Ulasan Lengkap Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

tes kesehatan pranikah di puskesmas
Yuk share tulisan ini :

Menikah merupakan momen sekali seumur hidup yang dinanti dan akan dikenang oleh pasangan manapun yang ada di dunia ini. Berbagai persiapan dilakukan agar acara bisa berjalan dengan lancar dan bahagia.

Mulai dari mengumpulkan barang seserahan, membeli souvenir, memilih wedding organizer yang tepat, tes kesehatan pranikah di puskesmas, dan banyak lagi yang lainnya.



Pada tulisan kali ini aku akan berbagi info tentang tes kesehatan pranikah di puskesmas.

Apa itu Tes Kesehatan Pranikah?

Barangkali ada yang belum tahu apa itu tes kesehatan pranikah, maka yang paling pertama dibahas adalah pertanyaan tersebut.

Tes kesehatan pranikah adalah tes yang harus dilakukan calon pengantin sebelum resmi melakukan proses pernikahan. Tes kesehatan pranikah ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi karena hasilnya nanti akan digunakan untuk kelengkapan administrasi pendaftaran pernikah ke KUA (Kantor Urusan Agama).

Oh iya tes kesehatan pranikah yang diulas pada tulisan ini khusus calon pengantin wanita saja ya, yaitu Suntik TT.

Apa itu Suntik TT?

Sumber : hipwee.com

Suntik TT (Tetanus Toksoid) merupakan proses memasukan bakteri ke dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh tetanus. Suntik TT sudah diwajibkan oleh pemerintah sejak tahun 1986 sebagai persyaratan administrasi yang akan diserahkan ke KUA.

Setiap yang peraturan yang diwajibkan tentu saja ada latar belakangnya, begitupun dengan suntik TT ini. Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan membuat pemerintah berupaya untuk meminimalisirnya yaitu dengan pemberian imunisasi TT bagi calon pengantin wanita.



Kapan Suntik TT dilakukan?

Bagi wanita yang akan segera menikah dan merencanakan kehamilan sangat dianjurkan untuk melakukan suntik ini untuk meningkatkan antibody. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan suntik TT yaitu 1 sampai 2 bulan sebelum melakukan pernikahan.

Dulu akupun melakukannya satu bulan sebelum menikah. Waktu itu aku akan menikah di awal tahun 2019, nah di bulan desembern 2018 nya sudah melakukan suntik TT.

Syarat Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Tes kesehatan pranikah khususnya suntik TT bisa dilakukan di Puskesmas terdekat dari rumah kamu. Untuk persyaratannya sendiri cukup mudah ko yaitu :

  • KTP Elektronik
  • BPJS kalau ada

Nanti tinggal bilang saja ke administrasi pendaftaran di puskesmas mau melakukan suntik TT. Biasanya akan diminta BPJS kalau ada, kalau tidak ya cukup pakai KTP el saja. Setelah itu tunggu sampai nama kamu dipanggil dan proses vaksin dilakukan.

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Biaya melakukan tes kesehatan pranikah di puskesmas cukup terjangkau. Untuk suntik TT sendiri dulu saya hanya mengeluarkan biaya kurang lebih 20 ribu saja. Kalau kamu pakai BPJS otomatis gratis.

Jadi jangan sayang mengeluarkan uang hanya beberapa rupiah saja ya.

Kartu atau Surat Keterangan Suntik TT

Nah jika prosedur di atas sudah dilakukan kamu akan diberikan surat keterangan atau kartu Suntik TT yang harus dilampirkan untuk kelengkapan administrasi di KUA. Gambarnya seperti di bawah ini.

Tes kesehatan pranikah di puskesmas
Sumber : http://airinku.blogspot.com/

Pengalaman aku tahun 2018 lalu saat melakukan suntik TT di puskesmas, kartu tersebut diberikan saat itu juga. Jadi gak nunggu lama atau bahkan beberapa hari. Kalau ada yang sampai beberapa hari mungkin itu tergantung kebijakan puskesmas di daerahmu masing-masing.



Apakah Wajib Tes Kesehatan Sebelum Menikah

Sering banget nemu pertanyaan ini. Di atas sudah dijelaskan bahwa ini tes keshatan pranikah bagi calon pengantin wanita itu wajib, khususnya suntik TT.

Hal tersebut tentu baik untuk wanita. Bayangkan saja saat melahirkan nanti wanita akan berhadapan dengan berbagai peralatn rumah sakit yang berbahan alumunium. Maka vaksin TT ini merupakan bagian dari ikhtiar agar terhindar dari tetanus yang bisa mengakibatkan kematian.

Penutup

Itulah sedikit ulasan tentang tes kesehatan pranikah di Puskesmas untuk calon pengantin wanita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share agar orang lain bisa mendapatkan manfaatnya juga.

Sumber gambar utama : https://hellosehat.com/


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply