foto buku nikah

Hai calon pengantin yang mau menikah di tahun 2024 ini, foto buku nikah atau pas foto untuk buku nikah adalah salah satu hal yang wajib ada untuk melengkapi persyaratan administrasi pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Sebelum melakukan sesi foto untuk buku nikah ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Di antaranya yaitu :

  • Ukuran foto buku nikah.
  • Warna yang boleh digunakan untuk dijadikan background (warna latar) foto.
  • Warna baju yang cocok untuk foto buku nikah.
  • Tips agar pas foto untuk buku nikah hasilnya bagus, minimal enak dipandang hehe.

Mari kita ulas selengkapnya sekarang juga! Jadi luangkan waktu beberapa menit saja.

1. Ukuran Pas Foto/Foto Buku Nikah yang Sesuai dengan Aturan

foto buku nikah

Saat mencetak foto untuk buku nikahmu nanti pastikan kamu mencetaknya dengan ukuran dan jumlah sesuai di bawah ini :

  • Foto Ukuran 2 x 3 = 8 Lembar : 4 Lembar foto calon pengantin wanita dan 4 lembar lagi foto calon pengantin pria
  • Foto Ukuran 4 x 6 = 2 Lembar : 1 lembar foto calon pengantin wanita dan 1 lembar lagi foto calon pengantin pria

2. Warna Background Pas Foto yang Benar

foto buku nikah

Apakah semua warna boleh dijadikan warna background foto buku nikah? Ternyata tidak.

Warna background yang diperbolehkan untuk foto pada buku nikah nanti yaitu warna Biru. Ingat warna biru bukan warna merah atau warna yang lainnya. Warna tersebut sudah sesuai dengan “lampiran keputusan dari Direktur Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2018 pada Model N2″.

Foto buku nikah Indonesia berbentuk pas foto dengan latar belakang berwarna biru. Foto harus menunjukkan wajah calon pengantin dengan jelas, tanpa ekspresi dan melihat ke depan. Pengantin wanita harus berpakaian sopan dan rapi, sedangkan pengantin pria harus berpakaian rapi dan berdasi.

Untuk artikel lengkap tentang warna backgroundnya silahkan pelajari dari artikel berikut ini : Perhatikan ! Inilah Ketentuan Warna Background Foto Nikah.

Nah sekarang tahu kan ya kenapa warna backgroundnya gak boleh asal. Ternyata sudah ada peraturannya.

 

3. Warna Baju yang Cocok untuk Sesi Foto

Nah supaya fotonya terlihat bagus ada baiknya kamu dan pasangan memilih warna baju yang serasi dengan backgroudnya. Adapun beberapa referensi warna baju yang cocok untuk pas foto nikah menurut hijup.com yaitu :

Mustard

Warna ini termasuk ke dalam kateogori warna yang hangat. Sehingga cocok dipadukan dengan warna background biru. Padu padan mustard dan biru akan menghasilkan foto yang selaras.

Putih

Warna putih cocok dipakai untuk segala kegiatan. Begitupun dengan foto nikah. Putih akan cantik ketika dipadukan dengan warna biru.

Soft Pink

Warna ini termasuk ke dalam warna pastel. Lebih serasi lagi jika kamu menggunakan hijab berwarna abu-abu atau node.

Abu-Abu

Warna abu-abu termasuk warna netral yang cukup banyak dipilih untuk pas foto nikah. Tentu saja warna ini juga sangat cocok dipadukan dengan background biru.

Baby Blue

Jika ingin menggunakan warna biru maka pilihlah warna biru yang soft. Baby blue bisa jadi pilihanmu untuk foto nikah nanti.

Nude

Warna putih kadang memang membosankan, karena segala kegiatan bisa menggunakan warna ini. Sebagai alternative lain warna nude sangat cocok dipadukan dengan warna gelap seperti biru.

Hitam

Seperti warna putih, warna hitam juga banyak jadi pilihan pasangan yang akan menikah untuk pas foto yang akan ditempelkan di halaman awal buku nikah.

Kalau kamu punya padu padan yang cocok dan menurutmu bagus, gak harus pake warna yang di atas ya. Itu cuma referensi warna saja supaya kamu gak bingun menentukannya. Hehe

4. Contoh Foto Buku Nikah dengan Hijab

Bagi kamu kaum hawa dan muslim ada baiknya menggunakan hijab, selain lebih adem dilihatnya (eh) tapi itu juga sudah kewajiban. Berikut ini kami berikan beberapa pas foto nikah dengan balutan hijab.

Memakai baju putih untuk pas foto nikah
Memakai baju berwarna hitam.

 

5. Tips Agar Hasil Foto Bagus

Foto pada buku nikah tidak akan bisa diganti seumur hidup, maka dari itu ikutilah tips di bawah ini agar hasil pas foto buku nikahmu terlihat indah dan memuaskan.

Foto di studio

Melakukan foto sendiri memang bisa saja kita lakukan, jelas saja hasilnya akan jauh berbeda ketika kita melakukan foto di studio. Dari mulai editannya, angle, dan lainnya. Jadi jangan sungkan untuk mengeluarkan sedikit biaya untuk hasil foto yang bagus.

Foto saat kondisi badan fit

Ini penting, saat dalam keadaan lesu atau sakit hasil foto akan terlihat jelek dibandingkan saat kita foto dalam keadaan sehat dan fit. Ketika kita dalam keadaan fit aura wajah bahagia akan terpancar. Jangan lupa tampilkan senyuman terbaik saat pengambilan foto😊

Dengan pengambilan foto disaat segar dan fit maka aura rupawan dan happy akan terpancar dari wajah calon mempelai.

Baca Juga : 8 Perawatan Sebelum Menikah untuk Wanita yang Paling Penting

Itulah sedikit ulasan mengenai ukuran, warna background, dan tips agar foto untuk buku nikah terlihat bagus. Semoga bermanfaat dan semoga pernikahanmu samawa. owh iya sebelumnya alangkah baiknya kalian mengetaui terlebih dahulu tentang Cara Pendaftaran Pernikahan di KUA ini merupakan hal yang sangat penting

Meidiana Putri

Hallo saya Meidiana Putri, seorang Ibu satu anak yang hidupnya dipenuhi cinta, senang sekali berimajinasi dan suka bercerita. Semoga bisa bermanfaat untuk semua.

Bagikan:

Leave a Comment