Daftar Komplit Perlengkapan Seserahan untuk Calon Pengantin

Yuk share tulisan ini :

Inilah panduan dan daftar komplit perlengkapan seserahan bagi calon pengantin. Dilengkapi tips-tips penting seputar persiapan seserahan lamaran maupun pernikahan



Merencanakan pernikahan merupakan kegiatan yang susah-susah gampang, ya. Tak dapat dipungkiri, persiapan ini bisa jadi merepotkan, bahkan membuat stress. Salah satu yang paling membuat pusing calon pengantin adalah mempersiapkan perlengkapan seserahan.

Barang apa saja ya, yang harus dipersiapkan? Apa saja tips dalam mempersiapkan seserahan pernikahan? Jangan panik dulu. Yuk, kita simak penjelasan seputar seserahan beserta daftar wajibnya sebagai berikut.

Mengapa Perlu Perlengkapan Seserahan?

Secara umum, seserahan adalah barang simbolis yang diberikan calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita dan keluarganya.

Seserahan ini dimaksudkan sebagai tanda penghormatan, komitmen, dan tanggung jawab pria dalam menafkahi wanita. Di beberapa budaya tertentu, ada anjuran di mana calon mempelai wanita memberikan seserahan balasan kepada calon pengantin pria.

Seserahan ini dapat bervariasi bentuknya, tergantung budaya dan kepercayaan yang dianut. Biasanya, seserahan ini berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari sang wanita. Melalui kegiatan ini, calon pengantin pria akan mendapatkan gambaran mengenai pengeluaran sehari-sehari setelah menikah.

Seserahan ini dapat berbentuk seserahan tunangan ataupun seserahan pernikahan. Seserahan yang diberikan pada saat prosesi lamaran, berfungsi sebagai pengikat dan tanda keseriusan hubungan. Seserahan yang disampaikan pada hari pernikahan merupakan simbol kemampuan pria dalam mengayomi pasangannya.

Mayoritas budaya dan adat istiadat di Indonesia mewajibkan adanya ritual seserahan. Jika tidak, akan dianggap tidak sopan dan tidak menghormati keluarga pasangan kamu. Diskusikan dulu dengan pasangan kamu dan keluarganya mengenai seberapa perlunya seserahan ini.

Apa Saja Isi Perlengkapan Seserahan?

Seserahan identik dengan printilan yang merepotkan. Tidak perlu panik ya, kamu bisa menyontek list daftar seserahan di bawah ini. Diskusikan dengan pasangan kamu terlebih dahulu, mana saja item yang memang diinginkan.

1. Pakaian

Sumber : youtube.com

Pakaian menjadi item terfavorit bagi calon pengantin untuk dijadikan seserahan. Alasannya, pakaian merupakan barang yang paling sering dipakai sehari-hari. Adapun pakaian yang biasanya ada pada seserahan yaitu :

  • Pakaian kasual seperti kemeja dan blus
  • Pakaian dalam
  • Pakaian tidur
  • Pakaian pesta seperti gaun
  • dan Kain batik juga dapat menjadi pilihan seserahan yang cantik dan elegan.

2. Tas dan Sepatu

Sumber : medium.com

Tas dan sepatu juga merupakan item favorit.

Keduanya merupakan barang fungsional yang juga cantik untuk dipajang saat acara. Jangan memaksakan membeli tas dan sepatu yang tidak akan terpakai, hanya karena faktor estetika. Jika pasangan kamu tidak suka memakai sepatu hak tinggi, tidak mengapa membeli sepatu tanpa hak atau bahkan sepatu olahraga untuk seserahan.

3. Kosmetik

Sumber : bp-guide.com

Kosmetik yang dapat masuk ke dalam daftar kamu misalnya :

  • Makeup
  • Skincare
  • Perawatan rambut
  • dan parfum

Biasanya, setiap wanita memiliki preferensi tersendiri akan produk kosmetik yang digunakannya. Oleh karenanya, pastikan hanya membeli produk kosmetik yang dipilih secara langsung oleh pasangan kamu.

4. Perlengkapan Mandi

Sumber : http://pujiparcel.blogspot.com/

Perlengkapan mandi termasuk item yang gampang dibeli dan dijumpai. Demi cantiknya seserahan saat dipajang nanti, pilih perlengkapan mandi dengan warna kemasan yang senada atau produk dalam satu rangkaian. Perlengkapan mandi yang dibeli contohnya :

  • Sabun cair
  • Shampoo
  • Kondisioner
  • Handuk
  • dan Shower puff.


5. Perhiasan

perlengkapan seserahan
Sumber : shopee.co.id

Jika budget seserahan kamu memungkinkan, perhiasan dapat menjadi pilihan. Selain menjadi hadiah spesial bagi pasangan kamu, perhiasan juga berfungsi sebagai simbol status. Pilih perhiasan yang memang sering dipakai pasangan, seperti :

  • Anting-anting
  • Gelang
  • Jam tangan
  • dan cincin dengan model yang klasik

6. Makanan

Ada beberapa budaya yang mewajibkan makanan ada dalam rangkaian seserahan, seperti budaya Betawi yang identik dengan seserahan roti buaya. Atau beberapa budaya Jawa yang menjadikan buah-buahan dan jajanan pasar sebagai hantaran. Untuk pilihan yang lebih modern, kamu bisa menjadikan kue kering sebagai makanan seserahan yang cantik dan lebih tahan lama.

7. Perlengkapan Ibadah

perlengkapan seserahan
sumber : https://handmadenesia.com/

Senada dengan tema pernikahan yang sakral, perlengkapan ibadah merupakan pilihan tepat bagi seserahan kamu. Contohnya peralatan sholat seperti :

  • Sajadah
  • Tasbih
  • Mukena
  • dan Kitab Suci

Barang-barang di atas biasanya sering dijadikan seserahan pernikahan dalam Islam. Dijamin bikin calon mertua terkesan!

8. Barang Penunjang Aktivitas

perlengkapan seserahan
Sumber : brilio.net

Apabila pasangan kamu menyukai aktivitas tertentu, tidak ada salahnya memberikan barang penunjang kegiatan tersebut. Misalnya :

  • Mesin pembuat kopi bagi pasangan kamu yang pecinta kopi
  • Atau, membelikan tripod atau lensa kamera bagi pasangan kamu yang berprofesi sebagai fotografer.

Selain berguna, hal ini menjadikan seserahan kamu menjadi lebih unik dan memiliki sentuhan personal

Bagaimana Mempersiapkan Perlengkapan Seserahan?

Sejatinya, seserahan adalah bentuk komitmen kamu terhadap pasangan kamu.

  • Saat berdiskusi dengan pasangan dan keluarga, tentukan bersama budget seserahan yang realistis. Kemudian, belilah barang-barang yang fungsional dan memang akan terpakai di kemudian hari.
  • Jangan lupa memperhitungkan juga biaya hantaran dalam budget kamu. Hal ini termasuk biaya membeli atau menyewa kotak seserahan, serta jasa dekorasi seserahan. Jika nantinya kamu dan pasangan tidak berniat memakai kotak bekas tempat seserahan (misalnya sebagai kotak penyimpanan), pertimbangkan untuk menyewanya saja.
  • Terakhir, lengkapi daftar seserahan dan segala perintilannya dari jauh-jauh hari. Belilah secara bertahap untuk memungkinkan kamu mengecek harga promosi dan diskon. Hindari pembelian impulsif dengan menyediakan cukup waktu untuk mempertimbangkan pilihan-pilihan kamu.

Persiapan Seserahan sebagai Ajang Mempererat Hubungan

Ternyata tidak terlalu mengerikan ya, kegiatan mempersiapkan seserahan ini. Nikmati prosesnya dan jadikan persiapan ini sebagai kegiatan mempererat hubungan kamu dan pasangan. Jika memang memungkinkan, belilah keperluan ini berdua dengan pasangan kamu.



Penutup

Pada akhirnya, pernikahan adalah momen bahagia kamu dan pasangan dalam menuju jenjang selanjutnya. Resapi makna yang terkandung dalam rangkaian perlengkapan seserahan kamu. Gunakan pengalaman ini dalam membangun hubungan keluarga yang harmonis.

Sumber gambar utama : dewisundari.com


Yuk share tulisan ini :

Leave a Reply