ide untuk among tamu modern. Mudah bukan?

2. Among Tamu Adat Jawa dengan Kutu Baru

Filosofi dari pakaian kutu baru adalah baju yang resmi untuk menunjukkan sebuah acara sakral. Cara pemberiannya juga sama dengan cara di poin sebelumnya.

Yaitu dengan memberikan kain kemudian dijahitkan sendiri oleh yang menerima. Namun demikian, juga ada yang memberikan baju yang sudah jadi.

Jika Anda menghendaki, Anda bisa membuat daftar ukuran para among tamu. Setelah terperinci semua ukurannya, Anda bisa langsung berbelanja. Akan lebih baik jika kutu baru yang dipilih warnanya senada dengan pakaian pengantin.

Karena model kutu baru itu-itu saja, tak sulit untuk memilihnya. Anda bisa memilih yang hiasannya banyak. Bisa juga yang sederhana. Pastikan model yang Anda pilih sesuai dengan usia pemakai.

3. Among Tamu dengan Kebaya Jumputan

Pakaian among tamu dalam pernikahan selanjutnya adalah kebaya jumputan. Pernahkah kamu melihat among tamu dengan pakaian ini? Jika belum, apa salahnya mencoba kebaya dengan filosofi kebebasan dan nilai esensial hubungan cinta ini?

Anda juga bisa mencoba ide kebaya jumputan. Bahkan, ide ini cocok untuk Anda yang memiliki budget pernikahan terbatas.

Harga kebaya jumputan relatif murah. Apalagi jika Anda berbelanja secara grosir atau yang masih berupa kain. Anda bisa menanyakan berapa perkiraan kebutuhan kain untuk satu orang pada penjual. Setelah itu Anda beli kain dengan jumlah perkalian ukuran dengan jumlah orang.

Potong menjadi masing-masing bagian. Bagikan kain tersebut kepada para among tamu. biarkan mereka menjahitnya sendiri.

Kebaya jumputan ini masih masuk kriteria pakaian among tamu jawa. Namun, harga relatif murah dan tetap modern.

4. Among Tamu dengan Kebaya Kartini

Sebuah kebaya kartini juga bisa diaplikasikan untuk para among tamu. Filosofinya adalah kesucian jiwa wanita. Jangan lupa, kebaya ini memiliki ukuran lebih panjang dengan dilengkapi jarik.

Dengan kebaya Kartini, suasana pernikahan nanti akan terasa lebih sakral atau suci. Kebaya kartini merupakan kebaya tradisional. Namun bisa membuat pemakainya terlihat anggun.

Siapapun akan pantas memakai kebaya ini. Baik yang masih muda namun among tamu yang sudah tua.

5. Among Tamu dengan Batik Kontemporer

Selanjutnya kamu juga bisa memilih batik untuk dikenakan para among tamu. Batik yang kamu pilih ini bisa beragam.

Anda bisa memilih model yang paling modern. Bisa juga yang cenderung klasik. Prinsipnya sama dengan poin sebelumnya. Memberikan pada para among tamu berupa kain atau baju batik yang sudah jadi.


Baca juga : 



Jumlah Pakaian yang Harus Disiapkan untuk Among Tamu

Sumber : hipwee.com

Biasanya dalam pernikahan ada lima sampai sepuluh pasang among tamu. Biasanya mereka merupakan tetangga, orang terdekat, atau saudara. Saudara yang dimaksud ini bisa berupa bibi dan paman atau kakek dan nenek.

Berapa among tamu dalam pernikahan yang akan kamu ajak sebenarnya terserah keluarga. Namun, terlepas dari itu ada jumlah pakaian yang harus kamu siapkan.

Kamu harus menyiapkan pakaian kebaya yang se elegan mungkin untuk dua orang. Yaitu untuk ibu kandung dan ibu mertua. Mereka akan duduk di sampingmu dan pasangan selama pernikahan berlangsung.

Jika kamu memiliki adik perempuan, maka harus disiapkan pula. Kamu bisa menyiapkan kebaya yang lain dari yang lain.

Modelnya juga lebih baik lain sehingga para tamu bisa mengetahuinya. Hal yang sama juga perlu kamu siapkan pada calon adik ipar.

Kamu bisa juga menyiapkan pakaian untuk teman-teman atau biasa disebut dengan bridesmaids. Hal ini sifatnya opsional. Pakaian yang bisa dipilih berupa dress kebaya atau dress brokat.

Untuk tampilan lebih modern kamu bisa memilih kutu baru. Warna bawahan dan atasan bisa saja senada. Namun Anda tetap boleh memadukan dua warna berbeda.

Pakaian untuk among tamu bisa menyesuaikan budget yang ada. Bisa juga menyesuaikan keinginanmu. Apakah Anda ingin menciptakan pesta pernikahan yang modern atau klasik. Pasalnya, tema yang Anda terapkan ini berpengaruh pada pakaian among tamu.



Penutup

Selain among tamu, juga ada pakaian lain yang harus disiapkan misalnya pakaianmu sendiri. Kamu bisa menyiapkan pakaian among tamu pada pernikahan 1 atau 2 bulan sebelumnya.

Sumber gamar utama : indonesianbatik.id


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply