15 Rekomendasi Film Tentang Pernikahan Yang Wajib Ditonton

film tentang pernikahan
Yuk share tulisan ini :

Sekarang ini, film tentang pernikahan tampaknya sedang menjadi perhatian tersendiri bagi para penikmat film. Konfliknya yang lebih kompleks dan realistis dirasa menjadi warna baru yang menarik ditengah banyaknya film genre romantis anak muda.



Mencari film berkualitas yang mengangkat persoalan kehidupan pernikahan tidaklah sulit. Ada begitu banyak film garapan sutradara-sutradara berbakat yang menjadikan pernikahan sebagai tema dasar ceritanya. Bukan hanya film barat atau hollywood, ada juga film produksi Indonesia yang juga tidak kalah menariknya.

Rekomendasi Film Hollywood Tentang Pernikahan Paling Berkesan

Genre film apa yang suka Anda tonton? Action, romantic, comedy, thriller atau horror? Jika Anda ingin yang berbeda seperti real life dengan konflik yang realistis, film tentang pernikahan mungkin bisa jadi pilihan terbaik Anda. Film yang mengangkat tema soal kehidupan pernikahan biasanya cukup pelik dengan mengambil persoalan-persoalan dalam kehidupan pernikahan dari berbagai sudut pandang.

Nah, untuk Anda sedang mencari rekomendasi film-film hollywood tentang pernikahan. Berikut adalah beberapa diantaranya yang paling berkesan:

1. 45 Years

Sumber : https://m.media-amazon.com/

Film ini menceritakan tentang pernikahan pasangan tua yang langgeng hingga 45 tahun lamanya, bernama Kate dan Geoff Mercer. Pernikahan mereka terancam setelah sang suami menerima surat tentang kondisi cinta pertamanya. Di sinilah konflik mulai muncul, di mana hal tersebut ternyata begitu emosional bagi Geoff hingga hampir merusak pernikahannya dengan Kate.

Film 45 Years ini memberi bukti konkret bahwa cinta bisa saja memudar bahkan saat sudah menjajaki usia 45 tahun pernikahan. Selain itu, film ini juga memberi pembelajaran untuk penting tidak melihat ke masa lalu ketika bahwa kenyataan sekarang kita sudah hidup bahagia bersama dengan pasangan.

2. Revolutionary Road

film tentang pernikahan
Sumber : https://aswindautari.files.wordpress.com/

Di film ini tokoh utama diperankan dengan apik oleh Leonardo Di Caprio (Frank) dan Kate Winslet (April) sebagai sepasang suami istri. Menceritakan kronologis pernikahan pada umumnya, film ini mengisahkan tentang bagaimana kehidupan awal pernikahan dengan segala keromantisannya, hingga masa-masa adaptasi penuh konflik yang menguji hubungan suami istri. Mulai dari perdebatan dan pertengkaran hingga konflik perselingkuhan.

Film Revolutionary Road menunjukkan pada kita tentang bagaimana menerima keputusan bersama, mengalah dan berusaha tidak bersikap egois bisa menjadi kunci agar pernikahan tetap langgeng. Namun sayangnya untuk melakukannya tidak sesederhana itu, bahkan sangat sulit.

3. The Squid and The Whale

Sumber : https://1.bp.blogspot.com/

Film tentang pernikahan selanjutnya yang direkomendasikan adalah The Squid and The Whale. Ditulis dan disutradarai oleh Noah Baubach, film ini merupakan semi-autobiografi dari kisah dua anak yang menjadi korban perceraian orang tua mereka di tahun 1986. Menceritakan tentang keluarga Berkman yang dikenal harmonis hingga akhirnya memutuskan untuk bercerai dan kedua anak mereka yang mengalami trauma akibat perceraian tersebut.

Film The Squid and The Whale ini menunjukkan bahwa korban terbesar dalam sebuah perceraian yang tidak baik-baik adalah anak hasil pernikahan tersebut. Melalui film ini kita bisa mengerti dan memahami mengapa anak-anak broken home tidak sedikit yang mengalami trauma.



4. Fences

Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Film ini dibuka dengan penggambaran sebuah pernikahan antara Troy dan Rose yang berjalan awet dan harmonis hingga usia paruh baya. Mereka hidup dengan seoarang putra bernama Cory dan adik laki-laki Troy yang mengalami gangguan mental akibat dampak perang dunia II.

Seiring dengan jalannya waktu, konflik muncul sejalan dengan adanya karakter baru muncul menjumpai Troy yang ternyata memiliki banyak masalah di masa lalunya. Dari film ini, kita bisa membuka mata dan menyadari bahwa pernikahan tidak sesederhana itu. Seringkali yang terlihat harmonis dan baik-baik saja dari luar malah tanpa kita tahu ada banyak masalah yang terjadi di dalamnya.

5. Before Midnight

Sumber : https://niiindyaaa.files.wordpress.com/

Film tentang pernikahan tidak selalu mengguncang emosi dan dramatis, ada juga tontonan yang santai dengan latar negara Yunani yang menawan berjudul Before Midnight. Film yang dibintangi oleh Ethan Hawke dan Julie Delpy ini merupakan sekuel penutup dari Before Sunrise dan Before Sunset.

Bercerita tentang Jesse dan Celine yang akhirnya sudah menikah dan memiliki dua anak kembar. Film ini menutup trilogi kisah keduanya dengan romantisme dan persoalan yang menarik untuk disimak.

Rekomendasi Film Tentang Pernikahan Paling Menguras Emosi

Dalam sebuah pernikahan, selalu ada pasang surut yang menghiasi kehidupan rumah tangga. Mulai dari hal-hal manis nan romantis, kesetiaan, kepercayaan hingga konflik yang menimbulkan pertengkaran, tekanan bahkan perceraian. Hal inilah yang mungkin menjadi inspirasi dibuatnya film-film pernikahan yang menguras emosi berikut ini:

1. Marriage Story

Sumber : kumparan.com

Dianggap sukses menampilkan kehidupan pernikahan yang realistis, film Netflix terbaru ini banjir pujian dan sempat menjadi perbincangan hangat para netizen. Dibintangi oleh Adam Driver dan Scarlett Johansson, Marriage Story adalah film yang menceritakan tentang kehidupan pernikahan sepasang suami isteri. Yang masing-masing bekerja sebagai sutradara teater dan aktris hingga memutuskan untuk bercerai setelah sebelumnya mencoba mempertahankan.

Tokoh utama dalam film ini digambarkan memiliki kehidupan pernikahan yang tampak harmonis dan hidup bahagia bersama putranya. Namun siapa sangka jika kebahagian itu terkikis hingga jalan bercerai di pilih.

2. Wildlife

Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Diperankan oleh Carey Mulligan dan Jake Gyllenhaal sebagai pasangan suami istri, film tentang pernikahan ini mengambil setting di tahun 1960-an. Wildlife berkisah tentang bagaimana remaja laki-laki usia 14 tahun dipaksa menjadi lebih dewasa saat mengetahui ketidakharmonisan rumah tangga orang tuanya.

Film ini mencoba menampilkan kisahnya dari sudut pandang seorang anak laki-laki. Yang mana dari konflik dalam film ini akan menyadarkan kita bahwa untuk dapat mempertahankan rumah tangga yang tengah dilanda krisis tidaklah cukup jika hanya dengan berbekal cinta saja.

3. Blue Valentine

Menceritakan tentang Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams), film ini menampilkan dua cerita berbeda saat pasangan sedang mulai pendekatan, masa pacaran, hingga menikah dan memiliki anak. Dua alur tersebut ditampilkan dalam suasanan yang sangat berbeda dengan plot maju mundur yang konsisten dari awal hingga akhir. Di mana di awal hubungan semua berjalan manis hingga banyaknya masalah yang ada mengubahnya menjadi begitu depresif.

Film Blue Valentine ini memberikan gambaran lain akan hubungan yang manis dan romantis serta keterbukaan dalam pernikahan.



4. Brooklyn

Film ini mengambil latar tahun 1950-an dengan tokoh utama yang diperankan oleh Saoirse Ronan (Eilis) dan Emory Cohen (Tony). Diceritakkan bahwa Eilis adalah perempuan Irlandia yang baru saja pindah ke Amerika Serikat untuk bisa memperbaiki nasibnya. Hingga kemudian ia bertemu dengan Tony, seorang laki-laki imigran asal Italia dan memutuskan menikah diam-diam dengannya. Hingga pada suatu ketika, Eilis dihadapkan 2 pilihan antara kembali ke Irlandia seorang diri atau menetap di Amerika dengan suami yang baru dinikahi.

5. What Maisie Knew

Sumber : https://2.bp.blogspot.com/

Sukses menceritakan seorang anak yang terkena imbas dari perceraian kedua orang tuanya. Film tentang pernikahan ini tidak hanya menampilkan kehidupan pernikahan yang realistis tetapi juga pengajaran parenting. Film ini mengambil sudut pandang seorang anak kecil bernama Maisie, putri dari pasangan Susanna dan Beale yang sedang dalam proses perceraian.

Keduanya sama-sama mempunyai ego besar dan memperebutkan hak asuh atas putrinya. Tanpa disadari bahwa peristiwa tersebut ternyata begitu memengaruhi kondisi psikologi sang putri hingga menimbulkan trauma yang mendalam.

Rekomendasi Film Indonesia Tentang Pernikahan Wajib Ditonton

Tidak hanya film hollywood, ada banyak juga film produksi Indonesia yang mengangkat persoalan kehidupan pernikahan. Tidak kalah menariknya, film-film ini juga memiliki konflik yang cukup kompleks tanpa meninggalkan sentuhan romantis juga menyelipkan pesan inspiratif dan berisi pembelajaran. Jika tertarik ingin menontonnya, berikut ini beberapa film yang direkomendasikan:

1. Surga Yang Tak Dirindukan

Sumber : https://www.catatan-efi.com/

Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia ini dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal Indonesia, seperti Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella dan Raline Shah. Mengangkat tema poligami yang masih tabu di Indonesia, film Surga Yang Tak Dirindukan ini bercerita tentang kehidupan pernikahan Pras dan Arini yang semula harmonis dan ideal bersama seorang putrinya.

Hingga pada suatu ketika, Pras terpaksa menikahi seorang perempuan depresi bernama Mei Rose demi mencegahnya bunuh diri. Bahtera pernikahan ideal pun seketika hancur saat Arini mengetahui poligami yang dilakukan sang suami. Film ini berhasil mengambil simpati para penontonnya dan kini juga menghadirkan sekuel dengan judul yang sama dan menggaet aktor Reza Rahardian.

Trailernya :

2. Milly dan Mamet

Sumber : upload.wikimedia.org

Menggambarkan tentang bagaimana permasalahan sepasang suami istri yang dibalut dengan scene-scene lucu, film ini merupakan spin off dari film Ada Apa Dengan Cinta. Berfokus pada cerita rumah tangga Milly (Sissy Priscillia), teman Cinta dan Mamet (Dennis Adhiswara), seorang pria humoris yang pandai masak, yang dihadapkan pada keinginan masing-masing yang terpendam.

Dimana Milly yang menikmati perannya sebagai ibu rumah tangga dan mengurus anak ternyata rindu kembali bekerja dan beraktivitas di luar rumah. Sedangkan Mamet yang harus bekerja di pabrik mertuanya, memiliki mimpi ingin menjadi chef dan terjun ke dalam bisnis kuliner bersama-sama dengan teman lamanya yang kembali dijumpai, Alexander (Julie Estelle).



Trailernya :

3. Ngenest

film tentang pernikahan
Sumber : https://www.fimela.com/

Film tentang pernikahan ini penuh dengan unsur komedi tetapi juga syarat akan pembelajaran. Bercerita tentang Ernest (Ernest Prakasa), seorang pria keturunn Tionghoa yang bertekad menikahi wanita asli Indonesia. Hingga pada akhirnya ia berhasil menikah dengan Meira (Lala Karmela) setelah 5 tahun berpacaran.

Namun setelah menikah ia malah takut memiliki keturunan karena khawatir jika sang anak mirip denganya dan mengalami pembullyan dengan panggilan ‘China’ seperti yang ia alami dulu. Karena ketakutannya ini, pertengkaran pun terjadi sampai. Akhirnya ia mengalah dan Meira hamil setelah 2 tahun menikah.

Trailernya :

4. Critical Eleven

film tentang pernikahan
Sumber : https://hai.grid.id/

Diadaptasi dari novel Ika Natassa, film ini mengisahkan tentang tokoh Ale (Reza Rahardian) dan Anya (Adinia Wirasti), pasangan suami istri berusia muda yang kehidupan pernikahannya penuh masalah setelah tragedi bayi yang dikandung Anya meninggal.

Duka yang begitu mendalam membuat hubungan keduanya pun menjadi berjarak. Film ini memberi pesan agar setiap pasangan menumbuhkan kepercayaan pada pasangannya, dengan gambaran scene yang menyentuh.

Berikut trailernya :

5. Twivortiare

film tentang pernikahan
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Dibintangi oleh Reza Rahardian dan Raihaanun, film ini mengangkat kehidupan pernikahan Beno dan Alex. Mulai dari awal hubungan yang terasa manis hingga perlahan mulai merenggang karena kesibukan dan sulitnya komunikasi hingga menimbulkan pertengkaran. Film ini memberitahu pada kita tentang pentingnya menjaga komunikasi dalam hubungan dengan pasangan.



Berikut trailernya :

Penutup

Itulah beberapa film tentang pernikahan yang direkomendasikan untuk Anda. Memiliki genre yang berbeda-beda dengan tema yang menarik, selain sebagai tontonan, film-film ini bisa juga menjadi pembelajaran Anda dalam menghadapi situasi di pernikahan.

Sumber gambar utama : suara.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply

Name - City
Membeli Product Time