Penting! Ini Dia Tips Agar Tidak Gugup Saat Ijab Qabul Berlangsung

agar tidak gugup saat ijab qabul
Yuk share tulisan ini :

Hampir setiap orang akan merasa grogi dan takut saat proses ijab qabul berlangsung. Berikut adalah beberapa tips yang direkomendasikan agar tidak gugup saat ijab qabul.



Meskipun hanyalah rangkaian kata, dibalik kalimat ijab qabul terdapat tanggung jawab yang amat besar menantimu setelah kehidupan berkeluarga dimulai. Hal itu pula yang umumnya akan membuat sebagian orang gugup ketika akan mengucapkan kalimat sakral ini.Ijab qabul adalah salah satu momen yang dinanti-nanti bagi sebuah pasangan. Buat kamu yang akan menikah sebentar lagi mungkin akan gugup ketika memikirkan prosesi ijab qabul. Pada akhirnya kamu berusaha sebisa mungkin agar tidak gugup saat ijab qabul nanti.

Beberapa Upaya Agar Tidak Gugup Saat Ijab Qabul

Sumber : https://japanesian.id/

Meskipun terkesan berat dan tak main-main dalam pengucapannya, jangan sampai kamu gugup dalam prosesi ijab qabul, ya. Nah, berikut adalah berbagai tips yang dapat membantu meringankan rasa gugup kamu ketika prosesi ijab qabul berlangsung.

1. Pastikan Kamu Hafal Betul Kalimat Ijab Qabul yang Akan Diucapkan

Tips pertama yang dapat kamu coba adalah dengan menghafalkan kalimat ijab qabul yang nantinya akan kamu ucapkan. Jangan sampai kamu tak hafal sama sekali kalimat sakral tersebut ketika prosesi ijab qabul tengah berlangsung.

Agar dapat menghafalnya, tentunya kamu tak boleh malu ketika latihan. Kamu dapat meminta bantuan kepada orang lain untuk membantu proses hafalan ijab kabul. Kamu juga dapat mendatangi calon ayah mertua untuk meminta bantuan sambil mengakrabkan diri. Asalkan kamu tidak membawa saksi juga, ya.

Contoh kalimatnya ada pada gambar di atas.

2. Ingatkan Diri Bahwa Kamu Hanya Perlu Mengucapkan Satu Kalimat Saja

Tips kedua adalah mengingatkan pada diri sendiri ketika mulai merasakan gugup saat prosesi ijab qabul berlangsung. Ingat, kamu hanya perlu mengucapkan satu buah kalimat. Meskipun maknanya berat, tetapi mengucapkannya tak akan sesulit yang kamu pikirkan, kok.

Usahakan betul-betul untuk menyingkirkan pikiran negatif maupun hal tahayul lainnya. Berbagai pemikiran buruk memang hanya akan membuat kamu semakin tersiksa. Sebaiknya, kamu memikirkan hal-hal positif yang bisa membuat kamu tenang dan rileks.



3. Ijab Qabul Tidak Harus Dilakukan dengan Satu Tarikan Napas

Pasti kamu juga memikirkan hal ini kan? Faktanya, anggapan jika ijab harus dilakukan dalam satu tarikan napas dan apabila terputus maka ijabnya tidak sah adalah sebuah kekeliruan. Menurut jumhur ulama, ijab qabul ini dapat dilakukan dalam beberapa kali tarikan napas.

Yang terpenting, ijab qabul antara calon mempelai pria dengan wali ini harus beruntun dan juga tidak memiliki selang waktu. Maksud dari ‘’tidak memiliki selang waktu’’ tersebut adalah prosesi ijab dan qabul dilaksanakan dalam satu waktu. Tak ada jeda panjang dan dilaksanakan dalam satu majelis (tak berpindah-pindah). Jadi, jangan salah paham, ya.

4. Berdoa

Sebelum dilaksanakannya prosesi ijab qabul, ada baiknya jika kamu berdoa dengan khusyuk terlebih dahulu. Bukan hanya sesaat sebelum ijab dimulai, tetapi jauh-jauh hari sebelum hari-H ijab qabul yang akan kamu laksanakan.

Dengan doa yang kamu panjatkan mudah-mudahan prosesi ijab qabul akan terlaksana dengan lancar tanpa suatu halangan apapun. Kamu juga dapat terhindar dari pelafalan ijab qabul salah atau hambatan yang lainnya.

5. Jangan Lupa Makan

Mungkin sebagian dari kamu akan menyepelekan hal kecil ini. Namun, jangan sampai karena terlampau gugup kamu lupa makan. Usahakan agar perut kamu jangan sampai kosong sebelum prosesi ijab dan qabul berlangsung. Bisa jadi nanti kamu justru tak konsentrasi.

Yap, mengisi perut sebelum proses ijab memang sangat penting. Tidak lucu kan kalau tiba-tiba perut keroncongan saat bersalaman dengan wali dari calon istrimu? Dengan makan juga dapat membuat fokus kamu lebih terjaga dan siap untuk melaksanakan prosesi sakral dalam pernikahan kamu.

6. Mengobrol Ringan Sesaat Sebelum Prosesi Ijab Dilangsungkan

Bagi sebagian orang, mengobrol merupakan salah satu upaya efektif untuk menghilangkan rasa grogi atau gugup. Mungkin cara yang satu ini juga efektif buat kamu yang sedang gugup sebelum melakukan ijab dan qabul.

Tak harus dengan obrolan yang berat-berat, hanya dengan obrolan ringan seperti candaan kecil saja juga sudah cukup. Hal ini dimaksudkan agar kondisimu lebih baik dan dapat mencairkan suasana dan membuatmu lebih rileks.



Berbagai Mitos Terkait Ijab Qabul

Sebelum melaksanakan prosesi ijab qabul, ada baiknya juga kamu mengetahui beberapa mitos ijab kabul yang banyak diyakini masyarakat. Hal ini bertujuan agar nantinya kamu tidak terlalu parno dan takut. Sebab, ketakutan hanya akan membuat kamu semakin gugup.

Ada anggapan jika mempelai pria mengulangi ijab qabul hingga beberapa kali, hal tersebut menandakan pernikahan tak akan langgeng. Sebagian masyarakat pasti sudah mengetahui desas-desus tersebut. Namun, apakah faktanya demikian? Nyatanya, pernikahan ataupun perceraian tak ada sangkut pautnya dengan mitos tersebut.

Sampai saat ini bahkan belum pernah dilakukan survei terkait hubungan antara pengucapan ijab qabul berulang-ulang dengan perceraian sebuah pasangan. Sebagai orang yang tahu tentang agama, selayaknya kamu tidak langsung terpengaruh dengan mitos yang tak berdasar tersebut.

Namun, untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu juga berlatih terlebih dahulu daripada mengulang-ulang kalimat ijab pada saat pelaksanaannya. Jika prosesi ijab qabul berlangsung dengan cepat tentu akan membuat rasa grogi kamu juga akan cepat hilang bukan?

Kunci utama dari segala tips menghilangkan rasa gugup ini adalah doa. Perkuat doa sebelum ijab kabul agar prosesi ijab qabul dapat berlangsung dengan lancar tanpa adanya halangan apapun. Selain itu, kamu juga jangan sampai mudah terpengaruh dengan hoax tak berdasar seputar pernikahan.

Penutup

Demikian sekilas pembahasan mengenai berbagai upaya yang dapat kamu lakukan agar tidak gugup saat ijab qabul. Mudah-mudahan sedikit informasi ini dapat membantu kamu dalam mengatasi rasa gugup sebelum melangsungkan prosesi ijab qabul. Sekian dan selamat beraktivitas kembali.

Sumber gambar utama : www.alkhoirot.net/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time