Ragam Jenis Undangan Pernikahan Dan Yang Harus Diperhatikan Saat Membuatnya

jenis undangan pernikahan
Yuk share tulisan ini :

Dalam merencanakan acara pernikahan, undangan menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Semua hal terkait undangan perlu dipersiapkan dengan matang, mulai dari jumlah yang dibutuhkan, desain hingga jenis undangan pernikahan itu sendiri.

Ketika membuat undangan pernikahan, kebanyakan pasangan seringkali menyerahkan semuanya kepada pihak percetakan. Paling tidak, mereka hanya memberitahu tanggal dan tempat acara untuk dicantumkan di dalamnya. Padahal undangan pernikahan pada dasarnya mempunyai banyak pilihan jenis dan hal yang harus diperhatikan.

Jenis-Jenis Undangan Pernikahan

Contoh undangan pernikahan digital

Di jaman yang serba canggih sekarang ini, segala sesuatunya dapat menjadi lebih simpel dan tidak merepotkan. Termasuk dalam hal membuat undangan pernikahan yang kini banyak dibuat dalam berbagai jenis sesuai keinginan si pembuat. Nah, Berikut ini jenis undangan pernikahan berdasarkan dari bentuk dan kertasnya:

  • Berdasarkan Bentuk

Pada umumnya undangan pernikahan dibuat dalam bentuk kartu berupa kertas, namun sekarang ini tidak hanya itu saja. Jika dilihat berdasarkan dari bentuknya, undangan pernikahan ada dua jenis, yaitu:

  1. Undangan Pernikahan Fisik

Jenis undangan ini sudah ada sejak dulu dan hingga kini masih banyak dipilih. Walaupun bidang teknologi sudah semakin maju, namun eksistensi undangan pernikahan dalam bentuk fisik tampaknya masih akan tetap banyak diminati. Pasalnya, undangan dalam bentuk ini tampak lebih formal dan penuh kesan, apalagi pengirimannya diberikan secara langsung.

Meskipun mencetak undangan pernikahan jenis fisik memakan lebih banyak biaya. Namun keuntungannya, jenis undangan ini lebih banyak ragam model dan desainnya sehingga juga lebih banyak pilihan.

  1. Undangan Pernikahan Digital

Selain jenis undangan pernikahan berbentuk fisik, ada juga undangan yang berbentuk digital. Karena bentuknya yang digital, jadi undangan pernikahan ini juga dikirim melalui digital alias tanpa perlu dicetak untuk diberikan. Ini akan sangat membantu untuk mengirimkan undangan kepada saudara atau kenalan jauh tanpa perlu repot-repot datang ke tempatnya.

Selain itu, undangan digital juga bisa dibuat dan dirancang sendiri memakai bantuan beberapa aplikasi di smartphone sehingga desainnya akan menjadi lebih eksklusif dan bisa lebih menghemat waktu.

  • Berdasarkan Jenis Kertas

Sumber : uprint.id

Disadari atau tidak, kertas yang dipakai untuk membuat undangan pernikahan tidak selalu sama. Ada banyak jenis kertas yang bisa dipilih untuk disesuaikan dengan desain yang diinginkan. Oleh sebab itu, jika didasarkan jenis kertasnya maka undangan pernikahan dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini:

1. Jenis Kertas Jasmine

Undangan pernikahan jenis kertas jasmine memiliki tampilan yang terkesan mewah dan eksklusif, apalagi jika diaplikasikan dengan desain yang sesuai. Namun meski begitu, harganya tergolong murah sehingga menjadi nilai lebih untuk dijadikan undangan mewah dengan harga terjangkau. Jenis kertas ini hanya bisa dibuat jika dengan menggunakan teknik emboss atau deboss. Jadi kartu undangan akan dihasilkan tanpa melalui proses percetakan.

2. Jenis Kertas Concorde

Kertas undangan ini memiliki ciri khas berupa serat garis tak beraturan pada permukaan kertasnya. Undangan yang menggunakan jenis kertas ini mampu menampilkan kesan romantis yang menarik, cocok untuk konsep pernikahan yang megah dengan nuansa yang elegan. Untuk undangan, biasanya concorde tebal akan lebih banyak digunakan. Namun pada kertas jenis ini, jika terlipat akan meninggalkan bekas sehinggan tampak seperti patah-patah.

3. Jenis Kertas Art Paper

Kertas Art Paper mempunyai tekstur permukaan yang halus dan licin dengan efek glossy atau mengkilap. Itulah mengapa jenis kertas ini biasanya dipakai untuk dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover undangan maupun isi dari undangan tersebut. Jenis undangan pernikahan dari kertas ini akan lebih terlihat mewah, apalagi jika dilaminasi dengan doff, glossy atau UV.

4. Jenis Kertas Art Carton

Hampir sama persis dengan jenis kertas undangan art paper, hanya saja yang membedakan jenis yang satu ini adalah gramaturnya. Di mana jenis kertas undangan art carton cenderung lebih tebal daripada art paper. Jenis kertas ini umumnya dijadikan undangan cantik tanpa hard cover.

5. Jenis Kertas Ivory

Merupakan jenis kertas undangan yang memadukan antara beberapa jenis kertas lain seperti Art Paper, Art Carton dan Matt Paper. Menggunakan kertas ini untuk undangan pernikahan akan menghasilkan undangan yang terkesan menarik, apalagi jika dikombinasikan dengan desain yang unik. Untuk itu, tak ada salahnya memilih jenis kertas undangan ini untuk membuat undangan pernikahan yang menampilkan kesan unik.

6. Jenis Kertas Matt Paper

Jika dilihat sekilas, jenis kertas undangan matt paper memiliki tampilan yang hampir sama seperti dengan art paper. Namun jika dilihat lebih jelas, Matt Paper tidak memiliki warna dan tekstur yang mengkilap atau glossy sehingga bisa menyerap tinta dengan lebih cepat. Karena itulah jenis kertas ini sering juga digunakan untuk undangan pernikahan.

7. Jenis Kertas Linen

Jenis undangan selanjutnya adalah yang menggunakan bahan kertas linen. Ini umumnya dipilih untuk membuat undangan terlihat memiliki sentuhan yang berkelas. Di mana pada permukaannya yang memiliki tekstur kasar terdapat tanda garis-garis timbul yang tipis. Membuatnya sekaligus juga terlihat unik dan punya karakter kuat. Jika dipadukan dengan desain yang tepat, undangan yang dihasilkan akan terlihat sangat mewah namun tetap elegan.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Undangan Pernikahan

jenis undangan pernikahan
Sumber : https://jateng.tribunnews.com/

Memberikan undangan adalah salah satu bentuk untuk mengundang tamu atau kerabat agar datang ke acara pernikahan. Karenanya, undangan dibuat untuk dikirimkan pada masing-masing mereka yang hendak diundang. Namun percaya atau tidak, undangan bisa menjadi sangat memusingkan bagi pasangan yang hendak menikah. Apalagi dalam undangan tercantum banyak informasi penting yang harus tersampaikan.

Untuk itu, berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat undangan pernikahan:

1. Tentukan Tema Yang Sesuai

Ketika akan merancang undangan pernikahan, sebaiknya Anda sudah lebih dulu menentukan tema yang sesuai dan tepat untuk digunakan. Pasalnya, seperti jenis undangan pernikahan, pilihan tema undangan juga ada begitu banyak yang unik dan menarik. Pilihlah tema yang selaras dengan konsep pernikahan agar sesuai dengan acara yang akan diselenggarakan. Karena seunik dan semenarik apapun undangan dibuat jika tanpa tema maka akan sia-sia saja.

2. Pilih Vendor Undangan Yang Tepat

Karakteristik yang dimiliki oleh tiap vendor dalam menghasilkan jenis undangan berbeda-beda. Untuk itu, pastikan memilih yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda. Sebagai contoh, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, maka ada baiknya pilihlah vendor yang lokasinya dekat dengan rumah atau tempat kerja.

Hal ini bertujuan agar apabila ada yang kurang cocok atau perlu diperbaiki, maka Anda bisa dengan mudah untuk meminta direvisi. Akan lebih baik lagi, pilihlah vendor pernikahan yang terbuka terhadap semua masukan atau perbaikan yang Anda kemukakan sebagai klien mereka.

3. Tentukan Desain Sesuai Tema

Setelah menentukan tema undangan pernikahan maka selanjutnya giliran Anda menentukan desainnya yang tepat sesuai tema. Cobalah untuk melihat-lihat jenis desain yang tersedia atau mungkin Anda bisa mengajukan desain Anda sendiri. Jika masih bingung menentukan, pilih beberapa yang menarik untuk kemudian seleksi mana yang paling tepat dengan tema yang sudah ditentukan.

Jangan lupa perhatikan juga jenis kertas dan teksturnya serta pilih yang cocok dengan konsep pernikahan. Pastikan pada saat Anda memilihnya, pasangan juga setuju dengan kartu undangan yang dipilih.

4. Pilih Jenis Huruf Untuk Undangan

Apabila urusan perihal tampilan jenis undangan pernikahan telah selesai dipilih, maka kini saatnya untuk memilih jenis huruf yang akan digunakan untuk tulisan undangan. Pilihlah jenis huruf yang mudah dibaca namun juga sekaligus punya kesan menarik. Disarankan pilih jenis huruf yang sederhana dan menampilkan kesan bersih agar orang yang menerima kartu undangan dapat dengan mudah membaca informasi yag dicantumkan di dalamnya.

5. Pilih Harga Yang Sesuai

Hal yang tidak kalah penting diperhatikan saat membuat undangan pernikahan adalah harganya yang perlu disesuaikan dengan budget yang disiapkan. Dalam membuat undangan pernikahan, soal biaya bisa sangat fleksibel karena tersedia mulai dari harga murah sampai mahal. Namun bila ingin hasil yang maksimal, maka Anda juga harus mengeluarkan dana lebih besar.

Detail Penting Dalam Undangan Pernikahan

Sumber : https://muslimobsession.com/

Sebagus dan seunik apapun jenis undangan pernikahan yang dipilih, yang terpenting adalah isi alias informasi yang ada di dalamnya. Nah, berikut ini adalah beberapa detail penting dalam sebuah undangan pernikahan:

1. Nama Lengkap Penerima Undangan

Supaya undangan sampai kepada orang yang dituju, pastikan nama tamu ditulis dengan lengkap dan merupakan nama asli. Hindari menuliskan nama panggilan atau nama kecil agar calon tamu merasa dihargai dan kehadirannya diharapkan di acara pernikahan Anda. Tuliskan nama lengkapnya, atau bila memungkinkan tuliskan juga gelar dari orang tersebut secara lengkap pada undangan.

2. Nama Calon Pengantin

Menuliskan nama mempelai pengantin pria dan wanita adalah hal yang paling penting dalam undangan pernikahan. Karena dari informasi inilah orang yang menerima undangan dapat mengetahui siapa yang akan menikah. Oleh sebab itu, penulisan nama mempelai menjadi poin utama dalam kartu undangan. Pastikan nama kedua calon pengantin dituliskan dengan benar dan jelas.

3. Waktu Pelaksanaan Pernikahan

Detail penulisan jam, hari, tanggal dan tahun, kapan akad dan resepsi pernikahan  akan dilaksakan juga tidak kalah pentingnya dengan penulisan nama mempelai pengantin. Pasalnya, untuk bisa menghadiri acara pernikahan tepat waktu maka tamu undangan harus tau kapan acara akan digelar. Untuk itu, waktu pernikahan harus tertera dengan tepat pada undangan pernikahan.

4. Tempat Penyelenggaraan Pernikahan

Sama seperti nama mempelai dan waktu pelaksanaan, penulisan tempat acara pernikahan akan diselenggarakan juga merupakan poin penting dalam undangan pernikahan. Perhatikan dengan benar penulisannya, karena sedikit saja terdapat kesalahan penulisan maka bukan tidak mungkin tamu undangan malah nyasar ke tempat lain. Jika diperlukan, penambahan denah lokasi menuju tempat acara pernikahan diselenggarakan juga bisa dilakukan.

5. Dresscode

Jika pesta pernikahan Anda menggunakan dresscode, maka penting untuk Anda cantumkan pada undangan informasi mengenai pakaian apa dan warna apa yang harus dipakai ketika menghadiri pestanya. Anda tentu tidak maukan jika tamu undangan malu karena salah kostum? Untuk itu, jangan lupa untuk menyertakan dresscode pada undangan yang dikirimkan.

Penutup

Nah, Itulah tadi ragam jenis undangan pernikahan dan sedikit informasi mengenai hal detail saat membuatnya. Bagi Anda dan pasangan yang sedang menyiapkan pernikahan, perhatikan hal-hal di atas untuk memudahkan perihal pembuatan undangan.

Sumber gambar utama : tokopedia.net


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time