7 Tips Menghemat Biaya Pernikahan hingga 30%, Dijamin Berkesan!

tips menghemat biaya pernikahan
Yuk share tulisan ini :

Stress karena budget nikah pas-pasan? Lakukan 7 tips menghemat biaya pernikahan ini untuk mengakalinya. Dijamin tetap berkesan dan tak terlupakan.



Hari pernikahan sudah dekat tetapi budget masih belum terkumpul? Tenang, kamu bisa melakukan beberapa tips menghemat biaya pernikahan untuk meminimalisir biaya nikah yang nggak sedikit.

Semua pasangan pasti ingin menciptakan momen terbaik di hari spesialnya. Namun, dalam proses realisasinya kadang cukup menguras waktu dan emosi hingga stress, apalagi budget yang terbatas. Wah … bisa kalang kabut tuh mengakalinya. Alternatifnya cuma satu, yaitu menerapkan tips nikah hemat untuk menciptakan pernikahan dengan budget seadanya tetapi berkesan.

Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan bukan hanya sebatas berbagi kebahagiaan, tetapi sebuah momen sekali seumur hidup. Sehingga, dalam proses perealisasiannya pun harus spesial, berkesan, dan tak terlupakan. Nyatanya, dalam proses perwujudannya banyak yang terkendala olah budget. Well, hal itu bisa diakali kok dengan beberapa cara cerdas menghemat biaya nikah di bawah ini. Bahkan bisa hemat sampai 30% loh.

Undangan Online atau Undangan Digital

tips menghemat biaya pernikahan
Sumber : cepetnikah.com

Teknologi sekarang sudah sangat maju. Kamu pun bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentinganmu. Salah satunya dalam hal mengundang seseorang untuk menghadiri acara yang akan kamu laksanakan. Termasuk undangan pernikahan.

Dengan menggunakan undangan online, kamu bisa menghemat undangan kertas yang seharga Rp 1.000,- bahkan puluhan ribu. Nah, budget untuk undangan ini bisa kamu alokasikan ke biaya lainnya. Tenang, nggak perlu menggunakan jasa desain, karena ada beberapa platform yang menyediakannya gratis untukmu. Jadi, manfaatkan saja sekaligus mengasah kreativitas.

Batasi Jumlah Tamu Undangan

tips menghemat biaya pernikahan
Sumber : https://www.loveandlavender.com/

Pernah melihat acara pernikahan sahabat atau rekanmu dipenuhi oleh orang-orang yang belum tentu dikenalnya? Jika ya, kamu bisa mulai membatasi jumlah tamu yang akan kamu undang. Tentunya, siapa yang mau merasa asing di hari spesialnya kan?

Pernikahan merupakan acara penuh kehangatan dan keintiman antar keluarga mempelai. So, undanglah kerabat dan teman dekat saja. Dengan membatasi tamu undangan, dijamin deh, acaramu akan lebih berkesan. Bisa juga sertakan R.S.V.P di undangan agar tamu yang datang terkontrol. Membatasi tamu undangan merupakan tips menghemat biaya nikah yang benar-benar ampuh.

Mengelola Vendor Pernikahan yang Digunakan

pernikahan adat sunda

Jika kamu berniat menggunakan vendor pernikahan karena kesibukanmu mengurusnya sendiri. Ada beberapa hal yang bisa dihemat, seperti katering, fotografer, hingga event organizer. Kamu bisa memanfaatkan keahlian temanmu yang hobi fotografi untuk menjadi panitia yang mengabadikan momen spesialmu.

Nah, tips untuk keperluan katering, kamu bisa mencari vendor khusus katering. Jadi, tugas vendor pernikahanmu hanya mengurus event organizer atau dekorasinya. Yang lebih untung lagi, jika kamu menggunakan vendor milik temanmu dan mau mempromosikannya di acaramu. Pasti dapat diskon deh!

Rias atau make up Sendiri

tips menghemat biaya pernikahan
Sumber : jurnal.id

Punya kemampuan merias diri sendiri yang cantik? Atau memang hobi berdandan? Manfaatkan saja! Tahu Kate Middleton kan? Nah, ia juga merias dirinya sendiri di hari pernikahannya loh. Nggak perlu minder, toh pernikahan adalah acara kalian berdua.

Dengan merias diri sendiri, pernikahanmu akan semakin berkesan di hati. Apalagi pengalaman yang akan kamu dapatkan, pasti nggak akan terlupakan. Pengalaman yang luar biasa dan bakal berbeda dengan pernikahan-pernikahan lain.



Souvenir

Sumber : bukalapak.com

Bosan dengan souvenir yang ditawarkan oleh toko komersil di luar sana? Desainnya mainstream dan nggak menarik minatmu ya? Gampang! Bikin aja yang sesuai dengan seleramu. Contohnya clutch untuk uang koin, dan beberapa ide kreatif lainnya. Hanya butuh kreativitas. Pengerjaannya bisa dicicil juga sampai hari H.

Pemilihan Waktu Pernikahan yang Tepat

bulan baik untuk menikah

Biaya sewa tempat di hari biasa dan weekend harganya beda loh! Biasanya, di hari kerja (senin sampai jumat) harganya akan lebih miring dibandingkan sabtu atau minggu. Biaya katering juga bisa lebih murah loh. Nikah on budget? Siapa takut!

Selain dari biaya-biaya yang lebih murah di hari kerja. Dari sisi waktu pelaksanaan juga bisa berpengaruh. Contohnya mengadakan di waktu sore hari.

Kenapa sore hari?

Waktu itu kan tamu undangan sudah makan siang, belum waktunya pula makan malam. Jadi, kamu bisa menghemat biaya catering dengan menyediakan makanan yang mengenyangkan tetapi tidak berat.

Seragam Keluarga

Sumber : popbela.com

Ingin melihat keluarga besar tampil seragam di acara spesialmu? Bisa, kok. Nggak perlu harus bajunya sama, cukup seragamkan saja warna dan dress code-nya. Contoh batik berwarna coklat dengan kain hitam untuk laki-laki. Sementara untuk perempuan bisa menggunakan tunik atau blus berwarna krem dengan bawahan batik berwarna coklat.

Oh iya, pilihlah warna-warna yang netral tetapi tidak mencolok. Setiap orang juga kemungkinan besar memiliki pakaian dengan warna  netral. Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan pernak-pernik seperti pita bunga atau flower crown sebagai penanda bahwa mereka adalah pihak keluarga.

Anggarkan dan Rencanakan Semuanya dengan Tepat dan Detail

Intinya, dalam menyelenggarakan pernikahan tidak harus mahal. Atau harus berlebihan hanya demi mendapatkan sanjungan dari undangan. Gunakan kreativitasmu, ciptakan ide-ide unik untuk pernikahanmu. Menjadikannya lebih berkesan dan lain dari pesta pernikahan lainnya.

tips menabung untuk menikah
Sumber : https://omextemplates.content.office.net/

Anggarkan dan Rencanakan semua detail pernikahan dari hal terkecil hingga terbesar. Bijaklah dalam memutuskan kebutuhan pernikahanmu, perlu atau tidak adanya. Hal ini bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi dana di luar rencana. Selain itu, kamu pun mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tak terlupakan saat mengurusnya sendiri.



Itulah delapan tips menghemat biaya pernikahan hingga 30% persen yang bisa kamu lakukan. Satu lagi kamu bisa mempelajari tips mudah hemat biaya pernikahan dari yang di upload oleh channel youtube alissha.


Yang perlu kamu garis bawahi adalah pernikahan bukanlah sesuatu yang harus MEWAH! Alangkah lebih baik lagi jika uang yang kamu miliki bisa dimanfaatkan sebaik mungkin setelah melangsungkan pernikahan. Karena pernikahan bukanlah akhir, tetapi awal baru untuk kehidupanmu.

Sumber gambar utama : pixabay.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time