2 Tips Promil sebelum Menikah, Sangat Mudah Dijalani

promil sebelum menikah
Yuk share tulisan ini :

Gimana sih cara yang benar promil sebelum menikah? Masih jadi hal yang tabu di negara kita jika ada pasangan yang sudah berencana promil padahal belum sah menjadi suami istri. 

Jangankan pergi ke dokter kandungan berdua untuk periksa kondisi kesehatan reproduksi dan konsultasi seks pranikah dengan dokter, hanya sekedar beli susu promil atau suplemen kesuburan pun masih malu dan enggan rasanya. 

3 Tips Promil Sebelum Menikah, Mudah Banget Dipraktekan

Nah, bagi kalian yang sudah berencana menikah sesegera mungkin, entah itu satu tahun, atau bahkan tinggal beberapa bulan lagi dan terpikirkan ingin langsung hamil tanpa menunda-nunda lagi setelah menikah, silahkan praktekkan salah satu tips promil sebelum menikah yang paling cocok di bawah ini. 

Karena, alangkah lebih baik jika kita sudah mempersiapkan terlebih dahulu kondisi mental, psikis, tubuh, reproduksi dan finansial kita sebelum kehamilan itu datang.  

1. Persiapkan Mental dan Psikis Kamu Sebagai Calon Ibu

promil sebelum menikah
Sumber : medkomtek.com

Kehamilan itu adalah anugerah dan keajaiban bagi seorang perempuan, didalam tubuhnya akan hidup manusia lain, manusia itu akan tumbuh dan berkembang dalam rahim seorang perempuan. 

Berkembangnya janin itu nanti akan membuat hormon tubuh dan hormon suasana hati seorang perempuan. Akan banyak perubahan, jadi persiapkan mental dan psikis kalian untuk ikhlas dan sabar menerima hal itu, karena kenyataannya tidak akan selalu nyaman terasa. Seperti  :

  • Mual berlebih
  • Mudah merasa lelah
  • Suasana hati yg mudah berubah secara tiba tiba
  • Lebih peka terhadap indera penciuman bahkan indera indera lainnya

Jangan Stress dan Merasa Terbebani

Kita harus belajar lebih dewasa dan bijaksana untuk menghadapi perubahan yang ada, jangan sampai kita malah menjadi stress, merasa terbebani atau bahkan tersiksa.  Janin yang ada di dalam rahim pun bisa ikut merasa stress dan tak nyaman, karena ia bisa merasakan apa yang ibu nya rasakan. Jika itu terjadi khawatir nya akan ada masalah dalam proses mengandung. 

Pria Juga Harus Paham

Begitu pula dengan seorang pria dan suami yang kelak akan jadi seorang ayah, sangat wajib juga mempersiapkan mental dan psikis untuk menghadapi proses kehamilan istrinya. 

Disarankan suami harus sebisa mungkin mengerti dan paham akan perubahan kondisi sang istri, memberikan dukungan yg positif dan membangun suasana yang nyaman untuk ibu hamil. Itu semua dilakukan agar ibu hamil merasa senang dan bahagia dengan kehamilannya, dan tidak merasa sendirian menghadapi proses kehamilan yang lumayan berat. 

Intinya, pasangan suami istri harus saling bersinergi untuk menciptakan proses kehamilan yang sehat dan bahagia agar janin yang ada di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sempurna. Aamiin. 

2. Persiapkan Tubuh dan Reproduksi

Sumber : https://media.k-link.us/

Kedua hal ini yang biasanya masih tabu untuk dibahas apalagi untuk pasangan yang belum resmi menikah. Padahal hal ini sangat penting dipersiapkan jauh sebelum pernikahan. 

Disarakankan pasangan yang akan menikah untuk mengubah pola hidup agar lebih sehat. Seperti :

  • Makan – makanan padat gizi
  • Perbanyak sayuran, buah dan protein
  • Minum – minuman yang sehat
  • Meninggalkan kebiasaan minum alkohol 
  • Kebiasaan minuman manis
  • Mengurangi atau bahkan jika mampu stop untuk merokok
  • Olahraga yang teratur dan lain sebagainya

Konsultasi Reproduksi Ke Dokter

Kesehatan reproduksi juga perlu diperhatikan, jika kalian punya anggaran biaya lebih, kalian bisa memeriksakan kondisi reproduksi ke dokter spesialis kandungan. 

Nanti kalian akan dapat informasi lengkap apa saja yang harus kalian perbaiki dan pertahankan. Serta kalian juga akan mendapatkan informasi khusus perihal program hamil yang akan kalian jalani. 

Namun jika tidak ada biaya untuk mendapatkan konsultasi dokter secara langsung pun tak masalah, kalian bisa menambah ilmu seputar kesehatan reproduksi dan program hamil dengan memperbanyak membaca jurnal dan artikel mengenai hal tersebut. 

Beberapa tips tersebut biasanya  : 

  • Ubah pola hidup lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk bagi kesehatan 
  • Minum suplemen kesehatan seperti – vitamin asam folat 400-1000 mcg / hari – vitamin E 100-200 IU / hari – vitamin C 50-500 mg / hari 3. Berhubungan suami istri saat masa subur 4. Menjaga kebersihan alat reproduksi

3. Persiapkan finansial untuk bebagai kebutuhan

Sumber : https://res.cloudinary.com/

Mengapa finansial masuk dalam hal penting yang harus dipersiapkan saat ingin promil ? Karena kenyataannya hamil perlu biaya yang tidak sedikit. 

Pasangan suami istri perlu membayar biaya :

  • Konsultasi dokter
  • Membeli suplemen promil
  • Membeli bahan makanan minuman yang sehat
  • dan jika sudah berhasil hamil nanti pun akan ada biaya periksa kandungan yang harus dilakukan rutin setiap bulan, biaya USG, biaya cek laboratorium, biaya vitamin kehamilan dan pastinya biaya untuk melahirkan nanti.

Itu semua perlu dipersiapkan dari sekarang, jika dipersiapkan secara perlahan pun tak apa, asalkan kita bisa mengatur finansial kita agar dapat melakukan saran dari dokter, itu semua demi kesehatan ibu hamil dan kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan agar selalu terpantau dengan baik. 

Jadi, bagi kalian para pasangan yang sudah berencana untuk menikah, tidak apa apa jika sudah mulai membicarakan tentang program hamil dari sekarang, kalian bisa berdiskusi apakah ingin melakukan tes reproduksi dari sebelum menikah atau bagi yang sudah mulai dekat acara pernikahan nya dan tidak ingin menunda kehamilan lagi, bisa langsung dari sekarang meminum suplemen promil seperti yg sudah disebutkan diatas agar bisa segera ‘subur’. Intinya kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar, berusaha dan berdoa, selebihnya Allah SWT yang menentukan yang terbaik untuk kita. 

Penutup

Semua kata kata diatas hanyalah sedikit kecil tips promil sebelum menikah yang bisa diberikan oleh saya berdasarkan pengalaman pribadi tanpa bermaksud menggurui atau bahkan mewajibkan hal hal diatas untuk dilakukan, karena kalian sendiri yang merasakan dan juga menentukannya sendiri. 

Semangaaaatttt  ☺ 


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply